Materi Ekstrakurikuler

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Ekstrakurikuler? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain:  pengertian, tujuan, fungsi, manfaat dan jenis.

Ekstrakurikuler

Pengertian Ekstrakulikuler

Kegiatan ekstrakurikuler atau ekstrakurikuler adalah salah satu kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam sekolah, baik di sekolah atau di luar sekolah, untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan tambahan dan untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan minat dan minat mereka. bakat.


Tujuan Ekstrakurikuler

Berikut ini terdapat beberapa tujuan ekstrakurikuler, antara lain:

  • Pengembangan potensi siswa secara optimal dan terintegrasi, termasuk bakat, minat, dan kreativitas.
  • Memperkuat kepribadian siswa untuk menjadikan sekolah tangguh sebagai lingkungan pendidikan dan untuk menghindari upaya untuk mempengaruhi dan bertentangan dengan tujuan pendidikan.
  • Sadari potensi siswa untuk mencapai potensi unggul berdasarkan bakat dan minat mereka.
  • Mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang mulia dan demokratis yang menghormati hak asasi manusia dalam konteks menciptakan masyarakat yang mandiri (masyarakat sipil).
  • Siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan mereka tentang hubungan antara subjek yang berbeda, menyalurkan bakat dan minat mereka, dan menyelesaikan upaya untuk mempromosikan seluruh orang yang percaya dan mengabdikan diri kepada Tuhan yang maha kuasa, karakter yang berbudi luhur, yang memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat dan memiliki kepribadian yang kuat. dan mandiri serta memiliki rasa kebersamaan dan tanggung jawab nasional.
  • Siswa dapat menggunakan pengembangan pribadi dan menggabungkan pengetahuan yang diperoleh dalam kurikulum dengan kebutuhan dan keadaan lingkungan.

Fungsi Ekstrakulikuler

Berikut ini terdapat beberapa fungsi ekstrakurikuler, antara lain:

  • Fungsi pengembangan – Kegiatan ekstra kurikuler mendukung pengembangan pribadi siswa dengan memperluas minat mereka, mengembangkan potensi dan menawarkan peluang untuk pengembangan karakter dan pelatihan kepemimpinan.
  • Fungsi sosial – Sementara salah satu kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab, untuk memberikan siswa kesempatan untuk memperluas pengalaman sosial, untuk mempraktikkan keterampilan sosial dan untuk menginternalisasi nilai-nilai moral dan sosial.
  • Fungsi waktu luang – Kegiatan ekstra kurikuler yang dilakukan dalam suasana yang santai, membangkitkan semangat dan menghibur dan mendukung proses pengembangan siswa. Kegiatan di luar sekolah harus dapat membuat kehidupan sekolah atau atmosfer lebih menantang dan menarik bagi siswa.
  • Fungsi persiapan kejuruan – Semua kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mempromosikan kemauan siswa untuk berkarir melalui pengembangan kapasitas.

Manfaat Ekstrakulikuler

Berikut ini terdapat beberapa manfaat ekstrakurikuler, antara lain:

  • Untuk menawarkan peluang untuk pembentukan minat yang melekat dan pengembangan minat baru
  • Untuk dapat menyampaikan pendidikan sosial melalui pengalaman dan pengamatan, terutama yang berkaitan dengan perilaku kepemimpinan, persahabatan, kerja sama dan kemandirian
  • Bangun pikiran dan metalitas di sekolah
  • Kepuasan untuk perkembangan jiwa anak atau remaja
  • Mampu mempromosikan pembangunan jiwa dan moralitas
  • Memperkuat kekuatan mental dan jiwa siswa
  • Tawarkan peluang untuk bergaul dengan siswa
  • Perluas interaksi siswa
  • Salah satu cara bagi siswa untuk melatih kreativitas mereka lebih dalam.

Jenis – Jenis Ekstrakurikuler

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis ekstrakurikuler, antara lain:


1. Jenis kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan keputusan

Wajib ekstrakurikuler adalah program ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh semua siswa, kecuali siswa dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Opsi ekstrakurikuler adalah program ekstrakurikuler di mana siswa dapat berpartisipasi berdasarkan bakat dan minat masing-masing.


2. Jenis ekstrakurikuler berdasarkan waktu pelaksanaan

Rutin ekstrakurikuler adalah bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan terus menerus, seperti: B. pelatihan bola voli, pelatihan sepak bola dll.
Kegiatan ekstrakurikuler berkala, d. H. Semua jenis kegiatan yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu, seperti B. ski lintas negara, berkemah, kompetisi olahraga dan sebagainya.


3. Jenis ekstrakurikuler berdasarkan jenis kegiatan

Krida – kepanduan, pelatihan dasar untuk kepemimpinan siswa, Palang Merah Remaja (PMR), perampokan bendera (Paskibra) dan lainnya.
Karya ilmiah – Kegiatan ilmiah pemuda (KIR), kegiatan kejuaraan ilmiah dan keterampilan akademik, penelitian, dan sebagainya.
Pelatihan atau bakat atau kinerja – pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, kecintaan terhadap alam, jurnalisme, teater, agama, dan lainnya.


Demikian Pembahasan Tentang Ekstrakurikuler: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */