Materi Museum

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Museum? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian menurut para ahli, fungsi, sejarah dan jenis.

Museum

Pengertian Museum

Museum ini secara etimologis berasal dari bahasa Yunani klasik. Dalam bahasa Yunani klasik, museum ini berasal dari kata “Muze”. Muze adalah koleksi 9 dewi yang melambangkan sains dan seni.

Berdasarkan makna kata tersebut, museum dapat dijelaskan sebagai tempat penyimpanan benda-benda kuno (ziarah) sehingga tujuan dapat dilihat dan dipelajari kembali untuk mendapatkan wawasan dan menjadi tempat relaksasi.

Museum adalah tempat atau lembaga yang mengumpulkan, menyimpan, dan memamerkan benda-benda yang bisa menjadi sumber pengetahuan seperti sejarah, seni, ilmu alam, dll.


Pengertian Museum Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian museum menurut para ahli, antara lain:


1.  Menurut Advaced Dictionary

Museum adalah bangunan yang memamerkan benda-benda yang memiliki nilai artistik, historis, ilmiah, dan lainnya.


2. Menurut  A.C. Parker

Museum adalah institusi yang secara aktif menjelaskan dunia, manusia, dan alam.


3. Menurut  Douglas A. Allan

Museum adalah bangunan yang berisi koleksi benda untuk penelitian dan kesenangan.


Fungsi Museum

Berikut ini terdapat beberapa fungsi museum, antara lain:

  • Pengumpulan dan keamanan warisan alam dan Bidaya
  • Dokumentasi dan penelitian ilmiah
  • Konservasi dan konservasi
  • Penyebaran dan orientasi pengetahuan kepada publik
  • Pengenalan dan apresiasi seni
  • Visualisasi warisan alam dan budaya
  • Sebuah refleksi dari pertumbuhan peradaban manusia
  • Generator rasa terima kasih dan pengabdian kepada Allah SWT

Sejarah Museum

Untuk mengetahui seperti apa sejarah sebuah museum, kita dapat melihat kembali ke asal usul kata museum itu sendiri. Jika pengertiannya dijelaskan bahwa museum berasal dari kata “Muze”, maka kali ini akan lebih jelas dijelaskan tentang Museion.

Museion adalah tempat tinggal Muze, yaitu 9 anak dewi Zeus. Dengan perkembangan era Museion, pekerjaan untuk para ahli di Yunani kuno juga berkembang. Contoh ahli yang bekerja di museum adalah Plato dan Phytagoras.

Karena merasa bangkrut di Museion, mereka melihat tempat itu sebagai tempat penyelidikan, filsafat, sains, dan seni.

Pengetahuan terus tumbuh dari waktu ke waktu sampai sebuah museum akhirnya dibangun di Alexandria. Museum ini adalah museum tertua untuk sains dan seni.

Pada awalnya, bangunan museum adalah tempat di mana benda dan alat untuk penelitian ilmiah dan artistik dikumpulkan. Namun, koleksinya terus bertambah hingga museum ini menjadi tempat mengumpulkan benda-benda yang dianggap unik dan aneh.

Perkembangan berlanjut sampai Abad Pertengahan. Pada saat itu, para petinggi, seniman, dan ilmuwan terbaik menyimpan barang-barang pribadi mereka di museum ini.

Berkembangnya waktu berarti bahwa hasil seni visual terus meningkat baik di dalam maupun di luar Eropa. Nah, ini adalah cikal bakal tumbuhnya museum di Eropa.

Karena perubahan dalam peradaban dan pembangunan, banyak museum telah dibangun di berbagai belahan dunia maupun di Indonesia.


Jenis – Jenis Museum

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis museum, antara lain:


1. Jenis museum berdasarkan tingkat koleksi

  • Museum Nasional adalah sejenis museum, yang tingkat koleksinya sesuai dengan kelas nasional atau tingkat nasional. Museum ini umumnya berisi berbagai benda yang berasal dari berbagai daerah suatu negara.
  • Museum Regional adalah jenis museum yang hanya memiliki koleksi terbatas dan hanya ada di wilayah regional. Museum biasanya berasal dari koleksi regional di mana museum berada.
  • Museum lokal adalah jenis museum yang memiliki tingkat koleksi hanya di tingkat regional. Benda-benda yang dikumpulkan di museum terbatas pada warisan dan budaya yang ada di wilayah tersebut.

2. Jenis museum berdasarkan operasinya

  • Museum Pemerintah adalah museum yang dipegang dan dikelola oleh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
  • Museum pribadi adalah salah satu museum yang tidak dipegang oleh pemerintah. Museum ini didirikan dan diorganisir oleh perorangan, tetapi belum disetujui oleh pemerintah.

3. Jenis museum berdasarkan koleksi

  • Museum publik adalah jenis museum yang mengumpulkan benda-benda dalam bentuk kumpulan bukti material dari orang-orang dan lingkungan mereka yang terkait dengan urusan publik. Koleksi di museum ini bisa berupa berbagai disiplin ilmu yang tidak berspesialisasi dalam satu cabang.
  • Museum khusus, museum yang koleksinya berkaitan dengan cabang ilmu pengetahuan, cabang teknologi dan lain-lain. Tidak ada koleksi di luar bidang pengetahuan, seni dan teknologi di museum ini.

4. Jenis museum berdasarkan International Council of Museum (ICOM)

  • Museum seni atau museum seni adalah museum yang mengelola, menyimpan, dan mengumpulkan benda-benda yang berhubungan dengan seni.
  • Museum Arkeologi dan Sejarah, sebuah museum yang berisi benda-benda purbakala dan sejarah yang menyimpan sejarah dan peradaban umat manusia.
  • Museum Nasional umumnya menyimpan benda-benda dari berbagai daerah di negara di mana museum berada.
  • Museum Sejarah Alam, museum ilmu alam, di mana ada pertanyaan tentang peradaban ilmu alam.
  • Museum Sains dan Teknologi adalah jenis museum, yang isinya berkaitan dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Museum khusus atau museum khusus umumnya didedikasikan untuk objek tertentu yang berbeda dari lima jenis museum sebelumnya.

Demikian Pembahasan Tentang Museum: Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Sejarah dan Jenis dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */