Materi Bauran Pemasaran

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Bauran Pemasaran? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, konsep, unsur dan tujuan.

Bauran-Pemasaran

Pengertian Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen dalam bauran pemasaran itu sendiri dan dilakukan secara terintegrasi.


Konsep Bauran Pemasaran

Berikut ini terdapat beberapa konsep bauran pemasaran, antara lain:


1. Bauran Pemasaran 4P

  • Product – Berdasarkan pada bentuk produk, layanan yang disediakan dalam produk, sehubungan dengan ketersediaan jaminan dan juga dalam hal pengembalian produk. Dalam elemen ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan produk dibahas.
  • Price – Saat menentukan harga, produk juga harus ditetapkan dengan strategi yang baik untuk harga bersih, dalam hal diskon, pembayaran, dan masalah lain yang terkait dengan strategi penetapan harga
  • Promotion – Promosi ini dapat berhubungan dengan strategi penjualan seperti: B. dalam kaitannya dengan iklan, promosi penjualan, penjualan pribadi, pemasaran langsung dan penjualan pribadi.
  • Place – Yaitu melalui penjualan, yang juga merupakan strategi dalam hal volume penjualan, fasilitas penyimpanan, transportasi dan hal-hal lainnya.

2. Bauran Pemasaran 7P

  • Product – Dengan strategi ini, produk yang diproduksi harus menawarkan keunggulan. Selain itu, ada hal-hal lain yang ditentukan ketika memproduksi produk seperti bauran pemasaran 4P, seperti variasi produk, jaminan, pengembalian, dan hal-hal lain.
  • Penentuan Harga – Penentuan harga membutuhkan strategi yang tepat, menargetkan pasar sasaran dan hal-hal lain yang terkait dengan aturan transaksi seperti aturan pembayaran dan hal-hal lainnya.
  • Periklanan – Strategi periklanan juga diatur dalam bauran pemasaran 7P ini.
  • Place – lokasi masih terkait dengan strategi penjualan yang digunakan di perusahaan.
  • People – Yang dimaksud dengan orang di sini adalah sumber daya manusia yang digunakan. Strategi Bauran Pemasaran 4P mempertimbangkan strategi yang berkaitan dengan hubungan perusahaan dengan konsumen, terlepas dari apa strategi manajemen dalam perusahaan.
  • Proces – Selain mengelola sumber daya manusia, mengelola proses bisnis dalam suatu perusahaan juga merupakan masalah penting dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, strategi bauran pemasaran 7P juga mencakup pertanyaan tentang proses bisnis.
  • Physical Evidence – Ketika memulai bisnis, penting untuk mempertimbangkan bukti fisik dalam bentuk bangunan perusahaan. Strategi bauran pemasaran 7P ini tidak hanya wajib, tetapi juga berisi syarat dan ketentuan umum.

Unsur-Unsur Bauran Pemasaran

Berikut ini terdapat beberapa unsur-unsur bauran pemasaran, antara lain:


1. Produk

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk menarik perhatian, dan kemudian dibeli dan kemudian digunakan atau dikonsumsi, dimana produk tersebut dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.


2. Harga

Harga adalah nilai dari uang yang dipertukarkan oleh konsumen untuk memiliki atau menggunakan suatu produk dan mengambil keuntungan dari produk itu sendiri.


3. Distribusi

Penjualan adalah salah satu saluran penjualan di mana produsen menjual barang untuk menjangkau konsumen atau pengguna industri.


4. Promosi

Periklanan adalah banyak pesan yang ditujukan untuk menyampaikan informasi tentang keberadaan produk ke target pasar dengan meyakinkan, mempengaruhi dan membujuk pembeli target.


Tujuan Bauran Pemasaran

Berikut ini terdapat beberapa tujuan bauran pemasaran, antara lain:


1. Iklan

Periklanan adalah salah satu kegiatan penting dalam bauran pemasaran. Tujuan utama dari iklan ini adalah untuk memberikan informasi tentang produk (barang / jasa) agar menarik bagi konsumen dan meningkatkan penjualan.


2. Promosi penjualan

Ini adalah kumpulan berbagai alat intensif yang dimaksudkan untuk mempromosikan pembelian barang / jasa.

Kegiatan inti sebagian besar bersifat jangka pendek dan tidak diulang. Tujuan promosi penjualan ini adalah untuk meningkatkan penjualan.

Kegiatan ini dapat dilakukan melalui diskon, kompetisi, voucher atau sampel produk.


3. Pemasaran langsung

Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk membuat respons dan / atau transaksi yang dapat diukur dalam satu lokasi.

Tujuan pemasaran langsung adalah untuk mengkomunikasikan produk atau layanan langsung ke konsumen yang dianggap sebagai target pasar potensial.


Demikian Pembahasan Tentang Bauran Pemasaran : Pengertian, Konsep, Unsur dan Tujuan dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */