Materi Jantung

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Jantung? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, fungsi, struktur dan ciri.

Jantung

Pengertian Jantung

Jantung atau dalam bahasa latin cor adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah melewati pembuluh darah dengan kontraksi memiliki irama yang berulang. Darah meluangkan okisgen dan nutrisi pada tubuh, serta menolong menghilangkan sisa-sisa dari metabolisme. Istilah kardiak berarti sehubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia guna jantung. Jantung tergolong dalam di antara organ insan yang memiliki faedah dalam sistem peredaran darah, sedang di rongga dada agak sebelah kiri.


Fungsi Jantung

  • Memompa darah melalui pembuluh darah.
  • Memompa darah ke paru-paru untuk unik oksigen.
  • Menerima darah dari semua tubuh.
  • Menerima darah yang beroksigen dari paru-paru.
  • Mencegah tercampurnya darah yang mempunyai sedikit oksigen dengan darah yang memiliki tidak sedikit oksigen.
  • Membantu melemparkan kotoran sisa-sisa dari metabolisme.
  • Membantu guna mengukur jumlah darah yang bakal dipompa dengan menghitung jumlah denyut jantung per menit.

Struktur Jantung

Berikut ini terdapat beberapa struktur jantung terdiri atas:


1. Perikardium

Jantung terletak dalam rongga mengandung cairan yang disebut pun dengan rongga perikardial. Dinding dan lapisan rongga perikardial ini yang lazimnya dinamai dengan perikardium.

Perikardium merupakan sejenis membran serosa yang membuat cairan serous guna melumasi jantung sekitar berdenyut dan akan menangkal adanya gesekan yang menyakitkan antara jantung dan organ disekitar jantung.

Perikardium mempunyai faedah untuk menahan dan menyangga jantung guna tetap berada diposisinya. Dinding jantung terdiri dari 3 lapisan yakni lapisan epikardium (lapisan terluar), lapisan miokardium (lapisan tengah), dan lapisan endokardium (lapisan dalam).


2. Katup

Jantung mempunyai 4 katup yang mengayomi aliran darah mengalir ke satu arah, yaitu:

  • Katup trikuspid mempunyai peran sebagai pengatur aliran darah antara serambi kanan dan bilik kanan.
  • Katup pulmonal memiliki faedah untuk dapat mengatur aliran darah dari bilik kanan ke arteri pulmonalis yang lantas membawa darah ke paru-paru untuk memungut oksigen.
  • Katup mitral memiliki faedah untuk dapat menyalurkan darah yang kaya oksigen dari paru-paru yang mengalir dari serambi kiri ke bilik kiri.
  • Katup aorta memiliki faedah sebagai alat guna membuka jalan untuk darah yang kaya bakal oksigen untuk dilewati dari bilik kiri ke aorta (arteri terbesar di tubuh).

3. Serambi Kanan

Pada serambi kanan terdapat darah yang paling ssedikit kandungan oksigen dalamnya. Darah ini dinamakan sebagai darah kotor. Dari serambi kanan, darah kotor bakal dipompa mengarah ke bilik kanan.


4. Bilik Kanan

Bilik kanan mempunyai faedah untuk memompa darah kotor dari serambi kanan mengarah paru-paru agar karbondioksida yang terdapat dalam darah diganti dengan oksigen guna proses pernapasan seseorang. Apabila unsur ini merasakan masalah, seseorang dapat merasakan gagal jantung unsur kanan.


5. Serambi Kiri

Sesudah darah pulang terisi dengan oksigen dari paru-paru, jantung pulang menampung darah yang bersih dan diterima melewati serambi kiri jantung. Darah bersih masuk jantung melalui pembuluh balik atau vena pulmonalis.


6. Bilik Kiri

Bilik kiri menjadi struktur jantung yang sangat tebal dan mempunyai faedah memompa darah yang baru diterima dari paru-paru dan mengandung oksigen guna disalurkan mengarah ke seluruh tubuh. Ada sejumlah keadaan yang mengakibatkan bilik kiri terganggu, laksana tekanan darah tinggi. Keadaan ini dapat menyebabkan bilik kiri membesar dan mengeras.


Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut ini terdapat beberapa cara menjaga kesehatan jantung terdiri atas:


  • Mengkonsumsi makanan sehat

Berikan asupan makanan yang kaya bakal nutrisi dan hindarilah kalori berlebih. Perbanyak mengkonsumi santap sayur dan buah dengan rutin guna memberi akibat yang positif untuk kesehatan jantung.


  • Rutin mengerjakan olahraga

Dalam sepekan, orang dewasa memerlukan paling tidak 30 menit guna berolahraga masing-masing harinya. Tubuh diwajibkan untuk aktif mengerjakan pekerjaan yang dapat menjaga jantung guna tetap sehat dan kuat.


  • Stop merokok

Banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan dampak merokok, laksana kanker mulut, paru-paru, sampai penyakit jantung. Jika masih mengisap rokok tetapi pernah terpapar serangan jantung sebelumnya, bakal mempunyai risiko kematian lebih besar dikomparasikan sebelumnya.


  • Kurangi berat badan berlebih

Orang yang mempunyai tubuh gemuk lebih berpengaruh terjangkit penyakit jantung koroner dikomparasikan dengan orang yang mempunyai berat badan normal.


  • Kelola stres

Jangan menyepelekan stres yang barangkali kecil efeknya pada tubuh. Padahal stres bisa menjadi ancaman untuk kesehatan jantung. Saat stres, detak jantung bakal lebih meningkat, otot menegang, dan desakan darah menjadi naik.


Jenis Penyakit Jantung

  • Penyakit jantung koroner, adalah suatu penyakit jantung yang terjadi dampak penyempitan pembuluh darah di jantung.
  • Penyakit jantung bawaan, adalah suatu masalah jantung yang ditemukan semenjak bayi, yang sangat umum ditemukan ialah kebocoran katup jantung.
  • Infeksi jantung (endokarditis), adalah suatu infeksi pada lapisan dalam jantung.
  • Gagal jantung, adalah suatu kegagalan otot jantung guna memompakan darah secara mencukupi ke semua tubuh.
  • Aritmia, adalah suatu gangguan irama jantung yang mengakibatkan denyut jantung tidak normal.

Demikian Pembahasan Tentang Jenis Penyakit Jantung: Pengertiam, Fungsi, Struktur dan Ciri dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */