15 Contoh Teks Biografi Tokoh, Ibu, Teman, Guru, Siswa, Singkat

Teks Biografi adalah cerita atau informasi tentang kehidupan seseorang. Biografi lebih lengkap dari sekedar tempat, tanggal lahir atau tanggal kematian, tetapi biografi itu juga menceritakan peristiwa yang terjadi dalam perjalanan hidup Anda sendiri.

Biografi adalah bentuk kisah kehidupan yang kompleks. Mengapa demikian? Karena biografi memberikan gambaran perjalanan hidup yang telah berlalu untuk mencapai pencapaian seseorang yang kita tulis dalam biografi. Pembaca menerima informasi lengkap saat membaca biografi. Berbeda dengan autobiografi yang hanya menulis resume kita yang cukup tepat dan sederhana.

Secara etimologis, kata biografi berasal dari kata Yunani “Bios” dan “Graphien”. Bios berarti kehidupan dan grafik berarti menulis. Jadi biografi tidak hanya dapat diartikan secara harfiah sebagai surat yang membahas kehidupan seseorang.

Secara umum, membuat biografi hanya untuk orang-orang yang dianggap berjasa dan berdampak pada kehidupan. Biografi itu berisi kisah nyata tentang sosok baik yang adalah pahlawan, orang yang berjasa, penting, dan terkenal. Kisah nyata adalah peristiwa yang dialami oleh seseorang yang akan menulis biografinya. Dari kelahiran hingga pendidikannya, pekerjaannya hingga pelayanannya, hingga seseorang meninggal.

Contoh Teks Biografi

Contoh Teks Biografi

Berikut dibawah ini terdapat beberapa contoh teks biografi, antara lain sebagai berikut:

  1. Contoh Teks Biografi Tokoh

Imam Al Ghazali

 

Imam Al Ghazali, sebuah nama yang tidak asing di telinga kaum muslimin. Tokoh terkemuka dalam kancah filsafat dan tasawuf. Memiliki pengaruh dan pemikiran yang telah menyebar ke seantero dunia Islam. Ironisnya sejarah dan perjalanan hidupnya masih terasa asing. Kebanyakan kaum muslimin belum mengerti. Berikut adalah sebagian sisi kehidupannya. Sehingga setiap kaum muslimin yang mengikutinya, hendaknya mengambil hikmah dari sejarah hidup beliau.

Nama, Nasab dan Kelahiran Beliau

Beliau bernama Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad Ath Thusi, Abu Hamid Al Ghazali (Lihat Adz Dzahabi, Siyar A’lam Nubala’ 19/323 dan As Subki, Thabaqat Asy Syafi’iyah 6/191). Para ulama nasab berselisih dalam penyandaran nama Imam Al Ghazali. Sebagian mengatakan, bahwa penyandaran nama beliau kepada daerah Ghazalah di Thusi, tempat kelahiran beliau. Ini dikuatkan oleh Al Fayumi dalam Al Mishbah Al Munir. Penisbatan pendapat ini kepada salah seorang keturunan Al Ghazali. Yaitu Majdudin Muhammad bin Muhammad bin Muhyiddin Muhamad bin Abi Thahir Syarwan Syah bin Abul Fadhl bin Ubaidillah anaknya Situ Al Mana bintu Abu Hamid Al Ghazali yang mengatakan, bahwa telah salah orang yang menyandarkan nama kakek kami tersebut dengan ditasydid (Al Ghazzali).

Sebagian lagi mengatakan penyandaran nama beliau kepada pencaharian dan keahlian keluarganya yaitu menenun. Sehingga nisbatnya ditasydid (Al Ghazzali). Demikian pendapat Ibnul Atsir. Dan dinyatakan Imam Nawawi, “Tasydid dalam Al Ghazzali adalah yang benar.” Bahkan Ibnu Assam’ani mengingkari penyandaran nama yang pertama dan berkata, “Saya telah bertanya kepada penduduk Thusi tentang daerah Al Ghazalah, dan mereka mengingkari keberadaannya.” Ada yang berpendapat Al Ghazali adalah penyandaran nama kepada Ghazalah anak perempuan Ka’ab Al Akhbar, ini pendapat Al Khafaji.

Yang dijadikan sandaran para ahli nasab mutaakhirin adalah pendapat Ibnul Atsir dengan tasydid. Yaitu penyandaran nama kepada pekerjaan dan keahlian bapak dan kakeknya (Diringkas dari penjelasan pentahqiq kitab Thabaqat Asy Syafi’iyah dalam catatan kakinya 6/192-192). Dilahirkan di kota Thusi tahun 450 H dan memiliki seorang saudara yang bernama Ahmad (Lihat Adz Dzahabi, Siyar A’lam Nubala’ 19/326 dan As Subki, Thabaqat Asy Syafi’iyah 6/193 dan 194).

Kehidupan dan Perjalanannya Menuntut Ilmu

Ayah beliau adalah seorang pengrajin kain shuf (yang dibuat dari kulit domba) dan menjualnya di kota Thusi. Menjelang wafat dia mewasiatkan pemeliharaan kedua anaknya kepada temannya dari kalangan orang yang baik. Dia berpesan, “Sungguh saya menyesal tidak belajar khat (tulis menulis Arab) dan saya ingin memperbaiki apa yang telah saya alami pada kedua anak saya ini. Maka saya mohon engkau mengajarinya, dan harta yang saya tinggalkan boleh dihabiskan untuk keduanya.”

Setelah meninggal, maka temannya tersebut mengajari keduanya ilmu, hingga habislah harta peninggalan yang sedikit tersebut. Kemudian dia meminta maaf tidak dapat melanjutkan wasiat orang tuanya dengan harta benda yang dimilikinya. Dia berkata, “Ketahuilah oleh kalian berdua, saya telah membelanjakan untuk kalian dari harta kalian. Saya seorang fakir dan miskin yang tidak memiliki harta. Saya menganjurkan kalian berdua untuk masuk ke madrasah seolah-olah sebagai penuntut ilmu. Sehingga memperoleh makanan yang dapat membantu kalian berdua.”

Lalu keduanya melaksanakan anjuran tersebut. Inilah yang menjadi sebab kebahagiaan dan ketinggian mereka. Demikianlah diceritakan oleh Al Ghazali, hingga beliau berkata, “Kami menuntut ilmu bukan karena Allah ta’ala , akan tetapi ilmu enggan kecuali hanya karena Allah ta’ala.” (Dinukil dari Thabaqat Asy Syafi’iyah 6/193-194).

Beliau pun bercerita, bahwa ayahnya seorang fakir yang shalih. Tidak memakan kecuali hasil pekerjaannya dari kerajinan membuat pakaian kulit. Beliau berkeliling mengujungi ahli fikih dan bermajelis dengan mereka, serta memberikan nafkah semampunya. Apabila mendengar perkataan mereka (ahli fikih), beliau menangis dan berdoa memohon diberi anak yang faqih. Apabila hadir di majelis ceramah nasihat, beliau menangis dan memohon kepada Allah ta’ala untuk diberikan anak yang ahli dalam ceramah nasihat.

Kiranya Allah mengabulkan kedua doa beliau tersebut. Imam Al Ghazali menjadi seorang yang faqih dan saudaranya (Ahmad) menjadi seorang yang ahli dalam memberi ceramah nasihat (Dinukil dari Thabaqat Asy Syafi’iyah 6/194).

Imam Al Ghazali memulai belajar di kala masih kecil. Mempelajari fikih dari Syaikh Ahmad bin Muhammad Ar Radzakani di kota Thusi. Kemudian berangkat ke Jurjan untuk mengambil ilmu dari Imam Abu Nashr Al Isma’ili dan menulis buku At Ta’liqat. Kemudian pulang ke Thusi (Lihat kisah selengkapnya dalam Thabaqat Asy Syafi’iyah 6/195).

Beliau mendatangi kota Naisabur dan berguru kepada Imam Haramain Al Juwaini dengan penuh kesungguhan. Sehingga berhasil menguasai dengan sangat baik fikih mazhab Syafi’i dan fikih khilaf, ilmu perdebatan, ushul, manthiq, hikmah dan filsafat. Beliau pun memahami perkataan para ahli ilmu tersebut dan membantah orang yang menyelisihinya. Menyusun tulisan yang membuat kagum guru beliau, yaitu Al Juwaini (Lihat Adz Dzahabi, Siyar A’lam Nubala’ 19/323 dan As Subki, Thabaqat Asy Syafi’iyah 6/191).

Setelah Imam Haramain meninggal, berangkatlah Imam Ghazali ke perkemahan Wazir Nidzamul Malik. Karena majelisnya tempat berkumpul para ahli ilmu, sehingga beliau menantang debat kepada para ulama dan mengalahkan mereka. Kemudian Nidzamul Malik mengangkatnya menjadi pengajar di madrasahnya di Baghdad dan memerintahkannya untuk pindah ke sana. Maka pada tahun 484 H beliau berangkat ke Baghdad dan mengajar di Madrasah An Nidzamiyah dalam usia tiga puluhan tahun. Disinilah beliau berkembang dan menjadi terkenal. Mencapai kedudukan yang sangat tinggi.

  1. Contoh Teks Biografi Tokoh Terkenal

Ir. Soekarno

 

Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno, umumnya dikenal sebagai Bung Karno, lahir di Blitar, Jawa Timur, pada 6 Juni 1901, dan meninggal di Jakarta pada 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan istrinya. ibu Ida Ayu Nyoman Rai. Selama hidupnya dia memiliki tiga istri dan diberkati dengan delapan anak. Dari istri Fatmawati mereka memiliki anak dari Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Istri Hartini memiliki Taufan dan Bayu, sedangkan istrinya Ratna Sari Dewi, nama asli Jepang Naoko Nemoto, memiliki anak Kartika.

Masa kecil Soekarno tinggal bersama orang tuanya di Blitar hanya beberapa tahun. Dari sekolah dasar hingga lulus, ia tinggal di Surabaya, sebuah rumah kos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, seorang politisi berpengalaman pendiri Masyarakat Islam. Kemudian melanjutkan ke sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Sukarno telah menghidupkan semangat nasionalisme saat belajar di HBS. Setelah lulus dari HBS pada tahun 1920, ia pindah ke Bandung dan selanjutnya ke THS (Technical Hoogeschool atau Higher Engineering School, hari ini ITB). Ia memenangkan gelar “Ir” pada 25 Mei 1926.

Dia kemudian merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia) pada 4 Juli 1927 dengan tujuan menjadi Indonesia yang merdeka. Akibatnya, Belanda mengirimnya ke Penjara Sukamiskin di Bandung pada 29 Desember 1929. Dia dibawa ke pengadilan delapan bulan kemudian. Dalam pembelaannya yang berjudul Indonesia Sues, ia menunjukkan kejatuhan Belanda, sebuah negara yang diklaim lebih maju.

Lagi Viral:  Struktur Teks Biografi: Pengertian, Ciri, Jenis dan Kaidah

Pembelaannya membuat Belanda semakin marah. PNI dibubarkan pada Juli 1930. Setelah dibebaskan pada 1931, Sukarno bergabung dengan Partindo dan memimpinnya pada saat yang sama. Akibatnya, ia kembali ditangkap oleh Belanda dan diasingkan ke Flores pada tahun 1933. Empat tahun kemudian, ia dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah perjuangan yang panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Pada pertemuan BPUPKI pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno mengusulkan ide dasar negara, yang ia sebut Pancasila. Pada 17 Agustus 1945, Ir Soekarno dan Dr. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Pada pertemuan PPKI pada 18 Agustus 1945, Ir. Soekarno terpilih sebagai Presiden pertama Republik Indonesia dengan aklamasi.

  1. Contoh Teks Biografi Ibu

 

Ibu adalah orang yang melahirkan kita ke dunia. Ibu adalah wanita yang sangat aku cinta. Ia adalah wanita yang telah membesarkanku, merawatku, mendidikku, dan orang yang sangat aku kagumi. Ia adalah wanita yang sangat tangguh, penyayang, penyabar, pantang menyerah, dan tiada kasih yang terputus darinya untukku. Menurutku, kasih ibu tiada pernah terbayarkan oleh apapun selain bagaimana kita bisa membuatnya bangga.

Ibuku bernaman Hj. Paniyem, ibuku orang yang sederhana, kegiatan sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga, dan terkadang ia ikut membantu bapak dalam mengurus pekerjaan di kebun. Ibu orang yang sangat kuat, ia bisa membagi waktu dalam mengurus keluarga, anak maupun suami. Ia memiliki banyak pekerjaan, namun ia tidak pernah mengeluh dan lelah dalam mengurus pekerjaannya setiap hari. Sebagai ibu rumah tangga, kehidupan ibu sangat sibuk, mengurus semua kebutuhan keluarga, bahkan ibu harus bangun lebih awal untuk mempersiapkan sarapan untuk keluarga, membersihkan rumah, dan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan pekerja yang memanen sawit di kebun.

Ibuku sudah tidak muda lagi, ia lahir pada tanggal 15 juli 1975, namun ia tetap semangat dan pantang menyerah dalam melakukan rutinitas setiap hari. Bila ada waktu luang, ibuku sangat memanfaatkannya untuk membaca buku. Walaupun, ibuku tidak lulusan dari perguruan tinggi, ia bisa mengurus keluarga dengan sangat baik. Ibuku adalah wanita yang sangat tangguh, ia rela mengurus semuanya demi kebahahagiaan keluargaku.

Ibuku sangat hobi memasak, karena sudah terbiasa memasak dari remaja, maka ia juga mengajariku untuk melakukan apa yang ia sukai, agar aku juga bisa memasak sepertinya. Ibuku tidak suka menghambur-hamburkan uang untuk membeli yang tidak dibutuhkan, ibuku selalu mengajari aku untuk berhemat. Aku belajar banyak hal dari ibuku, dia wanita yang sangat tangguh, wanita yang sangat aku cintai, wanita yang sangat berarti dalam hidupku, tanpanya aku tidak akan pernah ada didunia dan tanpanya pula aku tidak akan pernah menjadi seperti ini. Aku bangga mempunyai ibu sepertinya.

Ibu yang selalu aku banggakan, ibu yang selalu bisa membuat anak-anaknya bahagia, dan demi kebahagiaan anak-anaknya bapak dan ibu harus bekerja keras setiap hari. Ibuku tidak pernah bermalas-malasan karena ibuku tahu bahwa kesuksesan akan tercapai jika kita rajin berusaha dan berdo’a, itu yang ibu ajarkan kepadaku. Terimakasih ibu.

  1. Contoh Teks Biografi Artis

Nikita Willy

 

Nikita Willy memulai karier di dunia hiburan Indonesia sejak usia 6 tahun, melalui sinetron Bulan Bintang. Nikita memiliki darah Minang. Ia mulai dikenal publik, ketika berperan dalam sinetron Roman Picisan bersama Evan Sanders. Selain itu ia juga mulai merambah ke dunia menyanyi. Salah satu pelawak Indonesia, Mpok Nori bahkan kerap kali memanggil dirinya dengan sebutan Nikita Willy

Nikita beragama Islam. Ia adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Nama adiknya ialah Winona. Nikita juga mempunyai keturunan darah Minang. Nikita mempunyai orang tua yang bernama Henry Willy (ayah) dan Yora Febrine (ibu). Nikita pernah menjalin hubungan pacaran dengan Diego Michiels, namun hubungan mereka berakhir. Setelah putus dari Diego Michiels, Nikita dikabarkan dekat dengan teman lamanya Sofyan Setiadi. Selanjutnya, Nikita dikabarkan menjalin hubungan pacaran dengan Duran Valentino.

Berikut ini adalah Profil Biografi Hidup Singkat Nikita Willy:

Nama Asli / Lengkap Nikita Purnama Willy
Nama Tenar / Panggilan : Nikita Willy
Tempat Lahir : Jakarta, Indonesia
Tanggal Lahir : 29 Juni 1994
Terkenal Sejak : 2000 – sekarang
Agama : Islam
Kebangsaan / Warga Negara : Indonesia
Karir / Pekerjaan : Aktris, Penyanyi, Model, Sutradara, Pembawa Acara
Pendidikan : –
Orang Tua : –
Facebook : https://www.facebook.com/Nikita-Willy-49414159393/
Twitter : https://twitter.com/nikitawilly_24?lang=id
Instagram : https://www.instagram.com/nikitawillyofficial94/?hl=id
Tinggi : 168 CM
Berat : 46 KG
Bintang Zodiak : Cancer
  1. Contoh Teks Biografi Tentang Guru

 

Susanto, S.Pd bekerja sebagai guru bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Bandung. Namanya agak Pak Santo. Pak Santo lahir pada 22 Oktober 1970 di Magelang. Beratnya 65 kg dan tingginya 167 cm. Dia adalah putra Hermanto dan Dian Sari.

Orang tua Pak Santo bekerja sebagai petani di desa Nyentilik. Sejak menghadiri sekolah dasar, Pak Santo telah berusaha untuk menjadi seorang guru. Ia belajar 22 Magelang di SD Negeri. Dia kemudian melanjutkan pelatihannya dengan SMP Negeri 10 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang.

Sejak sekolah menengah ia telah menunjukkan cintanya di dunia jurnalisme. Dengan hasratnya untuk belajar, ia aktif dalam majalah sekolah ekstrakurikuler. Selain itu, Pak Santo juga menjadi jurnalis muda ketika ia masih di sekolah menengah. Ketika dia menempuh pendidikan di perguruan tinggi, dia telah menjadi guru pengganti di Sekolah Kejuruan Swasta Bina Harapan di Magelang.

Setelah menyelesaikan studinya, Pak Santo mengabdikan dirinya untuk mengajar di berbagai sekolah. Sekolah tempat layanan diberikan meliputi SMA Negeri 3 Bandung, SMA Negeri 11 Bandung dan SMK 1 Bandung. Ketika berusia 30, ia menikahi tempat tidurnya, yaitu Sinar Mentari, Spd, yang tidak lain adalah salah satu teman kuliahnya.

Setelah menikah, ia dan istrinya bekerja sampai sekarang di sekolah yang sama, yaitu SMA Negeri 2 Bandung. Dari pernikahan mereka, mereka memiliki tiga anak, yaitu Randi Pangestu, Putra Atmaja dan Fika Pratiwi. Dia dan keluarganya sekarang tinggal di Jln. Cambodia II No. 16, Bandung.

Pak Santo adalah guru yang ulung dan ramah. Selama pelajarannya, ia tidak hanya memenangkan penghargaan sebagai guru teladan, tetapi juga melahirkan juara Olimpiade dari SMA Negeri 2 Bandung. Karena kegigihan dan komitmennya, ia dapat mengirim semua anaknya ke gelar sarjana.

Pada usia setengah abad, dia berharap semua putra dan putrinya akan berhasil. Kariernya tidak hanya sukses tetapi juga sukses secara mental dan memberi contoh bagi orang lain. Pak Santo adalah orang yang saleh dalam ibadah dan merupakan teladan bagi anak-anak. Dia selalu menyarankan untuk memprioritaskan pendidikan dan nilai-nilai moral agama di masyarakat.

  1. Contoh Teks Biografi Bahasa Inggris

B.J. Habibie

 

The third President of the Republic of Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, was born on June 25, 1936 in Pare-Pare, South Sulawesi. He was the fourth child of eight siblings, the couple Alwi Abdul Jalil Habibie and RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie, who married Hasri Ainun Habibie on May 12, 1962, was blessed with two sons, Ilham Akbar and Thareq Kemal.

He spent Habibie’s childhood with his brothers in Pare-Pare, South Sulawesi. Habibie has shown strict adherence to the principle since childhood. Habibie, who has a penchant for riding this horse, had to lose his father, who died of a heart attack on September 3, 1950. Shortly after his father’s death, Habibie moved to Bandung to study at the Middlebare School Gouvernments. In high school, he began to stand out for his accomplishments, especially in the exact sciences. Habibie became a favorite character in his school.

After graduating from high school in Bandung in 1954, he joined the University of Indonesia in Bandung (now ITB). In 1960 he received his diploma from the Technical University, which received his doctorate in 1965. Habibie was married in 1962 and blessed with two children. In 1967 he became an honorary professor at the Bandung Institute of Technology.

Habibie’s steps are very much admired, full of controversy, many admirers, but not a few who disagree with him. Every time the renowned laureate Theodore van Karman Award returns from Germany’s “living space”, he is always in the news. Habibie only studied at the ITB Bandung, 10 years of college, until he did his doctorate in aircraft construction in Germany with the title Summa Cum laude. He then worked in the leading German aircraft industry MBB GmbH before fulfilling President Soeharto’s call to return to Indonesia.

Lagi Viral:  Contoh Pola Kalimat: Pengertian, Ciri, Jenis dan Unsur

In Indonesia, Habibie was Minister of Research and Technology / Head of BPPT for 20 years and led 10 strategic industrial SOE companies elected Vice President of the Republic of Indonesia by the People’s Consultative Assembly and sworn in by the Supreme Court Justice as successor to President Soeharto. Suharto handed Habibie the position of president on the basis of Article 8 of the 1945 Constitution until Habibie was finally forced to resign due to the East Timor referendum that opted for independence. His speech on accountability was rejected by the Indonesian People’s Consultative Assembly. He also returned to a normal citizen and emigrated to Germany.

  1. Contoh Teks Biografi Sastrawan

Aman Datuk Madjoindo

Aman Datuk Madjoindo lahir di Supayang, Solok, Sumatera Barat, 5 Maret 1896. Meninggal di Sirukam, Solok, Sumatera Barat, 5 September 1969 pada umur 73 tahuna. Karyanya yang terkenal adalah Si Doel Anak Betawi, yang kemudian dijadikan Si Doel Anak Betawi oleh sutradara Syumanjaya dan menjadi inspirasi sinetron Si Doel Anak Betawi. Aman mengenyam pendidikan di HIS di Solok, serta Kweekschool di Bukittinggi. Setelah lulus sekolah, ia sempat menjadi guru di Padang di tahun 1919 Sebelum pindah ke Jakarta dan bekerja di Balai Pustaka tahun 1920. Pada awal masuk Balai Pustaka, Aman pertama kali bekerja sebagai korektor, menjadi ajudan redaktur, dan kemudian redaktur. Ia juga pernah menjabat sebagai direktur penerbit Balai Pustaka.

Kaya-karyanya yaitu :

  • Si Doel Anak Betawi (1956)
  • Menebus Dosa (1932)
  • Rusmala Dewi (1932, bersama S. Hardjosoemarto)
  • Sebabnya Rafiah Tersesat (1934, bersama S. Hadjosoemarto)
  • Si Cebol Rindukan Bulan (1934)
  • Sampaikan Salamku Kepadanya (1935)
  • Syair Si Banto Urai (1931)
  • Syair Gul Bakawali (1936)
  • Cerita Malin Deman dan Putri Bungsu (1932)
  • Cindur Mata (1951)
  • Hikayat Si Miskin (1958)
  • Hikayat Lima Tumenggung (1958)
  1. Contoh Teks Biografi Teman

Puput widia ningsih, dia dilahirkan pada 27 Januari 2001 di Majalengka. Hobinya adalah mendengarkan musik dan membaca. Ayahnya dipanggil winda karyanya sebagai pengusaha. Sementara nama ibunya adalah Yayah, dia bekerja sebagai ibu rumah tangga. Alamat sebuah rumah sekolah di desa Panyingkiran Gasse Pancasila RT 02 RW 01. Dia adalah anak keempat dari empat bersaudara. Kakak perempuan pertamanya bernama Wiwin, kakak perempuan keduanya dipanggil Paddy dan kakak lelakinya yang ketiga adalah Eka Abrianto, yang sekarang adalah tiga kakak laki-lakinya yang sudah menikah.

KELEMAHAN yang dimiliki oleh seorang siswa adalah bahwa sulit untuk membuat keputusan dengan cepat, kadang-kadang terburu-buru, menyelesaikan pekerjaan, mengubur masalah, menyerah pada orang lain, untuk memaksakan kehendak.

Siswa EXCESS ceria, baik hati, pekerja keras, dan tidak mudah putus asa. Jika siswa itu ambisius, siswa akan bekerja keras untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Kemudian dia pandai bersosialisasi, humor dan humor. Dia menunggu dengan sabar untuk sesuatu.

VISI: Dia ingin menjadi orang yang sukses, berguna untuk rumah dan bangsa, dan tentu saja dia ingin membuat orang tuanya bahagia.
MISI: Ia ingin memiliki kepribadian yang baik dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat kepada orang tuanya, selalu jujur ​​dan belajar dengan rajin untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  1. Contoh Teks Biografi Diri Sendiri

Indah fitriyani

Indah Fitriyani yang akrab di panggil Infit. Dia lahir di Palembang pada 27 Februari 1997. Anak dari pasangan Mukhibat dan Ratnawati. Dia anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya bernama Mukti Okta Prasetyo dan adiknya bernama Fatiqoh Nur ‘Ayni. Infit sekarang kuliah di Universitas Sriwijaya Palembang Jurusan Agrobisnis.

Jenjang pendidikannya dimulai pada umur 5 tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 10 Palembang, kemudian dia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Dasar YSPP Pusri Palembang pada tahun 2002 sampai 2008. Pada tahun 2008 dia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palembang selama 3 tahun. Kemudian melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Palembang.

Ketika duduk di bangku SMA, kesehariannya ialah belajar dan aktif kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler yang diikutinya adalah tari. Dia pun mengasah bakat menarinya di ekskul tersebut. Dengan latihan yang sungguh-sungguh tanpa mengeluh. Dia pun mendapatkan Juara II Lomba Tari Tradisional tingkat SMA Se-Kota Palembang pada tahun 2014. Bukan hanya bakat tari saja, dia juga pintar dalam berbahasa inggris. Infit pernah menjadi Finalis di Fulbright ETA WORDS National Competition In Jakarta pada tahun 2014. Selain itu, dia juga menari di suatu acara formal melalui sanggar seni yang diikutinya.

Setelah lulus dari SMA, dia masih mengikuti kegiatan tari. Bagi Infit tari merupakan bagian dari hidupnya. Melalui tari tersebut Infit mendapatkan penghasilan di setiap acara yang mengundangnya. Meskipun dia disibukkan dengan aktifitas menari, akan tetapi dia tidak lupa akan tugasnya sebagai Mahasiswi Jurusan Agrobisnis dan kewajibannya sebagai manusia biasa untuk sholat lima waktu.

  1. Contoh Teks Biografi Pahlawan

Sutan Syahrir

 

Sutan Syahrir tentu saja nama terkenal di telinga orang Indonesia. Sutan Syahrir memiliki karir tertinggi ketika ia mencapai perdana menteri pertama Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang perdana menteri pertama, lihat biografi Sutan Syahrir, yang pada waktu itu terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari pasukan kolonial Jepang.

Salah satu penulis biografi Sutan Syahrir adalah Rosihan Anwar dengan judul biografi tokoh Kemerdekaan Nasional, yaitu Sutan Sjahrir: negarawan humanis, demokrat sejati yang mendahului waktunya. Sutan Syahrir lahir pada 5 Maret 1909 di Padang Panjang, Sumatra Barat. Orang tuanya adalah Mohammad Rasad Memegang Maharaja Soetan bin Soetan Leman Soetan Palindih dan nama ibunya adalah Putri Siti Rabiah. Sejarah pendidikannya dimulai di sekolah dasar ELS dan sekolah menengah pertama di MULO Medan, sekolah terbaik di Medan. Sutan Syahrir kemudian melanjutkan pendidikannya di sekolah menengah di AMS di Bandung. Sekolah itu adalah sekolah termahal di India saat itu. Setelah lulus dari sekolah menengah, Sutan Syahrir melanjutkan pendidikannya di Belanda di Universitas Amsterdam di fakultas hukum.

Berdasarkan biografi Sutan Syahrir, yang telah ditulis Rosihan Anwar selama pelatihannya, Syahrir Suriah menjadi tertarik pada politik. Kisah hidup Sutan Syahrir juga menceritakan tentang dirinya sendiri, yang telah memulai inisiatif pendirian organisasi Jong Indonesie. Tidak hanya itu, Sutan Syahrir juga merupakan kekuatan pendorong di belakang janji pemuda. Pada 1930 Sutan Syahrir juga bergabung dengan Ikatan Organisasi Indonesia (PI). Selanjutnya, Sutan Syahrir juga bergabung dengan PNI baru, yang sebelumnya telah dibubarkan oleh pemerintah India Timur Belanda. Akibatnya, PNI dilihat sebagai semakin radikal, sehingga Sutan Syahrir dan Moh Hatta diasingkan ke Boven Digoel selama satu tahun dan kemudian dipindahkan ke Neiras Banda untuk jangka waktu 6 tahun.

Semangat memerangi penjajah tidak hanya selama pemerintah Belanda, dalam biografi Sutan Syahrir, ia masih berperang selama pendudukan Jepang. PNI terus berkembang. Dia membuat roda pergerakan kekuatan bawah tanah. Sampai Sutan Syahrir bersama pemuda Indonesia meminta Soekarno Hatta untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Biografi Sutan Syahrir berlanjut. Sambil mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Sutan Syahrir juga memainkan peran dalam menjaga kemerdekaan. Yaitu melalui pembentukan Kabinet Syahrir I menjadi Kabinet Syahrir III dan pertahanan Indonesia melalui diplomasi.

Setelah Sutan Syahrir tidak memimpin kabinet, ia menjadi duta besar keliling dan penasihat bagi Presiden Soekarno. Pada saat yang sama, biografi Sutan Syahrir melengkapi sejarah Partai Sosialis Indonesia PSI, sebuah partai yang didirikan oleh Sutan Syahrir. Karena dia bergerak ke arah komunis dan Sutan Syahrir terkait dengan kasus PRRI, Presiden membubarkan PSI pada tahun 1960. Sutan Syahrir kemudian ditahan tanpa diadili selama 3 tahun dan menderita sakit. Dengan izin, ia diizinkan dirawat di Swiss dan akhirnya meninggal di Swiss. Sutan Syahrir meninggal pada 9 April 1966 dan dimakamkan di TMP Kalibata, mengakhiri kisah hidup Sutan Syahrir.

Lagi Viral:  Contoh Pidato: Pengertian, Jenis, Metode, Struktur dan Langkah
  1. Contoh Teks Biografi Penulis

Tere Liye adalah penulis terkenal di Indonesia. Nama Tere Liye adalah nama samaran seorang penulis bernama Darwis. Dapat dikatakan bahwa Tere Liye adalah penulis paling produktif saat ini. Alasannya adalah bahwa penulis ini menerbitkan karya-karya baru setiap tahun. Tere Liye lahir pada 21 Mei 1979 di pedalaman Sumatra. Sekarang dia berusia 40 tahun.

Penulis novel ini adalah seorang penulis yang sangat tidak biasa dalam ide-ide novelnya. Hampir semua novel ditulis oleh Tere Liye. Dia telah menulis novel tentang berbagai topik mulai dari cinta, politik, bisnis, agama, pendidikan dan berbagai topik lainnya. Setiap kali Tere Liye menerbitkan sebuah novel, novel yang diterbitkan selalu dikejar oleh para pecinta novel Indonesia.

Tetapi jika Anda melihat latar belakang Tere Liye, ia tidak memiliki jejak penulisnya. Pendidikannya adalah seorang ekonom di kampus Universitas Indonesia. Ayah dan ibu Tere Liye adalah petani normal. Tapi bakat Tere Liye untuk menulis tidak diragukan. Bahkan beberapa novelnya diambil. Beberapa film yang difilmkan seperti menghafal doa Delisa dan malaikat surgawi.

Yang lebih mengesankan banyak orang adalah bahwa menulis bukanlah pekerjaan utama seorang Tere Liye. Tere Liye bekerja untuk perusahaan swasta di Indonesia. Menulis hanyalah hobi Tere Liye. Melalui tulisannya, pembaca dapat belajar banyak hal. Dalam novel Negeri Para Bedebah, pembaca dapat belajar tentang ekonomi global dan politik. Dalam novel Sunset Together with Rossi, pembaca dapat belajar tentang ketulusan cinta sejati.

Saat membaca karya-karya Tere Liye, penulis disuguhi kisah-kisah yang tidak bisa. Dari semua cerita ini, pembaca akan mengerti apakah penulis novel ini memiliki pengetahuan yang sangat luas tentang dunia luar. Tere Liye saat ini telah menulis lebih dari 30 novel. Ini tentu saja merupakan pencapaian yang luar biasa.

  1. Contoh Teks Biografi Sepakbola

Paulo Dybala

Nama Lengkap : Paulo Bruno Dybala

Nama panggilan : Paulo Dybala

Tempat Lahir : laguna Marga, Cordoba, Argentina

Tanggal Lahir : 15 November 1993

Klub Sekarang : Juventus

Posisi Bemain : Striker

Tinggi Badan : 179 cm

Profil Singkat :

Pemilik nama lengkap Paulo Bruno Dybala ini lahir di laguna Marga, salah satu kawasan yang terletak di kota Cordoba, Argentina pada tanggal 15 November 1993 silam.
Memiliki bakat sejak kecil, Dybala kemudian masuk dalam tim akademi sepakbola milik klub Instituto pada tahun 2003, tepatnya ketika masih berusia 10 tahun. Selama 8 tahun dia mengenyam pendidikan sepakbola bersama klub tersebut, dan di tahun 2011, Dybala mendapat kesempatan bermain di tim Senior Instituto.

Tampil apik bersama Instito, menarik minat salah satu tim papan tengah Italia, yakni Palermo untuk merekrutnya. Dan pada April 2012, Dybala akhirnya resmi menjadi milik Palermo. Musim ini, ditengah krisis lini depan yang dialami Palermo. Dybala muncul sebagai penyelamat dengan torehan gol demi golnya. Sejauh ini, penyerang 21 tahun itu telah mengemas 13 gol untuk Palermo.
Sejumlah klub besar Eropa mulai mengintip perkembangan Paulo Dybala, dan salah satu klub yang paling getol mengincar Dybala adalah raksasa Inggris, Arsenal.

Namun Dybala memilih untuk bergabung bersama Juventus, dan hingga kini ia menjadi pilihan utama Juventus dibawah asuhan Pelatih Sarri.

  1. Contoh Teks Biografi Siswa

Silvia Ramadhani Putri, biasa disebut Puput. Ia lahir pada 21 Mei 2000 di Semarang. Puput adalah anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Zacky Umar dan Windu Sulastri. Ayahnya adalah seorang guru dan mengajar 4 semarang di SMP Negeri. Ibunya adalah seorang pekerja kantoran di PT. Agung Anugerah Semarang.

Pada usia 4 Puput telah menerima pelatihan taman kanak-kanak dari TK Pertiwi II Semarang. Ia kemudian melanjutkan pelatihannya di SDN Negeri 1 semarang. Jika dia di sekolah dasar, dia harus bersepeda sejauh 2 km untuk pergi ke sekolah. Selain itu, Puput adalah anak yang luar biasa, ia selalu berhasil berada di 5 besar saat belajar di sekolah dasar. Orang tuanya bangga dengan pekerjaan mempelajari Puput.

Setelah menyelesaikan sekolah dasar, Puput melanjutkan pelatihannya dengan SMP N 2 Semarang. Namun sayangnya ketika Sekolah Menengah Puput tidak diperingkat karena banyak dimainkan dan jarang dipelajari. Ketika Puput pergi ke sekolah, ia biasanya naik sepeda atau angkot.

Puput melanjutkan pendidikan sekolah menengahnya di salah satu sekolah favorit di Semarang. SMA Negeri 1 Semarang adalah universitas favorit Puput. Ketika Puput berada di kelas 1, dia menyadari bahwa dia tidak ingin gagal dalam studinya. Puput tidak ingin membuang waktu bermain dan akhirnya menjadi siswa yang pekerja keras.

Ketika SMA adalah masa keemasan bagi Puput karena dia bekerja keras untuk berbuah. Selama di SMA Negeri 1 Semarang, ia telah ditunjuk sebagai perwakilan sekolah di Olimpiade beberapa kali. Tidak hanya itu, Puput juga dikatakan sebagai nama baik sekolah menengahnya dalam debat internasional di Tokyo, Jepang.

  1. Contoh Teks Biografi Singkat

Rahma Nuraini, yang dikenal sebagai Uci. Ia adalah seorang perawan yang lahir di Palembang pada 14 Juni 1995. Putra tertua pasangan Rayhan Azhar dan Shinta Ramadhani. Suci memiliki dua adik lelaki bernama Zalia Putri dan Yesri Fitri. Suci sedang belajar di Universitas Muhammadiyah Palembang dengan fokus pada Ekonomi Islam.

Perjalanan pendidikan sakral dimulai ketika ia berusia 4 tahun di TK Fatimah Palembang. Kemudian, sebagai sekolah dasar, ia belajar di SD Negeri 19 Palembang. Setelah menyelesaikan sekolah dasar, Suci melanjutkan pendidikannya di SMP 23 Palembang. Kemudian ia memutuskan untuk belajar di SMA Negeri 10 Palembang.

Dia menghabiskan tahun-tahun sekolahnya dengan sangat antusias untuk belajar dan aktif dalam kegiatan OSIS. Suci juga berpartisipasi dalam kegiatan tarian ekstrakurikuler. Ia memperhalus keterampilan kepemimpinan dan OSIS serta keterampilan menari untuk memenangkan banyak pertunjukan seni provinsi. Suci tidak hanya seorang seniman berbakat, tetapi juga memiliki mandat untuk menjadi Sekretaris Dewan Siswa. Bahkan Suci telah memenangkan tempat pertama di kelasnya beberapa kali.

Setelah lulus SMA, Suci masih aktif menari di Studio Kipas Emas Palembang. Bagi Suci, menari adalah bagian dari dirinya yang sangat ia cintai. Penampilan Seni Suci memungkinkan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Meskipun sibuk dengan kegiatan artistiknya, Suci selalu menghargai pendidikannya. Ia terdaftar sebagai salah satu mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya. Selain itu, Suci selalu menegaskan komitmen Muslimnya untuk shalat lima kali sehari.

  1. Contoh Teks Biografi Ayah

Ayah saya bekerja sebagai dosen di sebuah universitas negeri. Namanya Ir Irawani M Phil, dan merupakan lulusan salah satu universitas terkemuka di Inggris.

Secara fisik tidak ada yang istimewa dari ayah saya. Tapi dia memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai tujuannya.

Sebagai kepala keluarga, dia adalah orang yang penyayang. Bahkan sebagai seorang anak ketika kami nakal, dia tidak akan marah. Hanya ada satu hal yang dia lakukan untuk memarahi kami ketika kami lupa. Dia hanya tersenyum dan mengundang kami untuk minum teh.

Saat itu rumah kami memiliki halaman belakang. Kami menggunakannya di sana untuk bersantai bersama keluarga. Tindakan minum itulah yang membuat kita menyadari kesalahan kita.

Kami selalu diminta untuk menjelaskan alasan perselisihan kami. Dia akan mendengarkan dengan seksama tanpa menyela pembicaraan.

Setelah kita selesai dengan masalah kita. Baru saat itulah dia melepaskan pikirannya. Saat-saat ini berlangsung sampai kami memiliki anak.

Bahkan sebelum ayahku meninggal, dia selalu melakukan hal yang sama ketika cucu-cucunya berkelahi. Begitu pula dengan murid-muridnya di sekolah. Banyak siswa yang merasa nyaman dengannya.

Akhirnya, dia mendapat penghargaan dari sekolah. Penghargaan ini merupakan bukti perjuangannya bersama murid-muridnya selama ini. Sayangnya, ayah saya harus meninggal pada usia yang relatif muda yaitu 45 tahun.

Dia tidak merasakan sakit apapun sebelum kematiannya. Ya, inilah yang disebut takdir. Padahal gaya hidupnya sehat. Mungkin Tuhan Yang Maha Esa lebih menyayanginya. Setelah ayah saya meninggal, kami akhirnya pindah ke Jakarta.

Demikian Pembahasan Tentang 15 Contoh Teks Biografi Tokoh, Ibu, Teman, Guru, Siswa dan Singkat dari Kami
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)
/* */