Materi Seni Rupa

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Seni Rupa? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, unsur, fungsi dan macamnya.

Seni-Rupa

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk seni dengan media yang digenggam oleh mata dan dirasakan dengan kebijaksanaan. Seni rupa juga ditafsirkan sebagai menciptakan kualitas, hasil, ekspresi atau keindahan alam atau sesuatu di luar keasliannya, dan sebagai objek klasifikasi berdasarkan kriteria tertentu yang telah dibuat dalam struktur sehingga mereka dapat digunakan dengan indera mata dan mata. Sentuhan bisa dinikmati.


Unsur-Unsur Seni Rupa

Seni rupa terdiri dari beberapa elemen yang membentuk satu kesatuan, sehingga dapat dinikmati secara keseluruhan. Unsur-unsur seni adalah unsur-unsur yang dengannya suatu karya seni diciptakan. Unsur-unsur seni adalah sebagai berikut:


1. Titik

Titik adalah elemen dasar dari karya seni terkecil. Semua bentuk produksi dimulai dari titik tersebut. Sehingga intinya adalah pusat perhatian. Titik yang diperbesar disebut titik.


2. Garis

Adalah batas suatu objek, permukaan, ruang, tekstur, warna, dll. Garis memiliki dimensi yang memanjang ke arah tertentu, sifat-sifat seperti panjang, pendek, lurus, tipis, tebal, vertikal, horizontal, halus, melengkung , bergelombang, miring, putus-putus dan banyak properti lainnya. Baris ini memberi kesan simbolis, gerakan, ide dan sebagainya.


3. Bidang

Elemen ini merupakan pengembangan dari penampilan garis, yaitu kombinasi garis dalam kondisi tertentu. Lapangan dapat diamati secara visual pada objek alami dan karya seni yang dihasilkan. Karena bentuknya, bidang terdiri dari bidang biomorfik, geometris, sudut dan tidak teratur. Ladang juga dibentuk oleh pertemuan ujung garasi Anda karena cor warna.


4. Bentuk

Bentuk adalah bentuk yang ada di alam dan terlihat nyata. Bentuk dapat berarti bentuk, yaitu bentuk objek sederhana yang muncul tanpa perasaan atau yang kebetulan hadir hanya dapat dilihat dengan menyebutkan sifatnya, seperti: Misalnya: dekoratif, bulat, panjang, tidak beraturan, persegi dan sebagainya. Dan bentuk plastik atau dalam bentuk bahasa Inggris, yaitu bentuk benda yang dapat dilihat dan dirasakan karena memiliki unsur nilai benda, seperti: lemari.


5. Tekstur

Tekstur adalah properti permukaan benda apa pun yang dapat dilihat saat disentuh. Di mana alam tampak mulus, kusam, kasar, licin, mengkilap dan lainnya. Sifat-sifat ini dapat dirasakan melalui indera penglihatan dan juga dengan palpasi. Tekstur dibagi menjadi dua, yaitu tekstur nyata, di mana tekstur permukaan menunjukkan kesan aktual, dan tekstur pseudo (virtual), di mana kesan permukaan dapat bervariasi antara tampilan dan palpasi. Tekstur digunakan untuk memberikan karakter tertentu pada permukaan yang dapat menciptakan nilai estetika.


6. Warna

Berdasarkan cahaya, warna dari tujuh spektrum warna dapat dilihat dalam fisika. Sementara secara teori warna diperiksa dengan dua pendekatan, salah satunya dengan teori pigmen warna (Goethe), yaitu butiran warna halus. Adapun beberapa istilah dalam teori warna pigmen, termasuk:

  • Warna primer atau warna primer, terdiri dari merah, biru dan kuning.
  • Sekunder adalah warna yang diperoleh dari campuran dua warna primer seperti oranye, hijau dan ungu.
  • Warna campuran dari dua warna sekunder tersier.
  • Analogus adalah serangkaian warna yang terletak berdampingan di roda warna atau berdekatan, seperti dalam rangkaian dari hijau ke kuning.
  • Warna yang kontras adalah komplementer dan terletak berseberangan dalam roda warna, seperti merah dengan hijau, kuning dengan ungu.

7. Gelap terang

Gelap terang dalam karya seni dua dimensi digunakan untuk menggambarkan objek seolah-olah mereka adalah gambar tiga dimensi yang memberi kesan ruang / kedalaman dan memberikan gambar kontras. Teknik chiaroscuro dapat dibagi menjadi dua bagian, chiaroscuro, yang merupakan transisi atau gradasi bertahap, dan siluet, yang merupakan bayangan tanpa transisi atau gradasi bertahap


8. Ruang atau kedalaman

Dalam karya seni tiga dimensi, ruang itu bisa dirasakan langsung oleh penikmat seni seperti ruangan di gedung, rumah, sekolah dan lain-lain. Elemen ruang dalam karya seni dua dimensi adalah pseudo / virtual karena diperoleh melalui representasi yang tampak cekung, pipih, menonjol, pipih, cembung, dll.


Fungsi Seni Rupa

Berikut ini terdapat beberapa fungsi seni rupa, antara lain:


1. Fungsi individual


  •  Berfungsi untuk memenuhi kebutuhan fisik

Pada dasarnya, orang-orang adalah homofabers yang dapat menghargai keindahan dan penggunaan berbagai hal. Seni terapan mengacu pada kepuasan kebutuhan fisik, jadi kenyamanan itu penting. Misalnya arsitektur, seni furnitur, pakaian / tekstil, kerajinan tangan dll.


  • Berfungsi untuk memenuhi kebutuhan emosional

Setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda dari orang lain. Pengalaman setiap orang sangat berbeda untuk mempengaruhi emosi atau perasaan mereka. Misalnya perasaan sedih, gembira, lelah, kasihan, cinta, benci dll. Orang bisa merasakan semuanya karena ada dorongan emosional di dalamnya, karena itu adalah situasi mental pada setiap orang normal. Untuk memenuhi kebutuhan emosional orang, perlu ada dorongan dari luar yang menyenangkan dan memuaskan kebutuhan batin mereka. Misalnya, kelelahan yang membutuhkan relaksasi seperti teater, kunjungan uskup, konser, pameran seni, dll.


2. Fungsi sosial


  • Fungsi sosial seni di bidang rekreasi

Banyak aktivitas seseorang membuat mereka merasa kenyang, sehingga orang perlu menyebar, mis. B. percikan di tempat-tempat rekreasi (rekreasi alam). dan seni rupa serta benda-benda rekreasi seperti seni teater, pameran lukisan, pertunjukan musik dan pameran bonsai. Arti seni rekreasi adalah seni yang menciptakan kondisi yang menyebar dan memperbarui kondisi yang ada.


  • Fungsi sosial seni dalam komunikasi

Setiap orang harus berkomunikasi dengan bahasa karena itu adalah sarana komunikasi paling efektif yang mudah dipahami. Namun, bahasa memiliki keterbatasan karena tidak semua bahasa dapat dipahami oleh semua orang di dunia karena bahasa masing-masing negara berbeda. Oleh karena itu, bahasa universal diperlukan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Berdasarkan pernyataan-pernyataan ini, diasumsikan bahwa seni memainkan peran sebagai bahasa universal. Shakespare berkomunikasi dengan puisinya seperti seorang afandi yang berkomunikasi dengan lukisannya di seluruh dunia. Dengan menggunakan contoh-contoh konkret ini, seni dapat menembus batas-batas verbal serta perbedaan eksternal semua.


  • Peran sosial dalam pendidikan

Pendidikan dalam arti luas adalah negara yang mengalami transformasi, yang mengarah pada kenyataan bahwa kondisi tertentu lebih maju. Seni dapat menyampaikan pendidikan karena setiap pertunjukan seni menyampaikan makna. Seni bermanfaat untuk membimbing dan mendidik perubahan mental dan perilaku seseorang dalam kondisi yang lebih maju daripada sebelumnya. Dari ini, seni ini mempromosikan pengalaman estetika dan etika.


  • Fungsi sosial dari seni spiritual

Menurut Kar Barth, keindahan ini berasal dari Tuhan. Agama adalah salah satu sumber inovasi seni yang melayani tujuan keagamaan. Pengalaman keagamaan menggambarkan bentuk nilai estetika.

Tidak hanya itu, fungsi seni dapat dilihat di bawah …

  • Puaskan Pencipta Batin sang Pencipta atau berikan kepuasannya sendiri
  • Memberikan keindahan yang banyak digunakan karena peringkat yang berbeda.
  • Mengkomunikasikan nilai-nilai budaya dan bentuk ekspresi seniman
  • Sebagai benda kebutuhan sehari-hari atau benda praktis
  • Sebagai media atau alat untuk memperingati peristiwa tertentu
  • Sebagai sarana ritual keagamaan.

Macam-Macam Seni Rupa 

Jenis seni dikelompokkan sesuai dengan bentuk, massa dan fungsinya sebagai berikut.


1. Jenis seni visual berdasarkan penampilannya

  • Seni dua dimensi adalah seni visual dengan dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Seni dua dimensi hanya bisa dilihat dari satu arah, yaitu dari depan. Contoh seni visual dua dimensi adalah seni lukis, seni batik, sketsa dan seni ilustrasi.
  • Seni visual tiga dimensi adalah seni visual yang memiliki tiga ukuran panjang, lebar dan tinggi atau tebal (memiliki volume). Hasil seni dapat dinikmati atau dijalani dari segala arah. Contoh seni visual tiga dimensi adalah kerajinan tangan, seni taman, arsitektur, dekorasi dan lain-lain.

2. Jenis seni berdasarkan waktu

  • Seni tradisional adalah seni visual yang dibuat dengan pola, aturan, atau aturan tertentu sebagai panduan untuk penciptaan seni dan dilakukan berulang kali tanpa mengubah bentuk aslinya. Aturan umum mengenai penciptaan bentuk, bentuk, pola, penggunaan warna, bahan dan ukuran, misalnya aspek karya seni visual tradisional, telah dipertahankan dari generasi ke generasi hingga saat ini. Jadi seni ini statis; bentuk dan gaya tidak berubah sejak masa lalu.
  • Seni modern adalah karya seni yang ditandai dengan munculnya kreativitas untuk menceritakan hal-hal baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Unsur pembaruan menjadi sangat penting dan harus tersedia untuk menyediakan karya seni modern yang mengutamakan aspek kreativitas dalam menciptakan karya baru. Sehingga seni modern lebih individualistis. Contoh-contoh seni modern dalam bentuk lukisan, grafik, patung dan kerajinan tangan.
  • Seni kontemporer adalah sebuah karya seni yang penampilannya dipengaruhi oleh waktu karya seni itu diciptakan. Seni kontemporer adalah seni kontemporer dan temporer dari seni kontemporer tentang situasi dan kondisi di mana karya itu diciptakan, yang merupakan hal yang normal untuk ekspresi pribadi seniman dan yang mengekspresikan kekuatan imajinasi, imajinasi dan harapan harapan yang terkait dengan situasi dan kondisi ketika karya itu dibuat.

3. Jenis seni visual berdasarkan fungsinya

  • Seni visual terapan adalah seni yang disajikan untuk alasan praktis. Karya yang digunakan oleh benda-benda yang memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti senjata, poster, keramik, rumah dan lainnya.
  • Seni rupa adalah karya seni yang tidak diciptakan untuk tujuan penggunaan, melainkan untuk mengekspresikan ide-ide penciptanya dan hanya untuk memprioritaskan nilai keindahan. Seni visual terapan, gratis untuk semua orang yang mengekspresikan keinginan, harapan, impian, dan delusi dalam seninya.

Demikian Pembahasan Tentang Seni Rupa adalah: Pengertian, Unsur, Fungsi dan Macamnya dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */