Materi Ekonomi Kreatif

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Ekonomi Kreatif? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain:  pengertian, tujuan, fungsi, manfaat dan jenis.

Ekonomi-Kreatif

Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah salah satu ide ekonomi, yang diarahkan pada kreativitas dan juga informasi dan didasarkan pada ide, sains dan sumber daya manusia sebagai kunci utama untuk faktor produksi.


Ciri – Ciri Ekonomi Kreatif

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri ekonomi kreatif, antara lain:

  • Basis utama industri kreatif adalah ide
  • Industri kreatif dapat dikembangkan di berbagai bidang
  • Membutuhkan kolaborasi berbagai elemen yang berperan dalam industri kreatif, seperti intelektual, pemilik bisnis, dan pemerintah sebagai basis utama.
  • Konsep dalam industri kreatif dapat dibuat dan dikembangkan secara relatif.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Berikut ini terdapat beberapa manfaat ekonomi kreatif, antara lain:

  • Kedatangan perusahaan startup
  • Akselerasi pembaruan
  • Bisnis menjadi lebih kompetitif
  • Buat orang yang inovatif
  • Kembangkan nilai produk
  • Pekerjaan terbuka
  • Perbaikan ekonomi

Jenis dan Sektor Ekonomi Kreatif

Berikut ini terdapat beberapa jenis dan sektor ekonomi kreatif, antara lain:


1. Iklan

Kegiatan kreatif yang terkait dengan layanan iklan (komunikasi satu arah dengan media tertentu) meliputi proses menciptakan, memproduksi, dan mendistribusikan iklan yang dihasilkan.

Misalnya riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi bahan iklan, iklan untuk kampanye PR, iklan display di media cetak (koran, majalah) dan elektronik (televisi dan radio), publikasi berbagai poster dan gambar, distribusi selebaran, brosur, Surat Edaran, brosur, dan papan iklan sejenis, distribusi dan pengiriman bahan iklan atau sampel dan penyewaan kolom iklan.


2. Arsitektur

Aktivitas kreatif terkait dengan desain bangunan, perencanaan biaya, konstruksi, pelestarian bangunan bersejarah, pengawasan konstruksi umum dari tingkat makro (perencanaan kota, perencanaan kota, arsitektur lansekap) hingga tingkat mikro (detail bangunan, mis. Arsitektur taman, desain interior).


3. Pasar barang seni

Kegiatan kreatif yang terkait dengan perdagangan barang-barang otentik, unik, dan langka serta nilai estetika artistik tinggi melalui lelang, galeri, toko, supermarket, dan Internet.

Misalnya, hanya alat musik, percetakan, kerajinan tangan, mobil, film dokumenter indie, seni rupa dan lukisan.


4. Kerajinan

Kegiatan kreatif terkait dengan pembuatan, produksi dan distribusi produk yang dibuat dan diproduksi oleh pengrajin, dari draft pertama hingga penyelesaian produk.

Ini termasuk kerajinan tangan yang terbuat dari batu mulia, serat alami atau sintetis, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi), kaca, porselen, kain, marmer, tanah liat, dan kapur.

Produk kerajinan biasanya hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil (tidak ada produksi massal).


5. Desain

Kegiatan kreatif terkait dengan desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas korporat dan layanan riset pasar, serta produksi pengemasan dan layanan pengemasan.


6. Fashion

Kegiatan kreatif sehubungan dengan penciptaan desain pakaian, desain sepatu dan aksesoris mode lainnya, produksi pakaian dan aksesoris mode, saran dari lini produk fashion dan distribusi produk fashion.


7. Film, video & fotografi

Kegiatan kreatif sehubungan dengan penciptaan produksi video, layanan film dan foto dan penyebaran rekaman video dan film.

Ini termasuk penulisan skenario, sulih suara film, sinematografi, sinetron, dan pameran film.


8. Game interaktif

Kegiatan kreatif terkait dengan penciptaan, produksi, dan distribusi komputer dan video game yang menyediakan hiburan, ketangkasan dan pendidikan.

Bagian permainan interaktif sebagai hiburan murni, tetapi juga sebagai bantuan pembelajaran atau pendidikan.


9. Musik

Aktivitas kreatif sehubungan dengan penciptaan / komposisi, kinerja, pemutaran, dan distribusi rekaman suara atau lagu.


10. Seni pertunjukan

Aktivitas kreatif yang terkait dengan pengembangan konten, produksi pertunjukan (mis. Pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, teater, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik), desain dan produksi fashion pertunjukan, desain desain dan tata letak pencahayaan.


11. Penerbitan dan pencetakan

Kegiatan kreatif terkait dengan penulisan dan penerbitan konten dari buku, majalah, koran, majalah, tabloid dan konten digital, dan aktivitas dari kantor berita dan pencari berita.

Subsektor ini juga mencakup masalah perangko, bahan, uang kertas, cek kosong, setoran penglihatan, surat saham, obligasi, sertifikat saham, surat berharga lainnya, paspor, tiket pesawat dan masalah khusus lainnya.

Juga berisi publikasi foto, ukiran dan kartu pos, formulir, poster, reproduksi, cetakan lukisan dan barang cetakan lainnya, termasuk bahan mikrofilm.


12. Layanan komputer dan perangkat lunak

Kegiatan kreatif terkait dengan pengembangan teknologi informasi, termasuk layanan komputer, pemrosesan data, pengembangan basis data, pengembangan perangkat lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur perangkat lunak, desain infrastruktur perangkat lunak dan perangkat keras, serta desain portal termasuk pemeliharaan.


13. Radio & TV

Kegiatan kreatif terkait dengan penciptaan, produksi dan pengemasan program televisi, program televisi (seperti game, kuis, reality show, infotainment, dll.), Penyiaran dan transmisi konten dari program televisi dan radio, termasuk kegiatan penyiaran dan siaran radio televisi.


14. Penelitian & Pengembangan

Kegiatan kreatif terkait dengan perusahaan inovatif yang menawarkan penemuan sains dan teknologi, serta penerapan pengetahuan dan pengetahuan untuk meningkatkan produk dan menciptakan produk baru, proses baru, bahan baru, alat baru, metode baru dan teknologi baru yang dibutuhkan pasar. , termasuk yang terkait, dapat bertemu dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa dan sastra, dan konsultasi bisnis dan manajemen.


Demikian Pembahasan Tentang Ekonomi Kreatif: Pengertian, ciri, Manfaat dan Jenis dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */