Materi Teks Prosedur Kompleks

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Prosedur Kompleks? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, ciri, struktur dan contoh.

Teks-Prosedur-Kompleks

Pengertian Teks Prosedur Kompleks 

Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dan pada langkah ini terdapat penjelasan / informasi.


Tujuan Teks Prosedur Kompleks 

Tujuan penulisan teks prosedural yang kompleks adalah untuk menunjukkan atau menjelaskan bagaimana sesuatu dilakukan dengan langkah-langkah yang berurutan.


Ciri Teks Prosedur Kompleks

Berikut ini terdapat beberapa ciri teks prosedur kompleks, antara lain:


1. Ciri-ciri umum dari teks prosedural kompleks

  • Diisi dengan langkah-langkah
  • Disusun untuk informasi
  • Dijelaskan secara rinci
  • Jadilah objektif
  • Langkah berkelanjutan dengan penjelasan
  • Gunakan istilah / pilihan
  • Universal
  • Sebenarnya dan tepat
  • Logis

2. Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

  • Bahasa bisa sangat penting: kalimat yang berisi perintah
  • Ada kalimat deklaratif: kalimat yang berisi pernyataan
  • Ada kalimat introgatif: kalimat yang berisi pertanyaan
  • Ada nomor urut: angka yang menunjukkan urutan
  • Partisipasi manusia secara umum: semua orang yang telah berpartisipasi dalam teks
  • Bahan verbal: kata kerja atau kata kerja yang berhubungan dengan tindakan fisik
  • Behavioral Verbs: Verb yang merujuk pada sikap yang diekspresikan dalam ekspresi verbal (bukan sikap mental yang terlihat)
  • Konjungsi temporal: konjungsi yang mengacu pada urutan kronologis dan kohesi teks
  • Gunakan kata-kata standar
  • Gunakan istilah subjungtif

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks adalah bagian atau cara teks dibuat. Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa struktur teks prosedur terdiri dari tujuan, bahan dan langkah-langkahnya. Lihat di bawah untuk detail lebih lanjut.

  1. Bagian objektif berisi tujuan memproduksi teks prosedur atau hasil akhir yang ingin dicapai (mungkin dalam bentuk judul).
  2. Bagian materi berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, tetapi tidak semua teks prosedural mengandung bagian ini (umumnya termasuk dalam resep).
  3. Bagian Langkah berisi cara untuk mencapai tujuan Anda. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah dalam urutan yang benar.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks prosedur kompleks, antara lain:


1. Contoh teks prosedur kompleks

Cara mencuci pakaian dengan benar

Mencuci pakaian adalah rutin yang biasa kita lakukan setiap hari. Ini adalah kegiatan yang sederhana dan tampaknya sepele. Namun, ada banyak hal yang perlu kita perhatikan untuk memastikan bahwa pakaian yang dicuci benar-benar bersih dan tidak rusak oleh kesalahan tertentu. Berikut ini saya akan memberi Anda langkah-langkah untuk mencuci pakaian dengan benar dengan mesin cuci.


1. Letakkan pakaian yang akan dicuci di mesin cuci

Mesin cuci biasanya memiliki dua sisi. Sisi kiri adalah bagian yang lebih besar dan digunakan untuk mencuci pakaian Anda. Sementara itu, sisi kanan dengan lubang yang lebih kecil digunakan untuk mengeringkan pakaian yang sudah dicuci.

Pertama, Anda harus mencuci sendiri, tentu saja. Letakkan pakaian di sisi kiri. Pastikan tidak ada pakaian yang luntur karena warnanya bisa bercampur. Maka Anda juga harus memisahkan pakaian melar. Pakaian yang melar seperti sweater memiliki hasil yang buruk ketika mesin dicuci. Jika Anda mencuci seperti ini, Anda mendapatkan potongan pakaian yang benar-benar elastis dan tentu saja tidak lagi enak dilihat dan tidak nyaman dipakai.


2. Isi air secukupnya

Sediakan air yang cukup di sisi kiri tempat Anda melepas pakaian. Air yang cukup adalah air yang telah merendam semua pakaian. Setelah air terasa cukup, tambahkan deterjen yang cukup dan putar kenop putar dalam 10 menit. Kemudian turbin bergerak di mesin cuci dan memindahkan pakaian Anda.

Buang air cuci 10 menit kemudian dengan memutar tombol ke arah “tiriskan”. Setelah drainase selesai, Anda harus memutar kenop putar ke arah semula dan mengisi ulang air sesuai dosis awal. Putar kenop selama 10 menit dan diamkan. Ulangi proses ini tiga kali sehingga pakaian Anda bersih dan bebas dari debu atau kotoran.


3. Keringkan pakaian

Buka penutup sisi kanan dan bawa pakaian. Letakkan pakaian di sebelah kanan, tutup dan putar tombol di bagian atas pengering. Ubah ke nomor 5, yang berarti proses akan berjalan selama 5 menit. Lakukan ini hanya sekali dan kemudian keringkan pakaian.


2. Contoh teks prosedur kompleks

Cara mematikan komputer dengan benar

Komputer adalah salah satu produk paling berguna di abad ini. Keberadaan komputer membuat pekerjaan kami jauh lebih mudah. Menulis itu rapi, memeriksa pekerjaan lebih cepat, dan komunikasi lebih mudah. Dalam dunia komputerisasi, ada satu hal yang perlu kita waspadai, yaitu perawatan komputer. Komputer yang terpelihara dengan baik menyebabkan kegunaan yang lebih lama. Sebaliknya, komputer akan cepat rusak jika kita tidak memperhatikan perawatan yang terperinci.

Pemeliharaan komputer memiliki banyak bagian, dan satu bagian yang tampaknya sepele, tetapi kita harus berhati-hati agar komputer dimatikan. Anda perlu tahu bahwa kita tidak seharusnya mematikan komputer hanya dengan menekan tombol daya. Jika kegiatan ini diulang, komponen komputer itu sendiri akan rusak. Bagaimana cara mematikan komputer dengan benar? Ikuti penjelasan terperinci di bawah ini.


1. Pastikan semua aplikasi ditutup

Salah satu kesalahan yang dilakukan pengguna komputer ketika mereka mematikan komputer adalah bahwa semua program dan dokumen terus berjalan. Akibatnya, ada beberapa dokumen yang lupa disimpan dan hilang begitu saja. Pastikan Anda mematikan atau menutup dan menyimpan semua pekerjaan Anda. Tutup semua aplikasi seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel sebelum Anda mematikan komputer.


2. Gerakkan penunjuk tetikus ke kanan dan cari tombol Pengaturan

Di Windows 8 Anda harus memindahkan kursor ke kanan. Banyak tombol ditampilkan kemudian. Pilih tombol pengaturan dan setelah mengklik tombol daya akan muncul. Jika Anda mengklik tombol, 3 opsi ditampilkan. Pilihan pertama adalah tidur, di mana Anda hanya menjadikan komputer seperti tidur manusia yang dapat dibangunkan atau dihidupkan kembali kapan saja. Opsi kedua adalah tombol restart, yang dapat Anda gunakan untuk mematikan dan kemudian restart komputer Anda. Opsi ketiga adalah mematikan, yang berguna untuk mematikan komputer sepenuhnya.
Untuk mematikan komputer sepenuhnya, klik tombol shutdown. Beberapa detik kemudian, Anda mematikan komputer dengan benar.


3. Contoh teks prosedur kompleks

Cara menghubungkan komputer dengan modem eksternal ke Internet

Internet adalah media paling revolusioner saat ini. Banyak perkembangan di Internet, termasuk pengembangan akses Internet melalui modem eksternal. Bagaimana Anda terhubung ke Internet menggunakan modem?

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama-tama siapkan unit komputer dan modem eksternal, cobalah untuk menjaga modem dalam kondisi baik dan isi kembali. Pastikan Anda memiliki konektor untuk menghubungkan modem, dan pastikan komputer dihidupkan. Saat modem dan komputer siap, sambungkan modem ke konektor. Kemudian komputer secara otomatis mendeteksi keberadaan modem.

Ketika modem dikenali, program modem ditampilkan dan kita dapat menghubungkan komputer secara langsung ke internet. Namun, jika program modem tidak diinstal, kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Buka modem dan klik Pengaturan Pengaturan Modem (program untuk memasang modem). Kemudian tunggu hingga proses instalasi selesai dan program modem siap digunakan.

Kemudian buka program modem dan klik “Hubungkan” untuk memulai proses koneksi. Setelah proses koneksi berhasil, Internet siap digunakan.


Demikian Pembahasan Tentang Teks Prosedur Kompleks: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur dan Contoh dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */