Musik Mancanegara

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Musik Mancanegara? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain:

Sejarah-Musik-Mancanegara

Musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi).


Pengertian Musik Mancanegara

Musik tradisional adalah musik yang dipengaruhi oleh adat, tradisi dan budaya masyarakat tertentu. Pada umumnya, musik tradisi menjadi milik masyarakat bersama. Tidak diketahui siapa pencipta dari musik tradisi, baik yang berupa music instrumental maupun vokal. Musik tradisional dengan kesederhanaannya merupakan warisan seni budaya leluhur yang memiliki niali tinggi. Karena tingginya nilai musik ini maka musik ini selalu dicintai dan dipertahankan atau dilestarikan oleh masyarakat. Istilah musik tradisional ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dunia, seperti negara-negara di Eropa musik tradisinya ialah Musik Klasik,Musik Jazz, Musik Blues, Musik Countri, Musik Ska, dan Musik Reggae.

Musik Mancanegara adalah music yang dipengaruhi oleh adat, tradisi, budaya masyarakat setempat dalam suatu negara. Sebuah musik tradisional mancanegara menggambarkan kebudayaan yang dianut. Musik  Mancanegara memiliki ciri khas, karakter, dan keunikan sendiri. Musik Mancanegara  umumnya berperan dalam acara keagamaan, acara pesta panen, atau acara perhelatan perkawinan.

Beberapa negara di dunia memiliki music dengan jenis dan macamnya yang beraneka ragam dan berbeda. Di Prancis, permainan musik accordion berfunggsi sebagai pengiring dansa. Irlandia dan Eropa Timur, masyarakat tradisional dengan bersemangat memainkan alat musik biola sebagai hiburan dan acara pesta. Di Scotlandia dengan alat musik bagpipe (pipa berkantung) digunakan untuk bersenandung dan sebagai kelompok musik militer Scotlandia dengan  kelengkapan genderang.

Fungsi musik tradisional India , negara yang mayoritas beragama Hindu ini musik digunakan untuk mengiringi tari-tarian; untuk tata suara teater tradisional sampai teater modern atau film ; untuk upacara keagaaman (Hindu); dan sebagai musik istana(kerajaan). Di RRC orang-orang Thionghoa memainkan music tradisional fungsinya adalah sebgai pengiring opera atau teater tradisional China, untuk upacar apanen dan upacara adat, dan sebagai musik kerajaan(istana) pada zaman dahulu.


Di Jepang (negara Sakura) seni musik tradisional merupakan seni yang mendapat tempat di negerinya karena orang Jepang, meskipun bangsa maju (modern), mereka tetap memegang teguh dan menjunjung tinggi nilai-nilai kepribadian  dan adat luhur bangsa.  Seni musik dijunjung tinggi untuk mengantar sejenis pemujaan  berhala. Musik dalam upacara tersebut dinamakan “ Kamin Gura” (music kami). Disamping itu musik digunakan dalam mengiringi pawai tradisi.

Di negeri Korea dikenal Chwita adalah jenis music militer yang dimainkan di istana ketika gerbang utama dibuka untuk menyambut kedatangan raja yang pulang dari perjalanan, juga untuk menyambut utusan asing atau pawai militer. Musik rakyat Korea dapat dibedakan menjadi banyak jenis, antara lain nongak (musik petani), minyo dan pansori. Fungsi musik tradisional di Afrika Selatan dikenal alat musik terompet tradisional yang menghasilkan suara yang cukup keras yang berfungsi untuk memberikan semangat.


Makna Musik Mancanegara

Musik mancanegara dapat diartikan dengan musik modern. Adapun mancanegara berarti negara yang berasal dari luar negeri atau negara asing. Jadi, musik mancanegara adalah musik yang berasal dari luar negeri atau musik modern yang berasal dari luar negeri.


Sejarah Musik Mancanegara

Berikut dibawah ini terdapat beberapa sejarah musik mancanegara, antara lain sebagai berikut:


  • Zaman Yunani Kuno dan Romawi Kuno

Para ahli meyakini perkembangan musik di barat berawal dari musik Yunani dan Romawi Kuno, yaitu pada tahun 500 SM sampai 300 SM. Bangsa Yunani menganggap bahwa musik merupakan salah satu cabang seni yang sangat penting, sehingga timbul anggapan bahwa orang-orang yang berpendidikan tinggi dan berbudi luhur disebut orang musikal. Sebaliknya, orang-orang bodoh dan berbudi rendah disebut orang tidak musikal. Bagi bangsa Yunani, musik berfungsi sebagai berikut.

  1. Iringan upacara religius
  2. Iringan upacara kerajaan
  3. Iringan drama, tari, sastra, atletik, dan hiburan

  • Abad Pertengahan (Abad V-XVI)

Abad pertengahan berada di antara zaman akhir kerajaan Roma (476) dan zaman bangkitnya ilmu pengetahuan dan munculnya berbagai penemuan. Musik yang dulunya terdiri dari satu suara (monofonik) bertambah menjadi beberapa suara (polifonik).

Pada abad ini terdapat perkembangan perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik. Pencetus tulisan musik atau notasi musik ini adalah Guido d’Arezzo. Musik abad pertengahan dikelompokan menjadi tiga, yaitu :

  1. Periode permulaan. Pada periode ini musik berkembang sangat lambat dan hanya meneruskan musik pada masa Yunani Kuno dan  Romawi Kuno.
  2. Periode pertengahan. Pada periode ini musik gregorian mulai berkembang.
  3. Periode akhir abad pertengahan. Pada periode ini berkembang musik yang tumbuh di luar gereja, yakni musik duniawi dan musik organum.

Pelopor musik pada abad pertengahan adalah Guillanme Dufay dari Perancis dan Adam de la Halle dari Jerman.


  • Zaman Renaissance (Abad XVI-XVII)

Renaissance artinya “terlahir kembali”.Pada abad ini perkembangan musik gereja merosot, sedangkan musik duniawi mulai mendapat perhatian dan kedudukan yang makin penting. Instrumen musik , dulunya hanya sebagai pengiring lagu, mulai dibuat komposisinya. Instrumen orgel mendapat perhatian di Italia dan Jerman, sedangkan di Inggris lebih memperhatikan instrumen pendahulu piano yaitu virginal. Komponis terpenting abad Renaissance adalah Frescobaldi (1583-1644 Italia), Scheidt (1857-1654), Scheid Mann (1595-1663, Jerman), dan Bull (1563-1628, Inggris). Opera mulai berkembang dengan menggunakan permainan solo sebuah instrumen (solistis) dan Koor besar.


  • Zaman Barok dan Rakoko

“barok” dan “rokoko”dipinjam dari dunia arsitektur. Kata barok berarti aneh, penuh hiasan, rumit, berbelit-belit, berlebihan, serta memenuhi tempat dan wadah, baik sengan tindakan, gerakan, bunyi, hiasan, maupun warna. Kemajuan pada abad ini terdapat dua aliran yang sifatnya hampir sama. Pada aliran Barok dan Rokoko sama-sama menggunakan ornamentik (hiasan musik). Tetapi pada aliran Barok memakai ornamentik yang diserahkan pada improvisasi spontan oleh pemain.

Sedangkan pada Rokoko semua ornamentik dicatat. Masyarakat pada Zaman Barok tidak hanya melihat kemanusiaan dan keberadaannya secara seutuhnya sebagaimana pada Zaman renaissance dengan humanismenya. Masyarakat pada Zaman Barok lebih memerhatikan perasaan dan imajinasi. Komponis-komponis pada abad Barok dan rokoko ini diantaranya Johan Sebastian Bach (1685-1750) dari Jerman dan George Frederick haendel (1685-1759) dari London.


  • Zaman Klasik (Abad XVIII-Awal Abad XIX)

“klasik” dipinjam dari satu bentuk jenis dalam dunia sastra yang memberi ciri-ciri ketaatan pada kaidah-kaidah formal bentuk dan struktur komposisi dalam mencapai keseimbangan dan kesempurnaan musik. Abad klasik diawali sepeninggal Bach dan Handel, sekitar tahun 1750). Musik zaman klasik memiliki ciri sebagai berikut.

  1. Menggunakan peralihan dinamik crescendo atau decrescendo.
  2. Perubahan-perubahan tempo dengan accelerando dan ritardando.
  3. Pembatasan nada-nada hias (ornamentik).
  4. Pemakaian akor tiga nada.

  • Zaman Romantik (Abad XIX-Awal Abad XX)

Musik romantik sangat mementingkan perasaan yang subjektif. Musik bukan saja digunakan untuk mencapai keindahan nada-nada,tetapi dipergunakan untuk mengungkapkan perasaan, sehingga banyak menggunakan dinamik dan tempo. Sajian musiknya tidak menggunakan nada-nada hias kecuali trill.

Komponis-komponis yang terkenal antara lain :

  1. Ludwig Van Beethoven dari Jerman.
  2. Franz Peter Schubert dari Wina.
  3. Francois Frederick Chopin dari Polandia.
  4. Robert Alexander Schumann dari Jerman.
  5. Johannes Brahms dari Jerman.

  • Zaman Peralihan (Abad XX)

Sesungguhnya zaman kebesaran Romantik telah selesai sepeninggal Wagner. Zaman setelah Romantik bersifat membelakangi adat kebiasaan pada zaman Romantik. Munculnya berbagai unsure gaya yang tegas menunjukan arah pembaharuan yang berarti Revolusi musik. Komponis zaman peralihan menuju modern di antaranya : Cesar Auguste Franck (1882-1890), Gustav Mahler (1860-1911), Peter Ilyich Tschaikovsky (1840-1893), dan Sergei Rachmaninoff (1873-1943).


  • Zaman Modern (Abad XX-Sekarang)

Musik pada zaman modern tidak mengakui adanya hukum-hukum dan peraturan-peraturan karena kemajuan IPTEK yang semakin pesat, dan berkembangnya globalisasi dunia yang juga berimbas di perkembangan musik dunia. Salah satu tujuan modernisme adalah emansipasi dan pembebasan dari keterbelengguan, keterikatan dasar, dan pembatasan. Komponis zaman modern antara lain :

  1. Claude Archille Debussy dari Perancis.
  2. Bella Bartok dari Hongaria.
  3. Maurice Ravel dari Perancis.
  4. Igor fedorovinsky dari Rusia.
  5. Edward Benyamin Britten dari Inggris.

Perkembangan lagu menyesuaikan perkembangan musik pada waktu itu, kebanyakan lagu-lagu dari zaman Yunani hingga zaman peralihan berorientasi klasik atau berbentuk seriosa dengan iringan musik orkestra.


Jenis Musik Mancanegara

Berikut dibawah ini terdapat beberapa jenis musik mancanegara, antara lain sebagai berikut:


  • Musik Klasik

Musik klasik adalah musik yang diproduksi dalam seni, atau berakar dalam, tradisi music liturgi Barat dan sekuler, yang mencakup periode yang luas dari sekitar abad ke-9 untuk menyajikan norma-norma sentral times.ciri ciri dan elemen dari musik klasik adalah

  1. Didominasi oleh musik gesek dan tiup.
  2. Tidak menggunakan beat (drum-set) secara konstan.
  3. Tidak menonjolkan ritme pada melodi dan harmoni. Fungsi dari musik klasik adalah Meningkatkan kecerdasan majemuk,Memfasilitasi ikatan emosional orang

tua dan anak anak Membangun ketrampilan sosial dan emosional anak, oleh karena itu musik klasik sering digunakan untuk terapi penyembuhan atau terapi penghilang stress dan tekanan emosional jiwa.


  • Musik jazZ

Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan music Eropa, terutama musik band ciri ciri dan elemen daru musik jazz adalah :

  1. Vokal dan lirik cenderung dianggap sebagai bagian dari bunyi instrumen
  2. Harmoninya rumit, memiliki tonalitas yang luas dan sering terjadi modulasi
  3. Ritme dan melodi memiliki kecenderungan.

Contoh alat musik yang biasa digunakan adalah Gitar, Trombon, Piano, Trompet, Saksofon.

Musik Jazz pertama kali dikembangkan oleh bangsa Afrika-Amerika sekitar abad ke-20 di New Orleans, Amerika Serikat.

Pemusik-pemusik Jazz, antara lain :

  1. Sidney Bachet,
  2. Dexter Gorden,
  3. Ella Fitzgerald,
  4. Bille Holidy,
  5. Jelly Roll Morton,
  6. Louis Amstrong,
  7. Wynton Marsalis,
  8. Miles Davis,
  9. Pranco D’ Andrea,
  10. Mark Turner,
  11. Joe Lavono, dan
  12. John Coltrane.

  • Musik Country

Musik country adalah campuran dari sejumlah unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan dan Pegunungan Appalachia.

Contoh dari ala musik country yang biasa digunakan adalah   Gitar,gitar bass, Biola ,drum, steel guitar mandolin, dobro,banjo,harmonika.


  • Musik Blues

Blues adalah sebuah aliran musik vocal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS).contoh dari alat musik blues adalah Gitar, KlarinetGitar Bass ,Trompet, Saksofon, Double Bass, Trombon, Drum, Piano.


  • Musik reggae

Reggae merupakan irama musik yang berkembang di Jamaika.

Contoh alat musik dari jenis renggae adalah Drum,  Bass,  Guitars,  Keyboard.

Tokoh musik reggae, antara lain : Jimmy Cliff dan Bob Marley (Jimmy Cliff dikenal sebagai musisi reggae sedangkan Bob Marley dikenal sebagai musisi yang membawa musik reggae ke Amerika).


  • Musik Rock

Musik ini memiliki gaya rithym and blues. Musik rock mendominasi musik populer di Barat sejak tahun1955 dan musik ini mempunyai ciri khas bervoltase tinggi.

Ciri umum musik rock :

  1. Tempo bervariasi,
  2. Lirik lagu cenderung ekspresif,
  3. Wilayah nada luas,
  4. Kekuatan musik pada dinamika aransemen, dan
  5. Beat cenderung keras.

Artis atau musisi rock mancanegara (barat), antara lain :

  • Jon Bon Jovi,
  • Queen,
  • White Lion,
  • Def Leppard
  • Van Hallen dan
  • Deep Purple.

  • Musik R & B

Musik ini didukung oleh sebagian besar masyarakat Afrika-Amerika pada awal 1940. R & B pertama kali diciptakan oleh Jr. Wexler yang terkenal dengan Atlatic Records-nya. R & B ini cenderung mengutamakan kemampuan improvisasi melodi, khususnya vokal para penyanyi dengan harmonisasi yang progresif.

Penyanyi dan group vokal R & B, antara lain :

  1. Mary J. Bilige,
  2. TLC,
  3. R. Kelly, dan
  4. Maxvell

  • Musik POP

Musik pop adalah musik ringan, sederhana yang disenangi masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Contoh musik pop, yaitu : musik R & B, musik Jazz, musik country, Penyanyi dan grup band pop mancanegara, antara lain :

  1. Whitney Housten,
  2. Britney Spears,
  3. Robbie Williams,
  4. Group band Westlife, dan
  5. Backstreet Boys.

Jenis Musik Mancanegara Kawasan Asia

Musik di Asia menurut bentuknya ada  4  macam antara lain:

  1. Musik Melayu
  2. Musik Oriental
  3. Musik Hindustan
  4. Musik Timur Tengah/ padang Pasir

Musik Melayu adalah jenis musik yang lahir dan berkembang di kawasan daerah rumpun melayu yang meliputi Negara Malaysia, Singapura, Philipina, Brunai Darusalam dan di Indonesia di Sumatra Barat dan Riau dengan ciri khasnya adalah menggunakan  kendang tradisional berukuran besar atau rebana dan membawa sentuhan berdendang dan  jogged melayu,Instrumen yang dominan adalah biola, accordion dan gong..

Ciri-ciri musik melayu:

  1. alat musiknya kendang tradisional berukuran besar, biola, akordion dan gong
  2. menggnakan tangga nada diatonik
  3. menggunakan bahasa melayu/ logat melayu
  4. membawa sentuhan berdendang dan ingin berjoged.

Lagu- lagu melayu: Selayang Pandang, Cindai, Isabela


Keunikan musik melayu adalah iramanya membawa untuk berdendang dan berjoged.

Musik Oriental adalah musik yang lahir dan berkembang di kawasan Asia Timur seperti di Negara Jepang, Korea, Cina. Musik Oriental berkembang di Cina, Korea, Jepang. Keunikan pada musik Cina maupun Jepang adalah pada instrumen khususnya alat musik string baik yang dipetik maupun yang digesek. Tangga nada yang digunakan adalah tangga nada pentatonic (1 2 3 5 6) (do re mi sol la). Karena instrumen yang unik dan khas maka sudah barang tebtu ketika dimainkan akan menimbulkan suasana musik yang amat ekspressif. Contoh alat musik string Cina dan Jepang :

  1. Koto adalah gitar klasik Jepang ke-13 senarnya yang dimainkan dengan dua tangan dapat menghasilkan musik yang sangat ekspressif.
  2. Qina Adalah siter Cina, Setiap senar berjumlah empat belas menghasilkan nada rendah dan tinggi tergantung pada sisi mana kuda-kuda tempat senar ditabuh.
  3. Shamisen adalah kecapi berleher panjang yang sering dimainkan di Jepang. Ketiga senar shamisen disetem dalam berbagai macam nada, termasuk satu seteman untuk musik gembira. Pemain menggunakan pemetik. Senar dan penabuh perut dari kulit kucing. Perut di pelurut dengan kulit domgba untuk menahan pukulan pemetik.
  4. San xian adlah kecapi Cina yang mirip denga shamisen Jepang. San xian berarti tiga senar.

Ciri musik Oriental antara lain:

  1. alat musik yang dominan adalah alat musik string
  2. menggunakan tangga nada pentatonis
  3. musiknya menimbulkan suasana ekspresif

Lagu-lagu Oriental contohnya: -Qing Fei De Yi, Wo Aini, Kokoronotomo.


Keunikan musik Oriental adalah Instrumennya menimbulkan suasana ekspresif

Musik Hindustan adalah jenis musik yang lahir dan berkembang di kawasan India dan sekitarnya.Musik ini lebih menekankan pada permaianan alat musik membraphone. Musik Hindustan tumbuh dan berkembang di negara India, Pakistan, Bangladesh, tetapi yang paling dominan adalah di negara India. Ciri khasnya adalah terletak pada ritme yang disebut tabla, dan instrumen string yang disebut gitar. Instrumen musik India antara lain :

  • Tabla adalah sepasang drum uang memimpin gitar dan tambura dalam musik klasik India. Pemain tabla memukul bagian tengah kulit pukul dengan jari sedangkan telapak tangan menekan bidang pukul untuk membuat variasi nada.
  • Sitar adalah gitar klasik India semacam kecapi yang memilikki tujuh senar utama yang terbentang melewati fret logam lengkung. Fret ini memungkinkan pemain untuk mengatur senar dan musik turunkan nada yang membuat bunyi senar meliuk-liuk.
  • Tambura seperti juga gitar, alat musik ini pengiring gitar dalam musik klasik India berujud kecapipanjang. Dibalik melodi gitar yang ramai tambura berfungsi sebagi pendengung yang mantap.
  • Sarangi adalah rebab India. Badannya yang berbentuk bongkahan ditegakkan dan dimainkan dengan penggesek. Senar harmoni terbentang diatas lubang dipapan bilah yang lebar.

Keunikan Musik Mancanegara

Keunikan mancanegara dapat dilihat dari jenis aliran musiknya. Sebagai contoh, musik jazz. Musikm ini memiliki karakter yang khas, yaitu permainan improvisasi yang menonjol. Munculnya ide atau gagasan melodi tersebut tanpa dipersiapkan terlebih dahulu.. improvisasi yang sering dilakukan pada musik jazz, yaitu penggunaan nada-nada sinkop dan penggunaan tangga nada yang sering bukan merupakan akor yang sedang dimainkan. Keunikan “simponi No. 5” karya L. V. Beethoven terletak pada ide dasar penciptaannya, yaitu penggunaan motif melodi pendek dan sederhana. Motif tersebut diulang-ulang dengan pengembangan sehingga membentuk sebuah karya musik yang indah.


Ciri-Ciri Jenis Musik Hindustan:

  1. Alat musiknya menggunakan table, tambora, sitar dan serangi
  2. Iramanya dinamis
  3. Instrumennya yang dominan alat musik membraphone (tabla dan tambora)
  4. Menimbulkan rasa ingin berjoged

Contoh lagu Hindustan: Khuch-khuch hu tahe


Keunikan lagu Hindustan instrumennya dinamis dan menimbulkan suasana berjoged.

Musik Timur Tengah/ Padang Pasir yaitu jenis musik yang berkembang di kawasan Timur Tengah yaitu di Negara Arab dan sekitarnya, Kuwait, Mesir, Irak dll. bahkan ada yang menyebut musik timur tengah adalah irama padang pasir.  Musik yang paling menonjol adalah qasidah yaitu lagu yang bernafaskan islam yang alur nadanya berorientasi pada irama padang pasir.

Dalam islam : sajak lirik dengan metrum yang sesuai untuk dinyanyikan atau disenandungkan; baikoleh penyanyi utnggal, paduan suara mauopun sahut-menyahut antara penyayi tunggal dan koor. Isinya berupa pengagungan terhadap ke-Esaan Allah SWT, melukiskan kebesaran Rasul-Nya, serta anjuran untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Sebagai alat pengiring biasanya digunakan “rebana”, dewasa ini juga meliputi alat-alat musik modern lainya.

Lagu-lagu Qasidah rebana berdasarkan tangga nada tradisional Timur Tengah yang selain memiliki skala nada diatonic juga terdapat dalam nada-nada mikrotonik seperti terdapat dalam alunan tangga nada al bayat, al rast, al sika, al’ajarm, al nakriez, al hijaz, dan al saba.


Instrumen yang khas dari Qasidah antara lain :

  1. Rebana adalah alat musik berupa kendang satu sisi dengan badan tidak rendah sesuai dengan kemampuan genggamann tangan.
  2. Gitar gambus adalah kecapi Arab yang kepalanya berbentuk S, badanya lebih dalam dan lehernya lebih sempit di banding kecapi klasik yang popular di Eropa.

Ciri Musik Timur Tengah:

  1. Alat musiknya menggunakan rebana dan gitar gambus
  2. Iramanya dinamis
  3. Syair lagunya sebagai pujian terhadap keagungan Allah, kebesaran Rasul, dan ajakan beramal serta berjihad di jalan Allah
  4. Menggunakan tangga nada tradisional Timur Tengah dalam skala nada diatonic dan mikrotonik

Contoh lagu Timur Tengah: Magadir, Ya Habibi, Salamualaika

KeunIkan Musik Timur Tengah adalah Musiknya bersifat Religius untuk kebesaran Tuhan serta berisi nasehat dalam ajaran Islam.


Fungsi dan Peranan Musik Bagi Masyarakat

Secara umum, musik bagi manusia memiliki peranan yang bersifat psikologis (jiwa manusia), sosiologis (kehidupan sehari-hari), pendagogis (pendidikan), dan kultural (kebudayaan manusia). Musik mancanegara memiliki peranan dalam kehidupan masyarakat, misalnya pada musik klasik dapat digunakan sebagai sarana peningkatan kecerdasan. Selain untuk kecerdasan, musik juga memiliki peranan dalam bidang terapi kesehatan. Selain itu, musik juga berperan untuk membantu pasien autisme. Oleh para terapis musik, pasien tersebut diajak untuk mengekspresikan diri dengan menggunakan bunyi-bunyian musik.

Musik juga berfungsi sebagai terapi penenang,media hiburan, media pendidikan,musik pengiring upacara keagamaan.


Nilai Estetika Seni Musik Mancanegara

Nilai estetika musik mancanegara bisa dilihat dari sudut keunikannya dengan musik lainnya atau musik tradisional.Keunikan mancanegara dapat dilihat dari jenis aliran musiknya. Sebagai contoh, musik jazz. Musikm ini memiliki karakter yang khas, yaitu permainan improvisasi yang menonjol. Munculnya ide atau gagasan melodi tersebut tanpa dipersiapkan terlebih dahulu.improvisasi yang sering dilakukan pada musik jazz, yaitu penggunaan nada-nada sinkop dan penggunaan tangga nada yang sering bukan merupakan akor yang sedang dimainkan.

Keunikan “simponi No. 5” karya L. V. Beethoven terletak pada ide dasar penciptaannya, yaitu penggunaan motif melodi pendek dan sederhana. Motif tersebut diulang-ulang dengan pengembangan sehingga membentuk sebuah karya musik yang indah.

Berikut ini adalah beberapa nilai estetika yang ada dalam musik mancanegara.


  • Keindahan unsur melodi

Melodi adalah suatu rangkaian nada-nada, serta nada-nada dari melodi membentuk suatu ide musikal yang komplit. Melodi adalah susunan rangkaian nada (bunyi dengan getaran teratur) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu. Melodi dapat naik dan turun, serta melodi juga dapat tetap di tempatnya untuk waktu singkat dan lama dalam satu nada, serta melodi juga mempunyai wilayah nada yang luas dan sempit. Terdapat beberapa elemen dalam unsur melodi, antara lain: tangga nada, sistem nada, jenis nada, sifat nada, kunci nada, dan interval nada.

Apabila kita mendengarkan musik, baik musik dangdut, musik pop, atau musik lainnya, kita mendengar rangkaian nada-nada yang bergerak naik dan menurun yang tersususn secara indah menyusun sebuah lagu. Rangkaian nada-nada ini yang disebut melodi. Melodi merupakan unsur musik kedua yang mempunyai kedudukan sangat penting dalam musik karena keindahan musik sangat di tentukan oleh keindahan melodinya, Tetapi di dalam menyatakan dirinya, melodi tidak dapat lepas dari irama, artinya bahwa suatu melodi bukan hanya sekedar rangkaian nada-nada saja, tetapi didalamnya sudah terkandung panjang pendeknya (nilai) dan kuat-lemahnya pukulan atau tekanan dari nada-nada tersebut.


  • Keindahan Unsur Harmoni

Harmoni atau paduan nada ialah bunyi gabungan dua nada atau lebih, yang berbeda tinggi rendahnya dan dibunyikan secara serentak. Harmoni adalah selaras, sepadan, bunyi serentak menurut harmoni, yaitu pengetahuan tentang hubungan nada-nada dalam akord, serta hubungan antara masing-masing akord. Harmoni adalah elemen musikal yang di dasarkan atas penggabungan secara simultan dari nada-nada, sebagaimana dibedakan oleh rangkaian nada-nada dari melodi. Melodi merupakan sebuah konsep horizontal, sedangkan harmoni adalah konsep vertikal.

Misalnya saja saat anda mendengarkan musik Angklung. Angklung adalah sebuah alat musik yang terbuat dari potongan bambu. Setiap angklung menghasilkan nada atau akord yang berbeda sehingga beberapa pemain harus bekerja sama untuk menghasilkan melodi yang indah. Saat Anda mendengarkan angklung maka suaranya sangat indahnya akan menggetarkan. Ketika angklung digoyangkan, semua tabung menciptakan harmoni yang menggambarkan kehidupan sebagaimana seharusnya.


  • Keindahan Unsur Bahasa

Seni musik adalah sebuah hasil karya yang di wujudkan dalam bentuk suara. Seni musik merupakan gagasan isi hati yang dicetuskan dan dikeluarkan secara teratur dan indah dalam bentuk bahasa bunyi yang dapat dihayati oleh pendengarnya. Untuk memahami struktur lagu dapat diperbandingkan dengan struktur kalimat dalam bahasa, yaitu : huruf = not, kata = motif, frase = frase, kalimat = kalimat musik, bait = alinea, lagu = karya (misal : puisi) Sebuah lagu seperti halnya karangan terdiri dari bab, kalimat, anak kalimat, kata, dan seterusnya, maka lagu juga dibagi dalam kalimat musik.

Menurut Muliono (Ed) (2007: 678) lirik mempunyai dua pengertian yaitu (1) karya sastra (puisi) yang berisi curahan perasaan pribadi, (2) susunan sebuah nyanyian. Dalam menggunakan lirik seorang penyair/pencipta lagu itu harus benar-benar pandai dalam mengolah kata. Melalui lagu, manusia mengekspresikan perasaan, harapan, aspirasi, dan cita-cita, yang merepresentasikan pandangan hidup dan semangat zamannya. Lirik lagu mempunyai kesamaan dengan sajak hanya saja dalam lirik lagu juga mempunyai kekhususan tersendiri karena penuangan ide lewat lirik lagu diperkuat dengan melodi dan jenis irama yang disesuaikan dengan lirik lagu dan warna suara penyanyinya.

Bahasa lirik lagu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bahasa puisi. Hal ini sesuai dengan pengertian lirik lagu menurut Semi (1988:106) yang mengatakan, “Lirik adalah puisi yang pendek yang mengekspresikan emosi”. Hal ini juga diperkuat pada definisi lain mengenai lirik lagu terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990:528), yaitu lirik lagu adalah karya puisi yang dinyanyikan.


  • Keindahan Unsur Tempo dan Dinamika.

Dinamika dan tempo dalam seni musik adalah keras lembutnya suara yang dikeluarkan serta cepat dan lambatnya sebuah musik dimainkan. Tempo dan dinamika merupakan unsur-unsur ekspresi yang mendukung keindahan karya musik pada saat ditampilkan.Tempo ini akan mampu menghidupkan suatu lagu karena biasanya tempo dalam sebuah lagu sering berubah ubah sesuai dengan pengungkapan yang diinginkan oleh penciptanya. Dinamika ini merupakan suatu kekuatan dalam yang menyebabkan musik menjadi hidup dan menarik.

Nilai Estetis dalam seni yang merupakan untaian mutiara nilai estetis yang artistik, dapat mendekatkan manusia pada nilai-nilai keindahan. Keindahan yang identik dengan estetis, dapat terlukiskan dalam bentuk karya seni musik. Keindahan yang mau dicapai dalam seni musik didukung oleh unsur pokok musik dan unsur penunjangnya, seperti sastra lagu dan media ungkapnya. Sastra lagu menunjang daya untuk membangun nilai estetis dari jalur bahasa dan komposisi melodi nada-nada dari jalur lagu. Keduanya harus menyatu, saling bersama, dan berperan seimbang, menuju apa yang dihasratkan seniman pencipta.


Demikian Pembahasan Tentang 8 Jenis Musik Mancanegara: Pengertian, Sejarah, Keunikan dan Nilai Estetika dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:
/* */