Materi Nilai Pelanggan

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Nilai Pelanggan? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, manfaat, dimensi dan strategi.

Nilai-Pelanggan

Pengertian Nilai Pelanggan

Manfaat pelanggan adalah salah satu ikatan emosional yang muncul antara pelanggan dan produsen dalam bentuk manfaat ekonomi, fungsional dan psikologis yang dihasilkan dari konsekuensi penggunaan produk dan layanan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

Nilai total pelanggan termasuk nilai fungsional produk, layanan, nilai emosional, sosial dan kondisional. Sedangkan total biaya termasuk hadiah uang tunai, waktu, pengeluaran, energi dan psikologi.


Manfaat Nilai Pelanggan

Berikut ini terdapat beberapa manfaat nilai pelanggan, antara lain:

  • Ciptakan loyalitas dan loyalitas pelanggan
  • Tingkatkan pangsa pasar
  • Bantu modal pelanggan
  • Bangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat

Dimensi Nilai Pelanggan

Berikut ini terdapat beberapa dimensi nilai pelanggan, antara lain:

  • Nilai produk adalah penilaian seberapa besar laba yang dapat dihasilkan pelanggan pada produk yang ditawarkan oleh produsen. Perusahaan dapat memberi manfaat bagi pelanggan melalui fungsi, keandalan, daya tahan, model, dan desain produk.
  • Nilai layanan adalah nilai yang membedakan suatu produk dari produk para pesaingnya. Nilai layanan dapat dilihat dari bentuk atau proses layanan yang diterima pelanggan, terlepas dari apakah layanan tersebut cepat dan masuk akal.
  • Nilai pribadi adalah ukuran dari kemampuan dan keahlian karyawan. Nilai staf tercermin dalam keterampilan komunikasi, kecepatan dan ketepatan serta dalam kesopanan dan keramahan staf terhadap pelanggan.
  • Nilai Gambar adalah seperangkat nilai yang dihasilkan dari persepsi pelanggan terhadap semua komponen yang membangun reputasi perusahaan. Nilai gambar dapat dilihat melalui produk, merek, lokasi, dll.
  • Hadiah uang tunai adalah uang yang dikeluarkan pelanggan saat membeli suatu produk.
  • Biaya waktu adalah waktu yang dihabiskan pelanggan untuk membeli suatu produk. Biaya waktu dihasilkan dari kecepatan transaksi.
  • Biaya fisik, yaitu jumlah energi yang digunakan pelanggan ketika membeli suatu produk.
  • Biaya kesehatan mental adalah beberapa biaya dalam bentuk kegembiraan atau kepuasan saat membeli layanan atau mengkonsumsi produk.

Tingkatan Nilai Pelanggan

Berikut ini terdapat beberapa tingkatan nilai pelanggan, antara lain:

  • Atribut produk atau layanan (atribut produk): Pelanggan melihat produk atau layanan sebagai sekumpulan atribut dan atribut kinerja.
  • Konsekuensi produk dan layanan (urutan produk), konsekuensi yang diinginkan oleh pelanggan ketika informan membeli dan menggunakan produk dan layanan.
  • Maksud dan tujuan pelanggan (tujuan dan tujuan pelanggan) adalah pelanggan yang dicapai melalui konsekuensi tertentu dari penggunaan produk layanan.

Strategi Membangun Nilai Pelanggan

Berikut ini terdapat beberapa strategi membangun nilai pelanggan, antara lain:

  • Menawarkan lebih banyak manfaat dengan biaya lebih rendah daripada kompetisi (lebih banyak untuk lebih sedikit).
  • Menawarkan manfaat yang lebih besar dengan biaya yang sama dibandingkan dengan pesaing (lebih banyak untuk yang sama).
  • Menawarkan manfaat yang sama dengan pesaing dengan biaya lebih rendah (sama dengan lebih murah).
  • Menawarkan jauh lebih banyak manfaat dan biaya lebih tinggi daripada pesaing (lebih banyak untuk lebih banyak).
  • Menawarkan sangat sedikit manfaat dengan biaya lebih rendah daripada kompetisi (kurang untuk kurang).

Demikian Pembahasan Tentang Nilai Pelanggan: Pengertian, Manfaat, Dimensi, Tingkatan dan Strategi dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */