Materi Evaluasi

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Evaluasi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: menurut para ahli, tujuan, jenis dan tahapan.

Evaluasi

Pengertian Evaluasi

Evaluasi merupakan suatu proses identifikasi guna mengukur atau menilai apakah suatu pekerjaan atau sebuah program yang dilakukan sesuai dengan perencanaan atau destinasi yang hendak dicapai.

Evaluasi pun sangat diperlukan dalam sekian banyak bidang kehidupan insan sehingga menambah efektivitas dan produktivitas, baik dalam lingkup individu, kelompok, ataupun lingkungan kerja.

Adapun sejumlah informasi yang diperoleh dari suatu proses penilaian ialah inilah ini :

  • Tingkat peradaban suatu aktivitas.
  • Tingkat pencapaian suatu kegiatan sesuai dengan tujuannya.
  • Hal-hal yang mesti dapat dilaksanakan di masa yang bakal datang.

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Agar lebih mengetahui apa tersebut evaluasi, maka saya dan anda bisa merujuk pada pendapat beberapa berpengalaman yakni :


1. Menurut Anne Anastasi

Evaluasi merupakan suatu proses sistematis guna menilai sejauh mana destinasi instruksional dijangkau oleh seseorang. Evaluasi ini pun adalahsuatu pekerjaan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah menurut destinasi yang jelas.


2. Menurut Sajekti Rusi

Evaluasi yaitu sebuah proses menilai sesuatu, yang mencakup pemaparan tingkah laku murid baik secara kuantitatif (pengukuran) maupun kualitatif (penilaian).


3. Menurut Suharsimi Arikunto

Evaluasi adalah suatu serangkaian pekerjaan yang bertujuan guna mengukur tingkat keberhasilan sebuah program pendidikan.


4. Menurut A.D Rooijakkers

Evaluasi yaitu suatu usaha atau proses dalam menilai nilai-nilai. Secara khusus penilaian atau penilaian pun dapat ditafsirkan sebagai sebuah proses pemberian nilai menurut data kuantitatif hasil pengukuran untuk kebutuhan pengambilan keputusan.


5. Menurut Norman E. Gronlund

Evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis untuk dapat menilai atau menciptakan keputusan hingga sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dijangkau siswa


6. Menurut Abdul Basir

Evaluasi adalah suatu proses pendataan data yang deskriptif, informative, prediktif, dilakukan secara sistematik dan bertahap guna menilai kearifan dalam usaha membetulkan pendidikan.


7. Menurut William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann

Evaluasi ialah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan meluangkan sebuah informasi yang sangat dibutuhkan untuk menciptakan alternatif-alternatif keputusan.


Tujuan Evaluasi

Evaluasi dapat dilaksanakan bukan tanpa tujuan, namun ada hal-hal yang ingin dijangkau melalui pekerjaan ini. Secara khusus, adapun sejumlah tujuan penilaian ialah inilah ini :

  • Untuk dapat memahami seberapa baik tingkat penguasaan seseorang terhadap sebuah kompetensi yang sudah ditetapkan.
  • Untuk dapat mengetahui apa saja kendala yang telah dirasakan seseorang dalam sebuah kegiatannya sampai-sampai dapat dilaksanakan diagnosis dan bisa jadi memberikan remedia teaching.
  • Untuk dapat memahami tingkat efisiensi dan efektivitas sebuah metode, media, dan sumber daya lainnya dalam mengemban suatu kegiatan.
  • Sebagai umpan balik dan sebuah informasi penting untuk para pelaksana penilaian untuk memperbaiki kelemahan yang dimana urusan itu dapat dijadikan sebagai acuan dalam memungut keputusan di masa yang bakal datang.

Tujuan penilaian telah diajukan oleh sejumlah sumber dari semua ahli. Berikut tujuan-tujuan penilaian dari sekian banyak sumber diantaranya :


  • Suprihanto

Berdasarkan keterangan dari Suprihanto ada 3 tujuan penilaian pada organisasi diantaranya :

  1. Sebagai perangkat dalam perbaikan dan perencanaan sebuah kegiatan.
  2. Memperbaiki pemakaian dan penyediaan sekian banyak sumber daya, sumber dana, dan manajemen di masa yang bakal datang.
  3. Memperbaiki suatu proses pengamalan dan segala hal yang berpengaruh.
  4. Merencanakan ulang sebuah porgam dengan mengontrol kebersangkutanan pada evolusi yang sudah terjadi pada program sebelumnya.
  5. Mengukur sebuah progress yang sudah direncanakan.

  • Terry

Terry melafalkan tujuan penilaian pada manajemen organisasi yakni inilah ini :

  1. Sebagai perangkat dalam membetulkan suatu kepandaian bersangkutan pekerjaan dan rencana yang sudah ada.
  2. Memperbaiki pengalokasian sebuah sumber daya.
  3. Mengkontrol dan membetulkan suatu pekerjaan yang tengah berjalan.
  4. Merencanakan ulang dengan lebih baik akan suatu program.

  • Arikunto

Berdasarkan keterangan dari Arikunto penilaian mempunyai dua destinasi yakni secara umum dan khusus. Tujuan secara umum menitikberatkan pada sebuah program secara menyeluruh. Tujuan secara khusus konsentrasi pada masing-masing komponen dalam manajemen sebuah organisasi.

Terdapat 4 kepandaian yang bisa diterapkan yang didasarkan dari hasil penilaian yaitu inilah ini :

  • Penghentian sebuah program dengan pertimbangan bahwa sebuah program itu tidak memiliki guna maupun tidak cocok rencana awal.
  • Melakukan revisi terhadap sebuah program bilamana ada bagian yang tidak cocok dengan perencanaan.
  • Melanjutkan sebuah program andai suatu progam berjalan cocok dengan perencanaan dan menghasilkan manfaat.
  • Menduplikasi sebuah program dengan menjalankan progran di sekian banyak tempat atau mengulangi sebuah program di masa-masa yang bertolak belakang karena program sebelumnya dirasakan berhasil.

Fungsi Evaluasi

Aktivitas penilaian juga memiliki sejumlah fungsi yang bermanfaat untuk para pihak yang mengerjakan evaluasi.

Adapun sejumlah fungsi penilaian ialah inilah ini :


1. Fungsi Selektif

Fungsi selektif ialah faedah yang dapat menyeleksi seseorang apakah mempunyai komptensi yang cocok dengan standar yang ditetapkan. Contohnya saja bisa menilai seseorang diterima kerja atau tidak, menilai seseorang naik jabatan atau tidak, dan lainnya.


2. Fungsi Diagnosa

Fungsi diagnosa ini bertujuan guna mengetahui keunggulan dan kelemahan seseorang di dalam bidang kompetensi tertentu. Contohnya saja guna mengetahui keunggulan dan kelemahan seorang murid dalam bidang studi yang didapatkannya di sekolah.


3. Fungsi Penempatan

Fungsi penempatan ini bertujuan untuk memahami di mana posisi terbaik seseorang dalam sebuah bidang tertentu. Contohnya saja untuk memahami posisi terbaik seorang karyawan cocok dengan bidangnya di dalam sebuah perusahaan.


4. Fungsi Pengukuran Keberhasilan

Dalam urusan ini, penilaian ini dapat bermanfaat untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah program, tergolong metode yang dipakai, pemakaian sarana, dan pencapaian tujuan.


Jenis-Jenis Evaluasi

Berdasarkan keterangan dari Waktu Pelaksanaan evaluasi dipecah menjadi 2 jenis yakni :

  1. Evaluasi Formatif ialah penilaian yang dijalankan ketika pelaksanaan dan konsentrasi pada program prioritas melewati perbaikan destinasi pelaksanaan. Hasil penilaian ini seringkali meliputi persoalan dalam pelaksanaan.
  2. Summatif yaitu penilaian yang diterapkan ketika pelaksanaan dan konsentrasi terhadap sebuah program prioritas sudah usai dilakukan. Evaluasi ini pun mempunyai tujuan dalam evaluasi hasil pelaksanaan. Hasil penilaian summatif ini mencakup pencapaian prioritas dari pelaksanaan/kegiatan prioritas.

Berdasarkan Tujuannya maka penilaian dibagai menjadi 4 jenis diantaranya :

  1. Evaluasi Formulasi yaitu penilaian yang dapat dilaksanakan dengan mengkaji pulang formulasi apakah formulasi berhubungan dengan penyusunan kepandaian maupun pekerjaan telah dibentuk dengan cara yang sesuai.
  2. Jenis Evaluasi Proses ialah penilaian yang dapat dilakukan untuk memahami apakah pekerjaan prioritas cocok dengan destinasi yang ditetapkan.
  3. Kegiatan Evaluasi Biaya ialah evaluasi yang ditujukan untuk memahami apakah ongkos prioritas dalam rangka pencapaian tujuan sudah ditetapkan.
  4. Evaluasi Dampak adalah suatu penilaian yang bisa mengkaji berhubungan pengaruh dan kebermanfaatan yang diserahkan dari program prioritas yang sudah disepakati sebelumnya.

Tahapan Evaluasi

Dalam sebuah kegiatan penilaian terdapat sejumlah tahapan urgen yang saling menyokong satu sama lainnya. Tahapan-tahapan penilaian tersebut merupakan sebagai inilah :

  1. Menentukan topik penilaian yakni suatu pekerjaan penentuan topik yang bakal dievaluasi. Contohnya : penilaian hasil kerja, atau penilaian rencana kerja.
  2. Merancang pekerjaan evaluasi ialah suatu pekerjaan mendesain suatu proses penilaian sehingga dalam pelaksanaannya tidak melewatkan hal-hal yang penting.
  3. Pengumpulan data yaitu suatu pekerjaan mengumpulkan dan menulis setiap informasi cocok dengan perencanaan menurut kaidah-kaidah ilmiahnya.
  4. Pengolahan dan analisis data ialah suatu pekerjaan mengolah informasi dengan teknik mengelompokkan data agar lebih gampang dalam mengerjakan analisis, serta menilai tolak ukur masa-masa sebagai hasil evaluasi.
  5. Pelaporan hasil evaluasi ialah sesuatu urusan dalam menciptakan laporan hasil evaluasi supaya diketahui oleh semua pihak-pihak yang berkepentingan.

Demikian Pembahasan Tentang Fungsi Evaluasi: Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Jenis dan Tahapan dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */