Letak Wilayah Indonesia Secara Astronomi, Geografis, Geologis

Letak Wilayah Indonesia – Setiap negara memiliki daerah yang dapat menopang keuntungan negara, termasuk Indonesia. Letak geografis dan astronomis Indonesia membawa banyak manfaat baik secara ekonomi maupun non-ekonomi.

Geolokasi tersebut diperoleh dari paket modul elektronik IPS dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yaitu letak suatu tempat berdasarkan letak sebenarnya di Bumi dibandingkan dengan letak wilayah lain.

Sedangkan letak astronomis adalah letak suatu tempat dilihat dari letak garis khayal yaitu garis lintang dan garis bujur.

Bujur adalah garis khayal (imajiner) yang berputar mengelilingi bumi secara vertikal, sedangkan garis lintang adalah garis khayal yang berputar mengelilingi bumi secara horizontal.

Letak Wilayah Indonesia

Berikut dibawah ini terdapat beberapa letak wilayah Indonesia, antara lain:

1. Letak Astronomi

Letak astronomi adalah letak dari suatu tempat, wilayah atau negara berdasarkan garis lintang dan bujur. Secara astronomi, Indonesia adalah 95 derajat BT – 141 derajat BT dan 6 Derjat LU – 11 derajat LS.

Letak Wilayah Indonesia Secara Astronomi

Lintangnya menjadikan Indonesia iklim tropis dengan karakteristik:

  • Memiliki curah hujan yang tinggi
  • Memiliki hutan hujan tropis yang luas dan nilai ekonomi yang tinggi.
  • Terima radiasi matahari sepanjang tahun
  • Banyak penguapan terjadi, sehingga kelembabannya cukup tinggi.

Garis bujur membagi wilayah Indonesia menjadi tiga zona waktu:

  • Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) dengan panjang 105 derajat BT dengan perbedaan waktu 7 jam sebelum GMT. Zona waktu termasuk Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
  • Waktu Indonesia Tengah (WIT) dengan garis bujur 120 derajat Bujur Timur dan perbedaan waktu 8 jam sebelum GMT. Wilayah waktu meliputi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, NTT, NTB, Sulawesi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
  • Waktu Indonesia Timur (WIT), 135 derajat bujur timur dan 9 jam lebih cepat dari GMT. Zona waktunya meliputi Kepulauan Maluku, Papua, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
Lagi Viral:  17 Konsep Geografi Menurut Para Ahli, Contoh dan Penjelasannya

2. Letak Geografis

Letak geografis adalah Letak tempat, wilayah atau negara berdasarkan kenyataan di permukaan bumi atau Letak daerah yang sedang diselidiki.

Letak Wilayah Indonesia Secara Geografis

Secara geografis, Indonesia terletak di antara benua Asia dan Australia dan antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak geografis Indonesia menempatkan Indonesia pada posisi melintang, sehingga Indonesia berada pada rute transportasi yang sibuk.

Perairan nusantara selalu menjadi perairan penuh kapal dagang dari India, Eropa dan Cina. Dampak dari posisi bersama ini berarti bahwa Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya dan etnis. Selain itu, lokasi antara dua benua samudera memengaruhi kondisi cuaca dan iklim.

3. Letak Geologis

Letak geologis adalah Letak suatu tempat, wilayah, atau negara berdasarkan komposisi batuan di Bumi.

Letak geologis ini berarti bahwa banyak daerah di Indonesia yang terkena dampak gunung berapi, sehingga banyak daerah di Indonesia cukup subur.

Namun, penting juga untuk diketahui bahwa wilayah geologis seperti itu membuat wilayah Indonesia rentan terhadap bencana alam seperti letusan gunung berapi dan gempa bumi.

4. Letak Geomorfologi

Letak geomorfologi adalah Letak lokasi yang didasarkan pada Letak tinggi dan rendah dari permukaan laut atau dilihat dari bentuk permukaan bumi.

Posisi geomorfologi Indonesia sangat berbeda. Perbedaan Letak geomorfologi memiliki efek yang berbeda:

  • Keberadaan suhu yang berbeda memiliki pengaruh besar pada jenis tanaman
  • Tentukan ada tidaknya mineral dalam batuan ini
  • Tentukan kepadatan populasi. Tempat-tempat di mana morfologi negara berbukit atau curam dan kepadatan penduduk rendah
  • Pertimbangkan morfologi area sebelum membangun bangunan, jembatan, bangunan, dan jalan raya.

5. Letak Maritim

Letak maritim adalah Letak suatu tempat dalam kaitannya dengan keadaan laut dan sekitarnya, yaitu apakah tempat itu dekat atau jauh dari laut dan apakah itu sebagian atau seluruhnya dikelilingi oleh laut, dan sebagainya.

Lagi Viral:  Pelapukan adalah : Proses, Faktor, Jenis dan Dampak

Letak maritim atau laut Indonesia sangat baik karena wilayahnya yang berbentuk pulau dikelilingi oleh tiga lautan besar, yaitu bagian timur Indonesia menghadap Pasifik, bagian selatan Indonesia menghadap Samudera Hindia dan bagian utara Indonesia menghadap Cina Selatan Laut. Dampak dari situasi maritim di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Ada perusahaan atau kegiatan di bidang pengiriman, perikanan, dan pelabuhan di wilayah Indonesia
  • Indonesia memiliki potensi pengembangan ekonomi yang besar
  • Indonesia memainkan peran penting dalam arena politik global.

Pengaruh letak wilayah Indonesia

Letak wilayah Indonesia, baik geografis maupun astronomis, mempengaruhi negara Indonesia. Letak geografis Indonesia mempengaruhi musim dan wilayah strategis negara:

  1. Musim: Indonesia melewati musim hujan yang membawa musim yang berbeda di Indonesia. Angin ini mempengaruhi proses presipitasi pada musim hujan dan panas pada musim kemarau. Oleh karena itu, Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.
  2. Wilayah strategis: Karena dikelilingi oleh dua benua dan dua samudera, Indonesia telah menjadi jalur transit internasional, melalui udara dan laut. Lokasi Indonesia mempengaruhi perkembangan ekonomi, khususnya di zona ekonomi eksklusif yang dilalui industri besar.

Sedangkan dampak letak astronomis di Indonesia:

  1. Iklim: Indonesia memiliki iklim tropis dengan banyak wilayah negara yang terkena sinar matahari sepanjang waktu.
  2. Perbedaan waktu: Karena letak astronomisnya, Indonesia memiliki tiga zona waktu yang berbeda, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT).
Demikian Pembahasan Tentang Letak  Astronomi, Geografis, Geologis Wilayah Indonesia dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)
/* */