Materi Kantor

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Kantor? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, unsur, tujuan, kegiatan, jenis.

Kantor

Pengertian Kantor

Kantor berasal dari bahasa belanda yakni “kantoor” yang memeiliki makna ruangan lokasi berkerja, lokasi di instansi, dan beda sebagainya.

Di dalam bahasa inggris kantor ialah “office” yang mempunyai artian lokasi yang dapat menyerahkan suatu layanan, ruang lokasi berkerja atau posisi.

Kantor adalah suatu proses penyelenggaraan pekerjaan seperti pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan ataupun pendistribusian data.


Pengertian Kantor Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian kantor menurut para ahli, terdiri atas:


1. Menurut Ulbert Silalahi

Tempat penyelenggaraan pekerjaan ketatausahaan dilangsungkan disebut kantor, yakni sebuah unit kerja yang terdiri atas ruangan, personil, perlengkapan dan operasi pengelolaan informasi.


2. Menurut Kamus Besar Indonesia (KBBI)

Kantor adalah sebuat balai (Ruang, gedung dan rumah) lokasi yang dipakai untuk mengurus suatu kegiatan (suatu instansi atau perusahaan) atau lokasi bekerja.


3. Menurut Prajudi Atmosudirjo

Kantor merupakan kelembagaan yang bisa terdiri dari sejumlah unsur kantor laksana karyawan, ketatausahaan dan personil yang diperlukan untuk mempermudah tugas atau kegiatan pimpinan.


4. Menurut Kallaus dan Kelling

Kantor yaitu faedah di mana sistem teknologi, prosedur, dan orang saling bergantung dalam bekerja guna mengelola di antara sumber daya perusahaan yang sangat penting yakni informasi.


5. Menurut Moekijat

Kantor adalah salah satu lokasi yang dipakai untuk mengerjakan pekerjaan tata usaha.


Ciri-Ciri Kantor

  • Sebagai perangkat yang bisa menyambungkan benak pimpinan untuk para anggotanya.
  • Membantu pemimpin dalam merumuskan suatu kegiatan dan keterampilan kerja yang bisa menyederhanakan sebuah system manajemen.
  • Dapat menolong administrasi atau tata usaha guna dapat menjangkau target yang di inginkan.

Unsur-Unsur Kantor

  • Gedung merupakan salah satu bagian ini terdiri dari bangunan, ruangan-ruangan dan pun perlengkapan lainnya.
  • Personil yaitu sebuah unsur ini terdiri dari semua orang yang mempunyai hubungan dengan organisasi yang ada di kantor, seperti: pimpinan, karyawan dan beda sebagainya.
  • Peralatan yakni suatu unsur ini terdiri dari perangkat atau mesin-mesin yang terdapat di kantor.

Tujuan dan Fungsi Kantor

  • Menerima informasi dalam format surat, penggilan telepon, pesanan, faktur,maupun laporan mengenai sekian banyak kegiatan bisnis.
  • Merekam dan menyimpan data-data serta informasi. Tujuan penciptaan rekaman adalahsedang menyiapkan informasi sesegera mungkin bilamana manajemen meminta informasi tersebut.
  • Mengatur informasi Informasi yang bakal diakumulasi oleh kantor jarang dalam format yang sama layaknya akan saat diberikan, seperti mengoleksi informasi maupunsumber-sumber -yang bertolak belakang dan menciptakan perhitungan atau pembukuan.
  • Memberi informasi Bila dimana manajemen diminta sebanyak informasi yang bakal diperlukan, kantor segera menyerahkan informasi itu dari rekaman yang tersedia. Sebagian informasi -yang diberikan mempunyai sifat rutin, sebagian mempunyai sifat khusus.
  • Melindungi aset yaitu dengan meneliti secara cermat sekian banyak kegiatan dalam perusahaan seperti ditunjukkan di dalam rekaman dan mengantisipasi segala urusan yang -tidak menguntungkan yang barangkali terjadi.

Kegiatan Kantor

Adapun bbeberapa kegiatan kantor yankni sebagai berikut:


1. Mengumpulkan atau Menghitung Keterangan

Kegiatan mengoleksi atau menghitung keterangan ialah kegiatan untuk menggali dan mengusahakan tersedianya seluruh penjelasan yang belum terdapat atau berserakan di mana-mana menjadi penjelasan yang siap dipergunakan bila diperlukan.


2. Mencatat Keterangan

Mencatat keterangan ialah kegiatan membubuhkan penjelasan dengan sekian banyak macam perlengkapan sesuai dengan pertumbuhan teknologi canggih dan kebutuhan, penjelasan yang dibutuhkan sehingga wujud penjelasan dapat langsung siap pakai.


3. Mengolah Keterangan

Mengolah keterangan ialah bermacam-macam pekerjaan mengerjakan penjelasan dengan maksud menyajikannya dalam format yang lebih berguna.


4. Menggandakan Keterangan

Menggandakan keterangan ialah kegiatan memperbanyak penjelasan dengan sekian banyak cara dan alat, sejumlah jumlah yang diperlukan.


5. Mengirim Keterangan

Mengirim keterangan ialah kegiatan menyampaikan penjelasan dengan sekian banyak cara dan perangkat dari satu pihak untuk pihak lain.


6. Menyimpan Keterangan

Menyimpan keterangan ialah kegiatan untuk membubuhkan atau meletakkan penjelasan dengan sekian banyak cara dan perangkat di lokasi tertentu sampai-sampai lebih teratur, sistematis, dan aman.


Jenis-Jenis Kantor

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis kantor, terdiri atas:


1. Virtual Office

Sesuai dengan namanya, suatu virtual office tidak benar-benar terdapat secara fisik. Yang ditawarkan ialah alamat surat dan poin kontak yang dapat dihubungi.

Misalnya, suatu startup menjalankan bisnisnya dari rumah, tetapi mencarter virtual office di gedung perkantoran. Maka, startup itu seakan beralamat di gedung perkantoran di mana virtual office berada.

Jadi, walaupun startup dijalankan di rumah, bisnis itu akan tetap menemukan kredibilitas salah satu pemakai potensialnya.

Di samping itu, dengan mengalamatkan hal bisnis untuk virtual office, pengusaha yang bekerja dari lokasi tinggal akan terjaga privasinya sebab urusan bisnis tidak dialamatkan ke lokasi tinggal pribadi.

Beberapa deviden komunikasi yang ditawarkan virtual office ialah resepsionis, asisten, call center, dan lainnya. Di samping itu, ada pun space service, yang melibatkan alamat prestisius yang biasa ditawarkan suatu virtual office.

Servis ini menyerahkan alamat profesional, alamat surat, lokasi meeting, dan peluang menyewa lokasi untuk sedangkan waktu.


2. Serviced Office

Tempat kerja yang satu ini tidak saja menyediakan lokasi tetapi pun segala pengurusnya. Sebuah manajemen kemudahan yang menjadi pengurusnya bakal menyewakan ruangan kerja atau lantai kerja untuk sejumlah perusahaan berbeda.

Biasanya serviced office pun terletak di pusat bisnis di kota-kota besar. Tujuan dibentuknya ruang kantor serviced office ialah untuk menyerahkan fleksibilitas untuk pengusaha yang menggunakannya karenya seringkali dapat dicarter dengan mudah.


Demikian Pembahasan Tentang Ciri-Ciri Kantor: Pengertian Menurut Para Ahli, Unsur, Tujuan, Kegiatan dan Jenis dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */