Materi Seni

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Seni? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, fungsi, manfaat, beserta macam-macamnya.

Seni

Pengertian Seni

Seni adalah karya manusia yang dibuat dari ide dan kehendak diri sendiri, memiliki nilai keindahan dan dapat membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata Sansekerta sani dan berarti ibadah, persembahan dan layanan ibadah yang terkait erat dengan upacara keagamaan yang disebut seni. Menurut Padmapusphita, di mana seni berasal dari Belanda, genius dalam bahasa Latin disebut genius, yang berarti bahwa keterampilan luar biasa lahir sejak lahir. Sementara itu, menurut European Science, seni ini berasal dari kata art, yang berarti makna visual, media yang melakukan kegiatan tertentu.


Fungsi dan Manfaat Seni

Fungsi dibagi menjadi dua kelompok sebagai berikut, yaitu fungsi individu dan fungsi sosial:


1. Fungsi individual

Fungsi individu adalah fungsi seni yang berguna untuk kebutuhan pribadi individu. Ada dua jenis fungsi seni untuk individu, yaitu:


  • Berfungsi untuk memenuhi kebutuhan fisik

Pada dasarnya, orang-orang adalah homofabers yang dapat menghargai keindahan dan penggunaan berbagai hal. Seni terapan mengacu pada pemuasan kebutuhan fisik, sehingga aspek kenyamanan menjadi hal yang penting.


  • Berfungsi untuk memenuhi kebutuhan emosional

Seseorang yang memiliki kualitas berbeda dengan orang lain. Pengalaman hidup seseorang sangat memengaruhi sisi atau perasaan emosional. Misalnya perasaan sedih, lelah, lelah, gembira, sayang, sayang, benci, cinta dll. Manusia bisa merasakan semuanya karena mengandung dorongan emosi yang mewakili situasi mental pada setiap orang normal. Untuk memenuhi kebutuhan emosional orang, perlu ada dorongan dari luar yang menyenangkan dan memuaskan kebutuhan batin mereka.

Misalnya, karena aktivitas dan aktivitas sehari-hari mereka mengalami kelelahan yang memerlukan istirahat, seperti: Film di bioskop, hiburan teater dan musik. Seseorang yang lebih estetis daripada dia lebih puas. Sedangkan seorang seniman adalah orang yang bisa menghargai pengalaman dan perasaannya dalam sebuah karya seni yang telah ia ciptakan. Dia juga melihat ini sebagai cara untuk memuaskan kebutuhan emosionalnya.


2. Fungsi sosial

Fungsi sosial adalah fungsi seni yang berguna untuk memenuhi kebutuhan sosial individu. Ada berbagai jenis fungsi seni sebagai fungsi sosial, termasuk yang berikut:


  • Fungsi keagamaan / keagamaan

Karya seni sebagai pesan agama atau agama. Contoh: kaligrafi, pakaian Muslim / Muslim dan lagu-lagu spiritual. Seni juga sering digunakan untuk upacara kelahiran, kematian, pernikahan, dll. Misalnya: Gamelan pada upacara pemberian di Bali (Gamelan Luwang, Angklung dan Xylophon)


  • Fungsi pendidikan

Seni sebagai media pendidikan dapat dilihat dalam musik, misalnya dalam ansambel karena ada kerja sama, atau Angklung dan Gamelan juga memiliki nilai pendidikan karena mereka memiliki nilai sosial, kerja sama dan disiplin. Karya seni yang sering digunakan untuk pengajaran / pendidikan, seperti E.g. gambar ilustrasi buku teks, film ilmiah / dokumenter, poster, lagu anak-anak, alat bantu pengajaran dll.


  • Fungsi komunikasi

Seni dapat digunakan sebagai alat komunikasi seperti kritik sosial, ide, pedoman dan pengenalan produk kepada publik. dapat dilihat di wayang kulit, pertunjukan boneka dan seni teater atau poster, komedi dan papan iklan.


  • Fungsi rekreasi / hiburan

Seni yang berfungsi sebagai sarana mengurangi kebosanan atau mengurangi kesedihan, yang secara khusus


  • Fungsi artistik

Seni yang bertindak sebagai media ekspresi bagi seniman ketika mempresentasikan karya mereka tidak dimaksudkan untuk tujuan komersial, seperti: peserta pameran musik, konten tari, dan konten seni yang bagus. (Seni pertunjukan yang tidak dapat dinikmati pendengar / pengunjung hanya dapat dinikmati oleh seniman dan komunitas mereka)


  • Fungsi (seni terapan)

Karya seni yang dibuat tanpa memperhitungkan penggunaannya, selain sebagai alat ekspresi (seni murni) atau bahkan selama proses penciptaan, memperhitungkan aspek penggunaannya, seperti: Misalnya: peralatan rumah tangga yang terbuat dari keramik atau rotan.


  • Fungsi kesehatan (terapi)

Seni sebagai fungsi kesehatan, seperti perawatan pasien dengan kelainan fisik atau medis yang dirangsang oleh terapi musik (disesuaikan dengan latar belakang pasien). Musik yang terbukti telah terbukti menyembuhkan orang dengan autisme, gangguan trauma psikologis di suatu acara, dll. Pada tahun 1999, Siegel menjelaskan bahwa musik klasik menciptakan gelombang alfa yang menenangkan yang dapat merangsang sistem limbik traksi neuron otak, dan Gamelan, menurut Gregorian , bisa mempertajam pikiran.


Macam-Macam Seni

Secara umum, seni dibedakan menurut makna penerapannya, yaitu seni audio, seni visual dan seni audiovisual.

  1. Seni audio adalah seni yang ditangkap oleh indera pendengaran. Misalnya: musik atau seni suara, radio play, puisi di radio dan lain-lain.
  2. Seni visual adalah seni yang diserap oleh indra penglihatan. Biasa dikenal sebagai seni rupa.
  3. Seni audiovisual adalah seni yang secara bersamaan diserap oleh indera pendengaran dan penglihatan. Misalnya: tari, drama / teater, film dan lainnya.

Ada juga seni lain yang tidak ditekankan dalam hal penerapannya, yaitu seni sastra. Seni sastra meliputi seni dalam bentuk prosa seperti romansa, novel, cerpen, dan lainnya. Dan seni dalam bentuk puisi seperti puisi, sajak, Gurindam dan puisi dalam bentuk bebas lainnya.


1. Macam-macam pengelompokan seni:


1. Seni

Seni rupa adalah suatu bentuk karya manusia yang mengandung unsur keindahan. Keindahannya diserap oleh indera penglihatan, seperti: lukisan, patung, patung, grafik, seni lingkungan (seni lingkungan), seni instalasi, seni pertunjukan (seni pertunjukan), seni acara (seni pertunjukan) dan sebagainya. Kesenangan muncul melalui integrasi elemen bentuk karya, seperti warna yang berbeda, garis bolak-balik, berbagai bentuk bidangnya, kesamaan bentuk objek yang diwakilinya dengan lukisannya, aspek tematik yang diungkapkannya, keunikan, tekstur, dll. Sedangkan keindahan dalam arti paling sederhana adalah sesuatu yang memberi seseorang yang melihatnya tanpa pamrih. Kesenangan yang diciptakannya muncul segera karena keindahan dari pekerjaan itu sendiri, bukan karena ada minat lain yang membuatnya terasa enak.


2. Seni musik

Musik atau seni suara adalah seni yang diambil oleh indera pendengaran. Rangkaian nada yang didengar dapat memberikan rasa sukacita dan kepuasan bagi mereka yang mendengarnya, karena pengaturan serangkaian skala skala harmonis.

Pada dasarnya ada dua jenis musik, musik vokal dan musik instrumental. Musik vokal adalah musik yang hanya didasarkan pada suara manusia, sedangkan musik instrumental adalah musik yang diperoleh dengan memainkan alat musik.


3. Seni tari

Tarian adalah seni yang diserap oleh indera penglihatan. Namun, kekhasannya adalah keindahan gerakan tubuh, terutama gerakan kaki dan tangan, dengan irama teratur yang biasanya mengikuti irama musik. Tarian juga terkait erat dengan seni visual, karena gerakan yang ditampilkan diserap oleh indra penglihatan.


4. Seni / teater dramatis

Seni drama / teater adalah seni peran atau permainan yang umumnya dilakukan di atas panggung. Seni ini dinikmati bersamaan dengan indera penglihatan dan pendengaran. Dalam istilah lain, drama juga disebut seni teater (panggung). Secara umum, ini adalah gambar dari peristiwa atau konsepsi duniawi yang direproduksi di atas panggung. Keindahan drama ini terletak pada keakuratan aksi yang dilakukan para pemain di atas panggung.

Saini KM menulis dalam bukunya Theatre (1996) bahwa seni teater adalah seni dari dunia yang sedang berkembang, yaitu ambang batas untuk melihat persepsi sensorik dari kehidupan sehari-hari dan juga melihat dunia nilai-nilai.


5. Seni sastra

Seni sastra adalah seni yang diekspresikan melalui pengaturan berbagai bahasa lisan dan tulisan yang dapat memberikan kesenangan tanpa syarat kepada orang-orang yang membacanya. Secara garis besar, seni sastra dapat dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu prosa dan puisi. Prosa adalah seni sastra yang mencoba menggambarkan situasi, keinginan atau ide secara detail. Sedangkan puisi adalah seni yang cenderung menyederhanakan deskripsi dengan memahami esensi masalah yang ingin diekspresikan.


Demikian Pembahasan Tentang Seni: Pengertian, Fungsi, Manfaat, Beserta Macam-Macamnya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */