Materi Inovasi

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Inovasi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, jenis, ciri, tujuan, manfaat dan contoh.

Inovasi

Pengertian Inovasi

Inovasi adalah proses pembaruan / penggunaan / pengembangan dengan menciptakan hal baru yang berbeda dari sebelumnya. Inovasi juga dapat diartikan sebagai penemuan baru dalam teknologi atau sebagai kemampuan untuk memperkenalkan penemuan baru yang berbeda dari yang sebelumnya. Orang yang berinovasi disebut inovator. Inovasi harus bermanfaat bagi inovator atau orang lain.


Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian Inovasi menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut Stephen Robbins

Menurut Stephen Robbins, inovasi adalah ide baru yang digunakan untuk memulai atau meningkatkan produk atau proses dan layanan.


2. Menurut Van de Ven, Andrew H.

Menurut Van de Ven, inovasi adalah pengembangan dan implementasi ide-ide baru oleh orang-orang yang bertransaksi dengan orang lain dalam struktur organisasi dalam periode waktu tertentu.


3. Menurut Kuniyoshi Urabe

Menurut Kuniyoshi Urabe menjelaskan bahwa inovasi bukanlah fenomena satu kali, tetapi proses yang panjang dan kumulatif yang mencakup banyak proses dalam pengambilan keputusan di dan oleh organisasi, dari penemuan ide hingga implementasinya di pasar.


4. Menurut Everett M. Rogers (1983)

Menurut Everett M. Rogers menjelaskan bahwa inovasi adalah gagasan, gagasan, praktik, atau objek / objek yang disadari dan diterima sebagai sesuatu yang baru oleh seseorang atau kelompok yang akan diadopsi.


5. Menurut Stephen Robbins (1994)

Menurut Stephen Robbins, inovasi adalah ide baru yang digunakan untuk memulai atau meningkatkan produk atau proses dan layanan.


Jenis-Jenis Inovasi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis inovasi, antara lain:


1. Mengingat kecepatan perubahan dalam proses inovasi, ada dua jenis inovasi:

  • Inovasi radikal yang dilakukan dalam skala besar oleh para ahli di bidangnya dan biasanya dikelola oleh departemen penelitian dan pengembangan. Inovasi radikal ini sering dilakukan di lembaga manufaktur dan jasa keuangan.
  • Inovasi tambahan adalah proses mengadaptasi dan mengimplementasikan perbaikan kecil.

2. Ada dua jenis inovasi berdasarkan fungsi, yaitu:

  • Inovasi teknologi dapat berupa produk, layanan, atau proses produksi, dan inovasi administratif dapat memiliki fitur organisasi dan struktural.
  • Inovasi sosial (Brazeal & Herbert, 1997).

Ciri-Ciri Inovasi

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri inovasi, antara lain:

  • Sebuah inovasi dengan makna khusus memiliki sifat-sifat yang unik dalam hal ide, program, pesanan dan sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diharapkan.
  • Memiliki kualitas atau unsur kebaruan dalam arti suatu inovasi harus memiliki kualitas sebagai karya dan pemikiran yang memiliki tingkat orisinalitas dan kebaruan tertentu.
  • Dalam suatu program inovasi yang dilaksanakan oleh program yang direncanakan, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan oleh suatu proses yang tidak tergesa-gesa, tetapi inovasi tersebut dipersiapkan dengan cermat sebelumnya dengan program yang jelas dan terencana.
  • Inovasi yang diperkenalkan memiliki satu tujuan. Program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai tujuan ini.

Tujuan Inovasi

Inovasi muncul karena ide dan tujuan tertentu harus dicapai oleh orang-orang. Tujuan dari inovasi adalah sebagai berikut:


1. Meningkatkan kualitas

Secara umum, tujuan inovasi di berbagai bidang adalah untuk meningkatkan kualitas dan nilai hal-hal yang sudah ada, baik itu produk atau jasa. Dengan inovasi terbaru, kami berharap produk-produk ini memiliki kelebihan dan manfaat yang lebih berharga dari sebelumnya.


2. Mengurangi biaya

Inovasi seharusnya membantu mengurangi biaya, terutama biaya tenaga kerja. Misalnya, saat ini banyak mesin atau perangkat diciptakan yang dapat menggantikan pekerjaan manusia dalam proses produksi.

Dengan hadirnya mesin dan peralatan ini, biaya tenaga kerja untuk produksi akan berkurang. Selain itu, penggunaan mesin dan peralatan dalam pembuatan barang / jasa tertentu menghasilkan kinerja yang lebih baik.


3. Buat pasar baru

Dengan adanya produk yang memiliki nilai lebih tinggi karena inovasi yang telah dirilis, ini akan menciptakan pasar baru di masyarakat.


4. Perluas jangkauan produk

Ada banyak penyedia e-commerce saat ini. Pengusaha memperluas jangkauan produk mereka dengan menggunakan Internet, yang lebih banyak pelanggan potensial dapat mengakses.


5. Ganti produk / layanan

Inovasi juga bertujuan untuk mengganti produk atau layanan yang dianggap kurang efektif / efisien. Salah satunya adalah inovasi yang terjadi pada mesin sepeda motor yang sekarang lebih ekonomis.


6. Pengurangan konsumsi energi

Orang selalu ingin menghemat energi karena ada begitu banyak inovasi yang dilakukan orang. Salah satunya adalah keberadaan sumber energi terbaru yang menggunakan alam, seperti energi matahari, angin dan air, sebagai sumber energi listrik.


Manfaat Inovasi

Setelah memahami beberapa poin inovasi di atas, Anda perlu memahami manfaat inovasi sendiri. Pada dasarnya, titik ini tidak berbeda secara signifikan dari titik sebelumnya. Manfaat dari inovasi pada umumnya adalah kenyamanan, kekuatan dan sejenisnya. Jadi inovasi dilakukan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik, lebih fungsional, lebih sederhana, dan sejenisnya. Itulah keunggulan inovasi dan tujuan inovasi itu sendiri. Jika Anda dapat berinovasi untuk hal baru atau untuk hal-hal yang sudah ada, kemungkinan Anda dapat bersaing untuk itu. Pada dasarnya, orang cenderung bosan. Jika Anda inovatif, Anda bisa mengatasinya. Tidak hanya untuk orang lain, orang-orang yang pandai dalam inovasi dapat melawan kebosanan dengan berbagai cara.


Contoh Inovasi

Memproduksi produk PC Tablet Wakamini domestik seolah-olah Anda tidak ingin melakukannya tanpa perangkat baru seperti produk lain. Indonesia telah meluncurkan inovasi baru dalam pembuatan produk PC Tablet Wakamini. Wakamini terbukti mampu bersaing dengan produk luar. Zyrex adalah produsen peralatan komputer Indonesia yang memproduksi PC tablet Wakamini MP 1291 Multi Touch dan Wakatobi Mini 963 series, yang diklaim 100% diproduksi di Indonesia. Harganya antara 3 juta rupiah.


Demikian Pembahasan Tentang Inovasi: Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, Ciri, Tujuan, Manfaat dan Contoh dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */