Materi Manajemen Operasional

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Manajemen Operasional? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian menurut para ahli, tujuan, fungsi dan ruang lingkup.

Manajemen-Oprasional

Pengertian Manajemen Operasional

Manajemen operasional adalah suatu bentuk manajemen yang menyeluruh dan optimal dalam hal pekerjaan, barang, mesin, peralatan, bahan baku, atau produk apa pun yang dapat digunakan sebagai objek atau layanan dan dapat diperdagangkan dengan aman. Di sini, manajer bertanggung jawab atas pendapatan produk atau layanan, pengambilan keputusan terkait dengan fungsi bisnis dan sistem transformasi, dan pertimbangan pengambilan keputusan untuk fungsi bisnis.


Pengertian Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian manajemen oprasional menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut Jay Heizer dan Berry Rander (2009: 4)

Menurut Jay Heizer dan Berry Rander, manajemen operasional terdiri dari serangkaian kegiatan yang menciptakan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.


2. Menurut Eddy Herjanto (2007: 2)

Menurut Eddy Herjanto, manajemen operasional adalah kegiatan yang berkaitan dengan produksi barang, jasa dan kombinasi yang melalui proses transformasi dari sumber daya produksi ke hasil yang diinginkan.


3. Menurut William J. Stevenson (2009: 4)

Menurut William J. Stevenson, manajemen operasional adalah sistem manajemen atau serangkaian proses dalam pengiriman produk atau layanan.


4. Menurut Richard L. Daft (2006: 216)

Menurut Richard L. Daft, manajemen operasional adalah area manajemen yang berspesialisasi dalam pembuatan barang dan menggunakan alat dan teknik khusus untuk menyelesaikan masalah produksi.


5. Menurut James Evans dan David Collier (2007: 5)

Menurut James Evans dan David Collier, manajemen operasi adalah ilmu dan seni untuk memastikan bahwa barang dan jasa dibuat dan berhasil dikirim ke pelanggan.


6. Menurut Pangestu Subagyo

Menurut Pangestu Subagyo menjelaskan bahwa manajemen operasi adalah aplikasi ilmu manajemen untuk mengatur kegiatan produksi atau operasi yang harus dilakukan secara efisien.


Tujuan Manajemen Operasional

  • Efisiensi (peningkatan efisiensi), peningkatan efisiensi di perusahaan
  • Produktivitas (peningkatan efektivitas), peningkatan efektivitas di perusahaan
  • Profitabilitas (pengurangan biaya), pengurangan biaya dalam kegiatan bisnis
  • Kualitas (peningkatan kualitas), peningkatan kualitas di perusahaan
  • Mengurangi waktu pemrosesan (pengurangan waktu proses produksi), pengurangan waktu proses produksi dalam suatu perusahaan

Ciri-ciri Manajemen Operasional

Fitur manajemen menurut Zulian Yamit (2003)

  • Memiliki tujuan yaitu menghasilkan barang dan jasa
  • Memiliki kegiatan yang sedang dalam proses transformasi
  • keberadaan mekanisme yang mengontrol operasi

Fungsi Manajemen Operasional

Ada beberapa fungsi dari manajemen oprasional, antara lain:


1. Fungsi perencanaan

Selama perencanaan, manajer operasi menentukan tujuan subsistem operasional organisasi dan mengembangkan program, pedoman, dan prosedur yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu. Fase ini mendefinisikan peran dan fokus operasi, termasuk perencanaan produk, perencanaan pabrik, dan perencanaan untuk penggunaan sumber daya produksi.


2. Mengatur fungsi

Dalam organisasi, manajer menentukan satu, grup, bagian, departemen, departemen, atau struktur departemen dalam subsistem operasional untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer operasi juga menentukan persyaratan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan operasi dan mengatur kekuatan dan tanggung jawab yang diperlukan untuk melaksanakannya.


3. Fungsi gerakan

Manajemen ini memiliki fungsi yang dilakukan oleh manajemen, pemantauan dan motivasi karyawan untuk melakukan tugas.


4. Fungsi kontrol

Manajemen operasional memiliki fungsi mengembangkan standar dan jaringan komunikasi yang diperlukan untuk organisasi dan mobilisasi sesuai dengan tujuan yang direncanakan dan tercapai.


Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Ada beberapa aspek yang terkait erat dalam bidang manajemen operasional, termasuk:

  • Aspek struktural, yaitu aspek yang berkaitan dengan pengaturan komponen yang membangun sistem manajemen operasional yang berinteraksi satu sama lain.
  • Aspek fungsional, yaitu aspek yang terkait dengan manajemen dan organisasi semua komponen struktural dan interaksinya berdasarkan perencanaan, implementasi, kontrol dan peningkatan untuk mencapai kinerja yang optimal.
  • Aspek lingkungan, yaitu sistem manajemen dalam bentuk pentingnya memperhitungkan perkembangan dan tren yang berkaitan erat dengan lingkungan.

Ruang lingkup operasi terkait dengan keputusan tentang pengoperasian sistem produksi, pemilihan dan persiapan sistem operasi, yang meliputi:

  • Buat keputusan saat merencanakan kapasitas produksi yang optimal.
  • Buat keputusan dalam perencanaan pembangunan pabrik, dalam tata letak dan tata letak tata letak pabrik.
  • Buat keputusan saat merancang proses transformasi;
  • Buat keputusan dalam desain alur kerja;
  • Membuat keputusan manajemen inventaris;
  • Membuat keputusan dalam manajemen proyek;
  • Buat keputusan saat Anda bekerja Skejul;
  • Untuk kontrol dan pemantauan kualitas;
  • Untuk pemeliharaan pabrik produksi;

Demikian Pembahasan Tentang Manajemen Oprasional: Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Ciri, Fungsi dan Ruang Lingkupdari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

 

/* */