Materi Norma Kesusilaan

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Norma Kesusilaan? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, ciri, manfaat, sanksi dan contoh.

Norma-Kesusilaan

Pengertian Norma Kesusilaan

Norma kesopanan dalam istilah lain disebut sopan santun. Norma ini berasal dari hati nurani yang dipraktikkan berulang kali dalam kebiasaan.

Norma kesopanan adalah salah satu aturan sosial yang menentukan perilaku orang pada umumnya dan berasal dari hati nurani manusia itu sendiri.

Norma kesopanan terdiri dari dua kata, yaitu:

Norma: Aturan atau pedoman untuk regulasi
Kesopanan: sikap atau aturan hidup


Ciri – Ciri Norma Kesusilaan

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri norma kesusilaan, antara lain:

  • Norma kesopanan berakar pada hati nurani manusia.
  • Norma kesusilaan dalam masyarakat tertentu bersifat lokal dan tidak abadi.
  • Seseorang yang melanggar norma kesusilaan akan menerima sanksi individu yang dikecualikan dari masyarakat, malu dan menyesal.

Tujuan Norma Kesusilaan

  • Sehingga setiap orang memiliki nilai kemanusiaan dan karakter moral yang baik, sehingga keharmonisan hubungan antar manusia dapat terwujud.
  • Dapat menjadi indikasi bagaimana berperilaku dalam masyarakat yang baik.

Manfaat Norma Kesusilaan

Berikut ini terdapat beberapa manfaat norma kesusilaan, antara lain:

  • Berikan instruksi tentang bagaimana berperilaku dan bagaimana memutuskan apa yang harus dilakukan, dihindari atau ditolak sehingga norma ini bersifat universal dan ditujukan untuk semua orang yang hidup di dunia ini.
  • Untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis dan perawatan manusia di antara mereka sendiri.
  • Sebagai alat kontrol sosial atau kontrol sosial.

Sanksi Norma Kesusilaan

Berikut ini terdapat beberapa sanksi norma kesusilaan, antara lain:

  • Maafkan tindakan yang dilakukan karena mereka pikir mereka salah.
  • Akan ada perasaan takut pada seseorang yang melakukan kesalahan karena mereka selalu dibayangi oleh perasaan bersalah.
  • Tidak ada kedamaian dalam hidup karena ada perasaan yang selalu menghalangi.
  • Saya malu karena saya tidak bisa melakukan hal yang benar.
  • Cibiran dari masyarakat muncul sebagai akibat dari tindakan yang telah dilakukan. Masyarakat sekitar akan mulai berbicara tentang kesalahan dan kejahatan seseorang yang melanggar norma kesusilaan.
  • Pengejekan dari komunitas terkadang terjadi ketika seseorang berbicara langsung tentang pelanggaran norma ini.
  • Diasingkan dari lingkungan komunitas oleh ketidaktahuan masyarakat sekitarnya kepada para pelaku norma-norma moral.

Contoh Norma Kesusilaan

Berikut ini terdapat beberapa contoh norma kesusilaan, antara lain:


1. Jujur dalam sikap dan perilaku

Jujur tidak hanya dalam berbicara, tetapi juga dalam sikap dan perilaku. Contohnya adalah sikap ketika menemukan atau melihat benda-benda orang lain yang jatuh atau tertinggal di suatu tempat.

Orang yang jujur ​​menyerahkan atau melaporkan barang tersebut kepada pemiliknya dan menyerahkannya kepada pihak berwenang sehingga barang itu dapat dikembalikan kepada pemiliknya.


2. Meminta maaf saat melakukan kesalahan

Secara umum, orang yang melakukan kesalahan akan meminta maaf. Ini adalah bentuk norma kesopanan dalam masyarakat.

Dengan meminta maaf, seseorang mengakui kesalahan mereka dan menjadi dewasa dengan meminta maaf. Orang yang berani meminta maaf adalah orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan.


3. Berpakaian sesuai lokasi dan situasi

Cara Anda berpakaian juga merupakan bentuk kesusilaan moral. Secara umum, orang berpakaian tergantung pada lokasi dan situasi.

Saat menghadiri acara resmi, tentu saja, Anda harus mengenakan pakaian formal, dan untuk kegiatan santai, Anda bisa berpakaian santai dan santai. Cara Anda berpakaian juga bisa menunjukkan kepribadian orang tersebut.


4. Menghargai dan hormati orang lain

Norma kesopanan mengatur cara orang berinteraksi dengan orang lain. Secara umum, orang tua perlu dihormati dan dihormati oleh orang yang lebih muda.

Selain itu, cara untuk berbicara kepada orang lain dan mengekspresikan pendapat harus dipertahankan. Sesuaikan cara Anda berkomunikasi dengan orang-orang seusia dengan orang tua.


5. Berbicara hal-hal baik

Bagi banyak orang, berbicara itu sepele. Pada kenyataannya, cara Anda berbicara dan topik yang dibahas dapat memiliki dampak besar pada orang lain dan diri Anda sendiri.

Ketika Anda berbicara tentang orang lain, itu juga memengaruhi Anda. Karena itu, ketika berbicara, Anda perlu memperhatikan cara Anda berbicara, karena ini memengaruhi diri Anda sendiri.


6. Jangan mengambil alih hak orang lain

Dalam kehidupan bersama, tentu saja, setiap individu harus menghormati dan menghormati hak orang lain. Individu tidak boleh mengambil barang milik orang lain atau membahayakan orang lain.

Setiap tindakan merugikan, seperti mengambil alih hak orang lain, merusak keseimbangan komunitas, menciptakan celah, dan dapat menciptakan kekacauan.


Demikian Pembahasan Tentang Norma Kesusilaan: Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Sanksi dan Contoh dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */