Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Konsep

Manajemen pemasaran adalah proses yang digunakan oleh perusahaan atau orang yang melakukan bisnis untuk meluncurkan produk atau bisnis yang akan dipasarkan untuk menjaga kelangsungan kegiatan perusahaan dan menghasilkan untung atau untung.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli, terdiri atas:

1. Menurut Suparyanto dan Rosad

Menurut Suparyanto dan Rosad, manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, merencanakan, mengatur, dan mengelola program yang berkaitan dengan desain, harga, iklan, dan distribusi produk atau layanan untuk menciptakan dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar, yang diarahkan ke arah pencapaian tujuan perusahaan.

2. Menurut Kotler dan Keller

Menurut Kotler dan Keller, manajemen pemasaran adalah proses untuk menganalisis, merencanakan, dan mengoordinasikan program yang menguntungkan. Selain itu, manajemen pemasaran dapat diartikan sebagai pengetahuan bahwa pemilihan pangsa pasar dapat menciptakan manfaat pelanggan yang tinggi.

3. Menurut Dharmmesta dan Handoko

Menurut Dharmmesta dan Handoko, manajemen pemasaran adalah kegiatan perusahaan dengan tujuan menjaga kelangsungan bisnis. Proses manajemen pemasaran dimulai sebelum produksi dan berakhir pada saat penjualan.

4. Menurut John W. Mullins

Menurut John W. Mullins, manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, menerapkan, mengoordinasikan dan mengendalikan program yang melibatkan konsep, pengaturan harga, promosi dan penjualan produk yang diperlukan untuk penciptaan dan pemeliharaan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tujuan Manajemen Pemasaran

  • Untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen
  • Memperkenalkan produk atau bisnis
  • Hasilkan untung atau untung
  • Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain
  • Tingkatkan pelanggan atau konsumen

Fungsi Manajemen Pemasaran

Adapun fungsi dari manajemen pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Untuk melakukan riset konsumen
  • Untuk mengembangkan produk
  • Untuk melakukan distribusi
  • Untuk menetapkan harga
  • Untuk layanan kepada pelanggan
Lagi Viral:  Ilmu Ekonomi: Pengertian Menurut Para Ahli, Pembagian dan Cabang

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep manajemen pemasaran didefinisikan sebagai filosofi bisnis di mana memuaskan kebutuhan konsumen adalah prasyarat ekonomi dan sosial untuk kelangsungan pertahanan perusahaan. Tujuannya adalah untuk memuaskan keinginan konsumen (Stanton, 1978).

Konsep Manajemen Pemasaran

Oleh karena itu, setiap kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan harus diarahkan untuk tujuan ini. Konsep manajemen pemasaran mengandung tiga elemen penting:

1. Berorientasi konsumen (berorientasi pasar)

Konsep pemasaran terbaik adalah memberikan konsumen prioritas utama. Itulah sebabnya strategi pemasaran selalu memprioritaskan konsumen.

Dalam pemasaran, konsumen biasanya dianggap raja, dan produsen adalah pelayan yang memenuhi kebutuhan raja. Layanan dari produsen disediakan oleh banyak penawaran menarik, yang berkisar dari produk terbaik hingga layanan konsumen.

2. Merencanakan kegiatan pemasaran

Pengaturan dinamis sebagai persiapan untuk berbagai kegiatan pemasaran secara keseluruhan. Semua kegiatan pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, analisis, pemantauan, dan kegiatan terkait pemasaran lainnya, harus diatur secara terperinci.

Dengan cara ini, proses menganalisis dan memantau hasil pemasaran dapat dilakukan dengan baik. Ini pada akhirnya akan memudahkan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kegiatan pemasaran.

3. Kepuasan pelanggan

Elemen terpenting dalam pemasaran adalah kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan ini tidak hanya diukur dari kualitas produk, tetapi juga oleh penerapan strategi pemasaran.

Demikian Pembahasan Tentang Manajemen Pemasaran: Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi dan Konsep dari Kami
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)
/* */