Materi Marketplace

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Marketplace? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Contoh.

Marketplace

Pengertian Marketplace

Marketplace ialah suatu software atau situs yang menjadi perantara antara penjaja dan pembeli di dunia maya, sekaligus beraksi sebagai pihak ketiga yang tidak melulu menyediakan lokasi pertemuan antara penjaja dan pembeli tetapi pun transaksi pembayaran.


Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian marketplace menurut para ahli, terdiri atas:


1. Menurut Strauss (2001)

Marketplace ialah pemakaian data elektronik dan software untuk perencanaan dan pengamalan konsepsi, penyaluran dan harga suatu ide, barang dan jasa untuk membuat pertukaran yang memuaskan tujuan pribadi dan organisasi.


2. Menurut Smith dkk (2005)

Marketplace didefinisikan sebagai menjangkau tujuan pemasaran melewati penerapan teknologi digital.


3. Menurut Opiida (2014)

Marketplace ialah salah satu penyedia media online berbasis internet (web based) yang lokasi melakukan pekerjaan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat menggali supplier sebanyak barangkali dengan kriteria yang diinginkan, sehingga mendapat sesuai harga pasar.


Jenis – Jenis Marketplace

Adapun jenis-jenis dari marketplace, terdiri atas:


  • Marketplace Horizontal

Marketplace horizontal ialah marketplace yang bisa memperjual-belikan sejumlah jenis produk yang masih saling sehubungan satu dengan yang lainnya. Umumnya, horizontal marketplace dapat memperlihatkan dirinya sebagai toko serba terdapat sehingga dapat mengusung kenyamanan sebagai selling pointnya.

Contohnya pada suatu marketplace yang dapat memasarkan produk komputer dan aseseorisnya. Didalam media marketplace itu tidak melulu menjual sekian banyak merek komputer tetapi pun marketplace tersebut memasarkan asesoris pendukung, sparepart komputer dan lain-lain.


  • Marketplace Vertikal

Marketplace vertikal ialah sebuah media marketplace yang bisa memperjual-belikan satu jenis produk yang diperoleh dari sekian banyak sumber. Dengan kata lain, produk yang dipasarkan berasal dari tidak sedikit supplier tetapi jenis produknya mesti satu jenis.

Contohnya suatu marketplace yang melulu menjual produk mobil dari yang bekas sampai mobil baru.


  • Marketplace Global

Marketplace global ialah sebuah media marketplace yang bisa memperjual-belikan pelbagai jenis produk yang bertolak belakang dan diperoleh dari tidak sedikit sumber. Barang yang dipasarkan tidak mesti bersangkutan satu dengan lainnya. Contohnya Bukalapak, Tokopedia, Shoppe dan OLX.


  • Marketplace Konsinyasi

Marketplace konsinyasi ialah jenis marketplace dimana penjual melulu menyerahkan hal-hal penting untuk marketplace laksana detail produk dan informasi lainnya untuk pihak marketplace.


  • Marketplace Murni

Marketplace murni ialah marketplace yang hanya bermanfaat sebagai penyedia tempat untuk penjual guna mempromosikan produknya sekaligus memberikan kemudahan pembayaran. Contohnya Amazon, BliBli, Dll.


Manfaat Marketplace

  1. Jangkauan yang lebih luas
  2. Memiliki tidak sedikit relasi antarpedagang
  3. Merupakan lokasi berkumpulnya semua pembeli
  4. Ongkir gratis
  5. Promosi tidak diambil biaya
  6. Dapat bertukar informasi & strategi

Kelebihan Marketplace

  • Potensi market jauh lebih banyak dan luas
  • Lebih bisa meyakinkan pembeli
  • Tidak membutuhkan strategi pemasaran
  • Tidak butuh lagi mengeluarkan ongkos yang lebih guna dapat memasarkan maupun melakukan pembelian barang
  • Situs marketplace pengelolaannya jauh lebih mudah.
  • Sistem sudah tersedia

Kekurangan Marketplace

  • Brand awareness yang lemah
  • Feature penelusuran yang tidak tertarget
  • Persaingan yang ketat
  • Kontrol marketplace yang lemah
  • Pasar Terbatas

Contoh Produk Marketplace

Berikut contoh dari produk marketplace yang sering kalian temui, antara lain:


  • Lazada Indonesia

Lazada Indonesia ialah salah satu situs melakukan pembelian barang online yang bisa menawarkan sekian banyak macam jenis produk, mulai dari mainan anak , elektronik, kitab dan perangkat bayi, perangkat kesehatan dan produk kecantikan, perlengkapan rumah tangga, serta perangkat traveling dan olahraga.


  • Blibli.com

Blibli.com ialah salah satu website web yang memperdagangkan elektronik di Indonesia. Blibli pun termasuk produk kesatu PT Global Digital Niaga yang adalahanak dari perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010.


  • Shoppe

Shopee ialah salah satu platform perniagaan elektronik yang berkerja pada pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li.


  • Buka Lapak

Bukalapak ialah salah satu pusat perbelanjaan daring (online marketplace) di Indonesia yang seringkali dikenal pun dengan jaringan toko (daring) yang dapat dipunyai dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.


  • Tokopedia

Tokopedia ialah salah satu perusahaan teknologi Indonesia dengan misi menjangkau pemerataan ekonomi secara digital.


Demikian Pembahasan Tentang Jenis – Jenis Marketplace: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */