Materi Lembaga Politik

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Lembaga Politik? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, ciri, fungsi, macam dan contoh.

Lembaga-Politik

Pengertian Lembaga Politik

Institusi politik adalah proses membangun dan berbagi kekuasaan dalam masyarakat yang nyata dalam proses pengambilan keputusan, terutama di negara bagian. Dalam politik, ada lembaga politik yang menangani masalah administrasi dan ketertiban umum untuk mencapai keamanan dan perdamaian di masyarakat. Lembaga politik di Indonesia diatur dalam UUD 1945.


Pengertian Lembaga Politik Menurut Para Ahli


1. Menurut Kornblum

Menurut Kornblum, institusi politik adalah seperangkat norma dan status yang berspesialisasi dalam pelaksanaan kekuasaan dan otoritas.


2. Menurut Surbakti

Surbakti mengatakan bahwa lembaga politik adalah lembaga yang memiliki monopoli menggunakan kekerasan fisik di daerah tertentu.


3. Menurut Kamanto Soenarto

Menurut Kamanto, Soenarto menjelaskan bahwa lembaga politik adalah lembaga yang berspesialisasi dalam pelaksanaan kekuasaan dan wewenang. Lembaga-lembaga politik karena itu termasuk eksekutif, legislatif, peradilan, keamanan dan pertahanan nasional, dan partai-partai politik.


4. Menurut J. W. Schorel

Menurut J.W.Schorel, institusi politik adalah organ yang mengatur dan menjaga ketertiban dan memilih pemimpin yang berwibawa dan karismatik.


Ciri Lembaga Politik

  • Ada sekelompok orang yang memiliki area dan telah menempati area tersebut untuk waktu yang lama. Selain itu, mereka sudah memiliki norma dan nilai sosial yang telah dipenuhi bersama.
  • Keberadaan asosiasi politik terbentuk dengan sistem tertentu. Misalnya, kerajaan dan republik yang biasanya disebut sebagai “pemerintah”. Pemerintah ini memiliki kekuatan untuk menggunakan hak dan kewajiban politik untuk kepentingan umum.
  • Beberapa penduduk daerah diberdayakan untuk melakukan fungsi pemerintah baik berdasarkan proposal atau dengan kekerasan.
  • Hak dan kewajiban pemerintah berlaku hanya di dalam batas teritorialnya dan bukan di wilayah atau negara lain.

Fungsi Lembaga Politik

Lembaga politik memiliki fungsi di suatu negara atau masyarakat. Fungsi institusi sosial adalah manifestasi nyata dari cara di mana institusi politik ini dijalankan. Fungsi lembaga politik berikut adalah sebagai berikut:

  • Lembaga-lembaga politik bertindak sebagai pelembagaan norma-norma yang terkandung dalam UUD 1945 yang diajukan oleh parlemen negara.
  • Berfungsi untuk mengimplementasikan hukum, yang telah ditetapkan dan disetujui dengan aturan formal atau hukum.
  • Digunakan untuk memecahkan suatu masalah dalam komunitas yang terkait dengan kepentingan komunitas yang bermasalah.
  • Bekerja untuk menyediakan dan memfasilitasi layanan publik, misalnya kesehatan melalui pembangunan / penyediaan rumah sakit, klinik, pusat kesehatan dan lainnya.
  • Berfungsi untuk siap dan waspada terhadap bahaya yang muncul dalam bentuk ancaman domestik dan asing.

Macam-Macam Lembaga Politik

Seperti yang Anda tahu, ada orang-orang di lembaga-lembaga politik yang mengendalikan kekuasaan. Berikut beberapa jenis dan contoh institusi politik di Indonesia:


1. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)

MPR adalah salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem konstitusi Indonesia.


2. Presiden

Presiden adalah kepala organisasi, perusahaan, universitas, atau negara.


3. Wakil Presiden

Wakil Presiden adalah posisi pemerintah yang satu tingkat lebih rendah dari Presiden.


4. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

DPR adalah salah satu lembaga negara berpangkat tinggi dalam sistem konstitusi Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat.


5. Dewan Penasihat Agung (DPA)

DPA adalah lembaga tinggi negara Indonesia di bawah konstitusi 1945, sebelum diamandemen, yang tugasnya adalah untuk memberikan kontribusi atau pertimbangan kepada Presiden.


6. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

BPK adalah badan pemerintah tingkat tinggi dalam sistem konstitusi Indonesia yang diberdayakan untuk mengaudit administrasi dan tanggung jawab keuangan pemerintah.


7. Mahkamah Agung (MA)

Mahkamah Agung adalah lembaga negara berpangkat tinggi dalam sistem konstitusi Indonesia, memiliki kekuasaan yudisial dengan Mahkamah Konstitusi, dan bebas dari pengaruh cabang kekuasaan lainnya.


Contoh Lembaga Politik Di Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh lembaga politik di Indonesia, termasuk yang berikut:

  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
  • Presiden dan Wakil Presiden
  • Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
  • Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)
  • Dewan Penasihat Agung (DPA)
  • Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
  • Mahkamah Agung (MA)
  • Mahkaman Konstitusi (MK)
  • Komisi Yudisial (KY)
  • Dan seterusnya

Demikian Pembahasan Tentang Lembaga Politik: Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Fungsi, Macam dan Contoh dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */