Materi Norma Sosial

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Norma Sosial? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertia, ciri, fungsi, tingkatan.

Norma-Sosial

Pengertian Norma Sosial

Norma sosial adalah seperangkat aturan yang disertai sekian banyak sanksi-sanksi baik tertulis maupun tidak yang bermanfaat untuk dapat beri panduan kehidupan sosial seluruh anggota masyarakat. Secara simpel ini juga dapat mengatakan bahwa norma ialah apa yang dapat menciptakan suatu perbuatan sosial dinamakan normal.

Norma bakal berkembang seiring dengan kesepakatan-kesepakatan sosial masyarakat di sekitarnya, sering pun disebut dengan ketentuan sosial. Norma pun menyangkut sekian banyak perilaku-perilaku yang pantas dilaksanakan dalam menjalani hubungan sosialnya.


Ciri-Ciri Norma Sosial

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri norma sosial, terdiri atas:


1. Norma Sosial Pada Dasarnya Tidak Tertulis

Dalam masyarakat, Norma sosial tidak tertulis maksunya hanya dikenang dan diserap serta di implementasikan dalam interkasi antara anggota kumpulan penduduk.


2. Hasil Kesepatakan Bersama

Norma sosial ialah peraturan sosial yang difungsikan untuk menunjukkan perilaku seluruh anggota masyarakat. Norma sosial ini pun dapat disusun dan disepakati bareng seluruh penduduk masyarakat.


3. Mendapatkan Perubahan

Sebagai aturan yang bermunculan dari proses interkasi sosial di masyarakat, arquetipo merasakan perubahan cocok arah kemauan dan keperluan yang anggota masyarakat tersebut sendiri.


4. Ditaati Bersama

Norma sosial pun di daulat sebagai seperangkat aturan sosial untuk menunjukkan dan menertipkan perilaku anggota masyarakat utk dari kemauan bersama. Dengan karena itu, norma didukung dan ditaati bersama.

Pelanggar norma menemukan saksi yakni Direttiva sosial mempunyai sifat memaksa individu supaya berperilaku untuk layak dengan kehendak bersama. Hingga pelanggaran pun dapat diberikansanksi dengan sebuah tindakan atau daya ikat arquetipo.


Fungsi Norma Sosial

  • Norma sosial bermanfaat sebagai sebuah penentu guna menilai perilaku atau pola tingkah laku seseorang didalam hubungannya dengan lingkungan masyarakat yang bersangkutan.
  • Norma sosial mendorong individu, kelompok, maupun masyarakat untuk menjangkau suatu nilai sosial bareng karena norma sosial sendiri adalahsuatu kelompok aturan atau sanksi.
  • Norma sosial bermanfaat sebagai sebuah patokan dasar yang dicerna dan ditaati oleh semua anggota masyarakat tentang pola tingkah laku atau perilaku yang baik dan benar.
  • Norma sosial tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai sebuah unsur yang mengikat dan bermanfaat untuk mengendalikan perilaku semua anggota masyarakat.

Tingkatan Norma Sosial

Berikut ini terdapat beberapa tingkatan norma sosial, terdiri atas:


1. Cara (Usage)

Cara ialah sebuah format perbuatan tertentu yang dilaksanakan individu dalam salahsatu masyarakat namun tidak terus-menerus. Contoh: teknik makan yang lumrah dan benar bilamana tidak menerbitkan suara laksana hewan.


2. Kebiasaan (Folkways)

Kebiasaan adalahsuatu ukuran tindakan berulang-ulang dengan motif yang sama yang dilakuin secara sadar dan punya tujuan-tujuan jelas yang dirasakan baik serta benar.

Contoh: Memberi hadiah untuk orang-orang yang berprestasi dalam salahsatu pekerjaan atau kedudukan, memakai baju yang bagus di masa-masa pesta.


3. Tata Kelakuan (Mores)

Tata kelakuan yaitu sekumpulan dari tindakan yang bisa mencerminkan sekian banyak sifat-sifat hidup dari sekelompok insan yang dapat dilaksanakan guna dalam mengemban sebuah pemantauan oleh sekelompok masyarakat bareng anggota-anggotanya.

Dalam tata kelakuan ada unsur memaksa atau tidak mengizinkan suatu perbuatan. Contoh : Melarang pembunuhan, pemerkosaan, serta menikahi saudara kandung.


4. Adat Istiadat (Custom)

Adat istiadat merupakan suatu kelompok tata kelakuan yang sangat tinggi kedudukannya sebab ini dapat mempunyai sifat kekal kemudian terintegrasi paling kuat bareng masyarakat yang memilikinya.


Macam – Macam Norma Sosial

Berikut ini terdapat beberapa macam-macam norma sosial, terdiri atas:


1. Norma Agama

Norma agama yaitu di antara norma yang berasal dari Tuhan yang pun dituangkan ke dalam doktrin agama atau suatu keyakinan tertentu.

Inti dari norma ini yaitu supaya manusia bisa dan mesti bertakwa dan beriman, menjauhi segala larangan-Nya, dan menjalankan segala perintah-Nya.


2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan ialah salah satu norma yang bertujuan supaya manusia pun mempunyai hati yang bersih. Norma ini tumbuh dan pun berkembang dari budi pekerti insan sendiri.

Sanksi terhadap sebuah pelanggaran norma ini berupa cacian dari masyarakat ataupun perasaan dari diri sendiri.


3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan ialah sebuah tuntunan hidup yang berasal dari sebuah pergaulan segolongan insan dalam sebuah masyarakat dan dapat menata bagaimana seseorang yang mesti bertingkah laku dalam kehidupan masyarakatnya.


4. Norma Kelaziman

Norma kelaziman merupakan segala perbuatan tertentu yang dapat dirasakan baik, patut, sopan, atau pun seolah-olah telah ada dalam suatu kelaziman sekelompok insan atau masyarakat.

Contohnya saja pada masyarakat Indonesia santap dengan memakai sendok, atau masyarakat Jepang santap dengan memakai sumpit.


5. Norma Hukum (Laws)

Norma hukum adalah salah satu jenis norma yang sanksinya paling jelas dan pun tegas. Norma hukum bisa juga dipisahkan ke dalam dua jenis, yakni norma tertulis (hukum pidana dan perdata) dan norma tidak tertulis (hukum adat).


Demikian Pembahasan Tentang Macam-Macam Norma Sosial: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tingkatan dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */