Materi Gejala Sosial

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Gejala Sosial? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, faktor, macam, contoh dan dampak.

Gejala-Sosial

Pengertian Gejala Sosial

Fenomena sosial adalah masalah sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh perilaku manusia di lingkungannya. Fenomena sosial adalah fenomena sosial, yaitu gejala atau peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial.

Salah satu fenomena sosial dalam kehidupan kita sehari-hari adalah adanya masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

Munculnya fenomena sosial di masyarakat diawali dengan perubahan sosial. Perubahan sosial tidak bisa dihindari, tetapi orang masih bisa mengantisipasinya. Perubahan sosial berdampak. Baik yang positif maupun yang negatif, jadi kita harus berhati-hati dengan perubahan yang terjadi.


Faktor Penyebab Gejala Sosial

Keberadaan fenomena sosial dalam komunitas ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk:

1. Faktor budaya, yaitu nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam komunitas atau komunitas. Beberapa contoh fenomena sosial berdasarkan faktor budaya termasuk kemiskinan, pengabdian masyarakat, perilaku menyimpang, dll.


2. Faktor struktural, yaitu keadaan yang mempengaruhi struktur, struktur yang dimaksud adalah sesuatu yang diatur oleh pola tertentu. Faktor struktural dapat dilihat dari pola hubungan antara individu dan kelompok yang terjalin dalam komunitas. Contoh fenomena sosial yang dipengaruhi oleh faktor struktural adalah jangkauan sosial, interaksi dengan orang lain dan orang lain.


Macam-macam Bentuk Gejala Sosial

Adapun jenis atau jenis bentuk gejala sosial, termasuk:


1. Gejala sosial ekonomi

Tingkat penghasilan seseorang dapat menyebabkan gejala sosial di masyarakat. Dari sudut pandang ekonomi, fenomena sosial sangat terkait dengan ekonomi masyarakat. Jika ada seseorang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan, ada beberapa fenomena sosial di lingkungan. Dari perspektif ekonomi, fenomena sosial dalam masyarakat termasuk kemiskinan, pengangguran, masalah populasi, dll.


2. Gejala sosial budaya

Indonesia memiliki beragam budaya, jadi kita harus saling menghormati budaya masing-masing. Jangan melanggar batas yang sama ketika datang ke perbedaan budaya. Tidak hanya di negara sendiri, perbedaan budaya dari negara lain harus dihormati. Keragaman budaya yang mengelilingi kita juga dapat menyebabkan gejala sosial seperti pemalsuan budaya asing yang negatif, kenakalan remaja, dll.


3. Gejala sosial dari lingkungan alam

Fenomena sosial di lingkungan alam menyangkut aspek kesehatan. Seseorang yang terkena penyakit ini dapat menyebabkan gejala sosial di daerah tersebut. Contoh gejala sosial yang bisa ditimbulkan adalah penyakit menular, polusi dan sebagainya.


4. Gejala psikologis sosial

Perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh aspek psikologi. Jika seseorang memiliki gangguan kejiwaan, itu dapat menyebabkan gejala sosial di masyarakat, seperti: B. organisasi oleh jiwa, bid’ah dan sebagainya.


Contoh Gejala Sosial

Beberapa gejala atau masalah sosial yang sedang dihadapi banyak orang adalah:


1. Kemiskinan

Yaitu, situasi seseorang yang tidak dapat mempertahankan standar hidup kelompok dan yang tidak dapat menggunakan energi mental dan fisik dalam kelompok. Kemiskinan dipandang sebagai suatu kondisi di mana seseorang tidak memiliki kekayaan yang cukup untuk memenuhi standar hidup di lingkungannya. Masalah kemiskinan ini muncul secara sosiologis karena institusi sosial di sektor ekonomi tidak berfungsi dengan baik.


2. Kejahatan atau kriminalitas

Kejahatan muncul melalui peniruan, implementasi peran sosial, asosiasi yang berbeda, kompensasi, identifikasi, citra diri dan kekecewaan yang agresif. Kejahatan juga dapat dipicu oleh gaya hidup konsumsi yang tidak terkait dengan produktivitas.


3. Disorganisasi keluarga

Ini adalah divisi keluarga sebagai unit karena anggotanya gagal memenuhi tanggung jawab peran sosial mereka. Bentuk disorganisasi keluarga adalah keluarga yang tidak lengkap karena hubungan di luar nikah, perceraian, komunikasi yang buruk antara anggota keluarga, krisis keluarga karena kepala keluarga meninggalkan keluarga (seperti kematian, terpidana kejahatan atau perang), dan gangguan mental anggota keluarga.


4. Masalah generasi muda masyarakat modern

Ditandai dengan dua karakteristik yang berlawanan, yaitu keinginan untuk bertarung dan apatis. Keinginan untuk berperang terwujud dalam sikap radikalisme. Sementara itu, sikap apatis, misalnya, secara membabi buta disesuaikan dengan standar moral generasi yang lebih tua.


5. Perang

Merupakan bentuk konflik antar kelompok atau komunitas (termasuk negara) yang umumnya berakhir dengan penempatan.


6. Pelanggaran standar masyarakat

Merupakan pelanggaran norma dan nilai sosial yang biasanya terjadi di masyarakat. Contoh-contoh pelanggaran tersebut dapat mencakup pelacuran, kenakalan remaja, alkoholisme, korupsi, dan banyak lagi.


Dampak Gejala Sosial dalam Masyarakat

Munculnya perubahan sosial-budaya di masyarakat adalah hasil dari fenomena sosial. Efek dari fenomena sosial adalah positif dan negatif.


1. Efek positif dari gejala sosial

Kita harus bereaksi terhadap fenomena sosial di masyarakat. Jika kita terbuka dan dapat mengimbangi perubahan sosial budaya yang ada. Maka perubahan ini akan memiliki efek positif dan membawa kita keuntungan. Ini tercermin dalam kemajuan teknologi. Di bidang teknologi kita mengenal teknologi komunikasi seperti telepon, ponsel, telegram, e-mail dll. Dengan adanya alat komunikasi modern kita kemudian dapat melakukan interaksi jarak jauh tanpa harus bertemu secara pribadi.


2. Efek negatif dari gejala sosial

Seseorang yang tidak dapat menerima perubahan yang akan terjadi akan mengalami kejutan budaya. Karena itu, ketidakmampuan seseorang untuk menghadapi gejala sosial menyebabkan perilaku menyimpang.


Demikian Pembahasan Tentang Gejala Sosial: Pengertian, Faktor, Macam, Contoh dan Dampak dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */