Arca Peninggalan Kerajaan Majapahit

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Arca Peninggalan? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain:

Arca-Peninggalan-Kerajaan-Majapahit

Ada sedikit bukti fisik dari sisa-sisa kerajaan Majapahit, dan sejarahnya tidak jelas. Sumber utama yang digunakan oleh para sejarawan adalah Pararaton (“Book of Kings”) di Kawi dan Nagarakretagama dalam bahasa Jawa kuno. Pararaton menceritakan terutama kepada Ken Arok (pendiri Kerajaan Singhasari) tetapi juga memasukkan beberapa tulisan pendek tentang pembentukan Majapahit.

Sementara itu, Nagarakertagama adalah puisi Jawa kuno yang ditulis pada zaman keemasan Majapahit di bawah pemerintahan Hayam Wuruk. KTT Nagarakretagama pada 2008 diakui di bawah program UNESCO Memory of the World. Setelah waktu ini, hal-hal tidak terjadi seperti itu. Selain itu, ada beberapa prasasti dalam bahasa Jawa kuno serta dokumen sejarah dari Cina dan negara lain.

Keakuratan semua bahasa Jawa telah ditentukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sumber-sumber ini mengandung unsur-unsur non-historis dan mitologis. Beberapa sarjana seperti C.C. Berg menganggap semua teks ini bukan sebagai dokumen sejarah, melainkan supranatural dalam arti mengetahui masa depan.

Namun, banyak sarjana menganggap garis besar sumber-sumber ini dapat diterima karena sesuai dengan catatan sejarah Tiongkok, khususnya daftar penguasa dan negara bagian yang tampaknya cukup yakin. Pada 2010, sekelompok pengusaha Jepang yang dipimpin Takajo Yoshiaki mendanai pembangunan kapal Majapahit atau Spirit Majapahit yang akan berlayar ke Asia. Menurut Takajo, ini dilakukan untuk memperingati kerja sama Majapahit dan pemerintah Jepang melawan pemerintah Cina (Mongolia) dalam perang di Samudera Pasifik.

Menurut arkeolog tenggara Universitas Nasional Singapura, John N. Miksic, jangkauan Majapahit meluas ke Sumatra, Singapura, dan bahkan Thailand, sebagaimana dibuktikan oleh pengaruh budaya, pola konstruksi, kuil, patung, dan seni. Bahkan ada sekolah seni bela diri bernama Kali Majapahit yang berasal dari Filipina dengan anggotanya dari Asia dan Amerika. Seni bela diri Majapahit ini mengklaim berakar pada kerajaan kuno Majapahit yang akan memerintah Filipina, Singapura, Malaysia, dan selatan Thailand.


Arca Peninggalan Kerajaan Majapahit

Berikut dibawah ini terdapat 10 peninggalan kerajaan majapahit berbentuk arca, antara lain sebagai berikut:


1. Arca Bidadari Majapahit

Patung-Bidadari-Majapahit

Patung emas ini adalah patung emas-moldara gaya Majapahit yang menggambarkan era prima kerajaan Majapahit serta “zaman keemasan” di kepulauan tersebut.


2. Arca Dewi Parwati

Arca Dewi Parwati

Patung ini juga merupakan perwujudan dari Tribhuwanottunggadewi anumerta, ratu Majapahit yang disebut ibu dari Hayam Wuruk.


3. Arca Pertapa Hindu

Arca Pertapa Hindu

Patung Hindu pertapa ini berasal dari akhir periode Majapahit. Tapi sekarang itu adalah koleksi Museum für Indische Kunst, Berlin-Dahlem, Jerman.


4. Arca Dewa Wisnu

Arca Dewa Wisnu

Di Museum Trowulan, Mojokerto, ada patung yang paling populer, patung Raja Airlangga, juga digambarkan sebagai dewa Wisnu yang mengendarai Garuda, dari kuil Belahan.


5. Arca Minak Jinggo

Arca Minak Jinggo

Di desa Ungah-unggah, Trowulan, sebelah timur kolam Segaran, ada candi yang hanya tersisa reruntuhan candi yang terbuat dari batu andesit, bahan bangunan candi yang tidak biasa digunakan di kuil-kuil situs Trowulan, beberapa yang menggunakan sejumlah besar bahan dasar bata merah. Dari reruntuhan candi ini, sebuah patung Garudha telah ditemukan, tetapi oleh penduduk setempat dan berita adat juga digambarkan sebagai patung Menak-Jinggo. Patung populer ini yang namanya juga diakui sebagai perwujudan Raja Blambangan.


6. Arca Ganesha

Arca Ganesha

Arca ini ditemukan oleh warga Nganjuk ketika warga yang melakukan pekerjaan sukarela memasang pipa air di halaman tempat tinggalnya juga dekat punden atau tempat yang telah diselamatkan. Menurut Dimin, warga yang menemukan patung itu lewat pada saat ia menggali tanah, alat penggali yang ia gunakan pada benda-benda kara. Karena prasangka, benda itu digali dan ditemukan arca.


7. Arca Hutan Baluran

Arca Hutan Baluran

Arca yang ditemukan di hutan Balurian, Situbondo, Jawa Timur, pada 10 Maret 2013 akhirnya mengkonfirmasi keasliannya sebagai benda purba. Patung itu juga dinyatakan sebagai patung dewi Laksmi dan peninggalan kerajaan Majapahit. Arca ini unik karena ditemukan di situs kekuatan Majapahit Timur yang tidak tersentuh sama sekali oleh peninggalan sejarahnya.


8. Arca Harihara

Arca Harihara

Patung ini merupakan kombinasi antara Siwa dan Wisnu yang mewakili Taja Kertarajasa. Meskipun lokasinya berada di Candi Simoing Blitar, Arca ini sekarang telah dipindahkan ke Museum Nasional Republik Indonesia.


9. Arca Penjaga Gerbang

Arca Penjaga Gerbang

Arca Pasangan penjaga ini berasal dari era ke 14 candi Majapahit di Jawa Timur. Saat ini disimpan di Museum Seni Asia, San Francisco-AS.


10. Arca Ratu Suhita

Arca Ratu Suhita

Arca ini mewakili Ratu Suhita yang memerintah e. 1429-1447. Arca yang ditemukan di Tulungagung, Jawa Timur saat ini disimpan di Museum Nasional Republik Indonesia.


Demikian Pembahasan Tentang 10 Arca Peninggalan Kerajaan Majapahit Beserta Gambarnya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */