Materi HUB

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi HUB? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain:

HUB

Pengertian HUB

Hub atau Pusatan Ethernet merupakan sebuah peranti jaringan komputer yang bermanfaat untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel ethernet atau serat optik supaya dapat dipakai sebagai satu petak jaringan (network segment).

HUB bekerja pada sebuah lapisan wujud (lapis 1) dalam acuan OSI (OSI model). HUB ini dipakai untuk bisa mengalirhantarkan sejumlah data dari pemakai layanan (client).

HUB adalah  suatu perlengkapan pada jaringan komputer yang mempunyai faedah untuk bisa menyambungkan sejumlah perangkat-perangkat dengan kabel Ethernet atau pun serat optik agar dapat tersambung dalam suatu jaringan (network segment).


Fungsi HUB

  • Memfasilitasikan peningkatan penghilangan ataupun pun penambahan workstation.
  • Menambah sebuah jarak network (memiliki faedah sebagai repeater).
  • Menyediakan atau pun memfasilitasi fleksibilitas dengan mendukung interfaceyang bertolak belakang (Ethernet, Toket ring dan FDDI)
  • Menawarkan feature-featur yang fault tolerance (Isolasi Kerusakan).
  • Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic).

Jenis-Jenis HUB

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis HUB, terdiri atas:


1. HUB Aktif

HUB aktif yakni salah satu format HUB yang mempunyai suatu keterampilan untuk bisa memperkuat sinyal dalam suatu jaringan atau dinamakan dengan repeat.

HUB aktif ini sangat bermanfaat untuk bisa menghubungkan dua unit komputer atau pun lebih dengan jarak yang lumayan jauh.


2. HUB Pasif

HUB pasif yaitu sebuah HUB yang bertugas melulu dengan menyalurkan sinyal transmisi yang masuk ke port port komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan.

HUB pasif ini biasa dipakai untuk dapat meningkatkan unit komputer yang terhubung dengan kriteria jarak unit komputer dengan sebuah komputer lainnya tidak terlampau jauh.


Kelebihan HUB (Network Hub)

  • HUB tergolong dalam Layer 1 dalam OSI model (physycal layer)
  • HUB mempunyai tidak sedikit port
  • User HUB dapat mengerjakan sharing dengan jaringan yang sama.

Kekurangan HUB (Network Hub)

  • HUB tidak dapat menyimak paket data-data
  • HUB tidak dapat mengetahui sumber dan destinasi data
  • Kecepatan dalam komunikasi mesti dipecah dengan komputer beda yang menjalankan sharing.

Cara Kerja HUB (Network Hub)

Hub ini bekerja dengan teknik menerima suetu data dari perlengkapan yang terhubung ke dalam port-nya dan akan mengantarkan ke sekian banyak perangkat beda yang telah terhubung ke port hub tersebut.

Hub tidak mendeteksi tujuan ekspedisi data, jadi hub akan mengantarkan data ke semua perlengkapan yang terhubung pada hub, tidak laksana halnya switch yang akan mengantarkan data ke melulu ke tujuannya saja.

Hal itu dapat menciptakan pengiriman sebuah data melewati hub tidak begitu tepat guna karena hub mengantarkan data ke seluruh port secara bersama-sama.

Hal ini akan menciptakan pemakaian bandwidth jaringan yang meningkat. Oleh sebab itu seringkali kalau kita memakai hub, maka koneksi pada komputer menjadi lambat.

Pada permasalahan menghubungkan 2 komputer kita lumayan perlu memakai kabel UTP saja, maka kedua komputer itu akan sudah dapat terhubung.

Namun pada permasalahan komputer yang lebih banyak, andaikan saja 10 komputer maka kita memerlukan hub ini guna mengirim data dari komputer yang satu dan langsung diteruskan ke 9 komputer lainnya.

Ketika hub menerima paket data dari 1 komputer tersebut, maka informasi akan diantarkan ke 9 komputer lainnya, meskipun barangkali data pada hub itu akan diteruskan ke semua perlengkapan yang terhubung pada hub tersebut.

Pada prakteknya data melulu dapat diproses pada salah satu perlengkapan yang menjadi destinasi paket data tersebut.

Dengan demikian saat hub akan mengantarkan data pada semua perlengkapan yang terhubung maka bandwidth jaringan nantinya bakal overload, sebagai akibatnya kecepatan akses data pada jaringan bakal melambat.

Hub ini memang paling efektif guna dapat menghubungkan jumlah komputer yang tidak terlampau banyak. Namun saat jumlah komputer yang telah dihubungkan ke lebih tidak sedikit lagi, maka hub ini bakal menjadi tidak sedikit kendala. Pada ketika itulah perlengkapan seperti switch ini jauh lebih tidak sedikit digunakan.


Demikian Pembahasan Tentang 2 Jenis-Jenis HUB: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */