Materi Humas

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Humas? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, tujuan, prinsip, contoh dan peranan.

Humas

Pengertian Humas

Humas adalah salah satu unsur dari organisasi yang bermanfaat untuk mengerjakan interaksi, hubungan, dan kerjasama dengan masyarakat yang berhubungan dengan organisasi tersebut.

Humas merupakan singkatan dari Hubungan Masyarakat atau dalam bahasa Inggris dinamakan dengan Public Relation (PR) yang bertanggungjawab dalam membina dan mempertahanan reputasi, citra, dan komunikasi yang baik dan berfungsi antara organisasi dan publik.


Tujuan Humas

  • Meningkatkan partisipasi, sokongan dan pertolongan secara konkret dari masyarakat baik tersebut berupa tenaga, sarana prasarana ataupun dana demi kelancaran dan tercapainya destinasi organisasi.
  • Merangsang dan membangunkan rasa tanggung jawab yang lebih banyak pada masyarakat terhadap kelangsungan program organisasi itu secara efektif dan efisien.
  • Mengikutsertakan masyarakat dalam memecahkan persoalan yang dihadapi.
  • Menegakkan dan mengembangkan citra yang menguntungkan untuk organisasi terhadap semua stakeholdernya dengan sasaran yang berhubungan yakni publik internal dan publik eksternal.
  • Membuka peluang lebih luas pada semua pemakai produk atau alumni dan pihak yang berhubungan untuk partisipasi dalam menambah mutu organisasi.

Tugas Humas

  • Menyebarluaskan informasi tentang sebuah gagasa “idea”, supaya diketahui maksud atau tujuannya dan manfaatnya oleh sekian banyak pihak di masyarakat.
  • Mempersiapkan bahan-bahan yang up to date tentang sesuatu yang bakal dikomunikasikan pemimpin pada masyarakat atau pihak-pihak tertentu dalam pekerjaan pidato, wawancara, menyajikan ceramah, pemasaran seminar dan lain-lain. Bahan itu bahkan bisa berbentuk konsep atau makalah yang sebelumnya sudah dibaca dan diketahui isinya oleh pimpinan.
  • Memberikan kejelasan mengenai informasi yang telah dikatakan administrator atau pemimpin pada masyarakat atau pihak-pihak yang bersangkutan.
  • Menyusun dan mengembangkan rencana yang bersangkutan dengan pelayanan masyarakat “public service” yang dikatakan pada administrator atau semua pemimpin guna mendapatkan persetujuan.

Prinsip Humas

  • Hubungan masyarakat bekerja atas dasar kenyataan bukan fiksi.
  • Humas merupakan sebuah pelayanan sosial, bukan pelayanan yang mempunyai sifat personal.
  • Humas mesti menerapkan program pekerjaan untuk mencari sokongan masyarakat atas kearifan dan program lembaga yang diwakilinya.
  • Humas tidak boleh mengerjakan penipuan ataupun membohongin media massa.
  • Humas mesti menjadi komunikator yang efektif dalam makna sebenarnya “sebagai link”.
  • Humas mestilah melandaskan kegiatannya untuk penelitian ilmiah dibidang pendapat umum.
  • Harus dapat berkolaborasi dengan para berpengalaman dibidang lain.
  • Humas berkewajiban menyatakan problem mengenai krisi yang dirasakan lembaga yang diwakilinya.

Manfaat Humas


1. Manajemen Krisis

Semua organisasi tentu pernah merasakan masa krisis sehingga diperlukan adanya persiapan dalam mengatasinya. Divisi humas akan berfungsi sebagai kesebelasan manajemen krisis dalam organisasi yang bersangkutan dengan masyarakat.


2. Penerbitan Desktop

Manfaat humas sebagai penerbitan desktop sangat urgen pada suatu organisasi. Dan organisasi jaman kini lebih memang memerlukan operator komputer yang berdedikasi ketimbang editing konvensional.


3. Identitas Perusahaan

Staff humas bertugas membuat identitas perusahaan. Tugas ini paling penting sebab menyangkut seluruh aspek organisasi secara borongan dan adalahbagian sangat penting dari seluruh jenis komunikasi dalam organisasi.


4. Hubungan Parlemen

Beberapa organisasi memerlukan humas yang bersangkutan dengan pemerintah, parlemen, dan birokrat di instansi pemerintah.


5. Public Relations Finansial

Organisasi pun membutuhkan konsultan humas yang eksklusif beraktivitas pada bidang finansial dan operasional bisnis suatu perusahaan.

Aktivitas tersebut dilaksanakan untuk menyokong rencana perusahaan klien supaya turut serta di bursa saham atau memberikan sokongan saat menciptakan laporan finansial tahunan.


Contoh Humas


1. Humas Media Cetak

Seperti dilafalkan sebelumnya, divisi humas itu bertolak belakang dengan divisi pemasaran. Namun, biasanya humas melakukan pekerjaan promosi bila ada evolusi dalam perusahaan, atau terdapat peluncuran layanan dan produk baru.

Humas ini bertugas guna berkomunikasi secara intens dengan media cetak. Humas media cetak dibentuk sedemikian rupa dan dilakukan dengan press release ke sekian banyak media cetak.


2. Humas Media Audio Visual

Hampir sama dengan humas media cetak. Namun, format informasi yang dikatakan ke publik berhubungan organisasi ialah melalui Televisi dan Radio.


3. Humas Media Online

Penyebaran informasi dalam format teks dan video dapat dilakukan secara online. Biasanya dilaksanakan dengan teknik membuat konten berisi keyword tertentu tentang produk, dan selanjutnya mempublish konten itu ke blog atau website.

Dengan upaya tertentu maka konten itu akan tampil di mesin pencari, contohnya Google. Dengan begitu bakal lebih tidak sedikit orang memahami tentang perusahaan dan produk yang dipublikasikan.


Peranan Humas


1. Expert Pereciber Communication

Ini yang unik. PR dirasakan sebagai expert yang kerap menyerahkan masukkan guna perusahaan. Ini sehubungan dengan definisi humas yang berperan sebagai jembatan informasi antara perusahaan dan konsumen.


2. Facilitator

Humas atau PR bermanfaat dalam masing-masing menejemen. Mereka berperan sebagai fasilitator dan tidak jarang kali ada ketika masa kritis perusahaan muncul. Bahkan, devisi humas bakal menjadi leader dalam persoalan yang dihadapi perusahaan di lingkungan dan masyarakat.


3. Communication Facilitator

Humas bakal menjadi fasilitator atau jembatan komunikasi antara konsumen, masyarakat dan perusahaan. Tak heran mereka pun menjadi penengah sekaligus.


4. Technician Communication

Petugas humas ialah pelaksana teknis komunikasi yang bertugas sebagai penyedia layanan. Ada sejumlah cara yang dilaksanakan oleh bidang kehumasan dalam membuat opini publik, merupakan antara beda :

  • Tekanan (Pressure) – Memberikan pengaruh baik secara pribadi karena mempunyai kewibawaan.
  • Membeli (Buying) – Kegiatan ini sama seperti melakukan pembelian amplop atau suara opini publik. Ini dibutuhkan dalam rapat pemegang saham perusahaan untuk mengawal citra perusahaan.
  • Bujukan (Persuasive) – Tindakan persuasive ialah hal yang sangat tepat untuk menyusun opini publik.

Demikian Pembahasan Tentang Manfaat Humas: Pengertian, Tujuan, Tugas, Prinsip, Contoh dan Peranan dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */