Materi Organisasi

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Organisasi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, unsur, jenis, prinsip dan teori.

Organisasi

Pengertian Organisasi

Organisasi ialah sebuah format wadah atau lokasi saling berkumpulnya sekelompok orang guna dapat mengerjakan kerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali dan terpimpin rapih supaya mampu menjangkau suatu destinasi tertentu yang sudah disepakati sampai-sampai dapat memanfaatkan sumber daya yang ada.


Ciri–Ciri Organisasi

  1. Peraturan yang dibentuk untuk kepentingan masing-masing anggota dalam organisasi pasti sangat urgen untuk memberi batas sumber dayanya supaya tetap dapat berkolaborasi dengan baik dalam menjalankan pekerjaannya
  2. Memiliki anggota atau sekelompok orang di dalamnya yang berjumlah 2 orang atau lebih supaya dapat menjalankan organisasi cocok dengan destinasi yang sudah disepakati bersama
  3. Pemberian tugas yang sinergis akan dilaksanakan sesuai dengan keperluan pekerjaan dalam organisasi tersebut, tentunya pun dengan sebuah pertimbangan dalam bidangnya menurut destinasi organisasi yang sudah ditentukan bersama
  4. Memiliki sebuah tujuan organisasi yang akan dijangkau bersama. Sehingga pekerjaan yang dapat dilaksanakan di dalamnya bakal lebih jelas dan terarah
  5. Saling berkolaborasi menjadi karakteristik utama dalam organisasi sebab bagaimanapun masing-masing anggota yang terdapat di dalamnya mesti bisa saling berkomunikasi supaya dapat menolong untuk menjangkau tujuan organisasi

Unsur – Unsur Organisasi

Adapun unsur-unsur dari organisasi sebagai berikut:


1. Lingkungan (Environment)

Faktor lingkungan pun mempunyai peran yang penting sebab akan sangat dominan terhadap suatu organisasi.


2. Tujuan Bersama

Tujuan bareng yakni format sasaran yang ingin dijangkau oleh organisasi tersebut sendiri, baik dari segi prosedur, program, pola, hingga dengan hasil akhir dari kegiatan organisasi tersebut.


3. Sumber Daya Alam

Di samping lingkungan, sumber daya alam pun menjadi unsur urgen yang mesti mana sumber daya alamnya mesti memadai supaya organisasi berlangsung dengan baik.


4. Personil (Man)

Personil adalah menjadi bagian terpenting di dalam suatu organisasi dimana setiap personil mempunyai tingkatan dan tugas, dan tanggungjawab tersendiri.


5. Peralatan (Equipment)

Dalam mencapai sekian banyak tujuan dibutuhkan sarana dan prasarana yang mencukupi yakni kelengkapan suatu organisasi. Contohnya: Kantor, SDM, dan lain-lainnya.


6. Kerjasama (Team Work)

Organisasi hanya dapat mencapai destinasi bersama bilamana anggota dalam organisasi tersebut mengerjakan tugas dan tanggungjawab secara bersama-sama.


Jenis – Jenis Organisasi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis organisasi, terdiri atas:


  • Organisasi Politik

Suatu organisasi politik dapat dicerna sebagai suatu format asosiasi atau gerakan politik yang fungsinya ialah mengekspresikan ideologi sebuah rakyat dalam hal-hal publik tertentu yang bisa menjadi kepentingan umum.


  • Organisasi Bisnis

Dalam dunia bisnis, organisasi dapat dicerna sebagai sebuah entitas sosial yang disusun atau dibentuk oleh dua orang atau lebih yang bekerja secara terkoordinasi dalam format lingkup lingkungan eksternal tertentu, yang bertujuan pada destinasi kolektif.


  • Organisasi Sosial

Organisasi sosial dapat disaksikan sebagai sebuah sekelompok orang yang saling terhubung satu sama beda sehingga memiliki ide-ide yang sama, yang memungkinkan saja mereka bekerja guna proyek yang sama. Contohnya: Universitas, Keluarga dan lain-lainnya.


  • Organisasi Teknis

Organisasi teknis terdiri dari sekelompok orang yang mesti mengisi tugas-tugas tertentu secara sistematis dan terkoordinasi supaya dapat memenuhi keperluan masyarakat. Contohnya: Jasa konstruksi, Industri atau bidang jasa lainnya tergolong dalam organisasi ini.


Fungsi Organisasi

  • Memberikan sebuah pengetahuan dan empiris baru untuk anggotanya, supaya dapat mempunyai wawasan yang siap guna terjun ke organisasi yang jauh lebih besar.
  • Memberikan arahan atau tuntunan dan pemusatan pekerjaan organisasi, tentang apa saja yang mesti dilaksanakan dan apa yang tidak boleh dilaksanakan dalam organisasi.
  • Meningkatkan keterampilan atau skill pribadi anggota organisasi dalam mendapat sumber daya dan sokongan dari lingkungan selama atau masyarakat.
  • Tempat menjangkau suatu destinasi dengan selektif dan tepat guna karena mengerjakan secara bersama-sama.
  • Tempat dalam mendapatkan dominasi dan pengawasan.

Tujuan Orgfanisasi

  • Mendapat deviden dan pendapatan bersama-sama
  • Mendapatkan empiris dan interaksi dengan anggota lain
  • Mencapai atau merealisasikan kemauan atau cita-cita bareng dari tiap anggota organisasi
  • Memperoleh hasil akhir pada masa-masa yang ditentukan
  • Mengatasi terbatasnya kemandirian dan keterampilan pribadi untuk menjangkau tujuan bersama

Manfaat Organisasi

  1. Memperluas pergaulan
  2. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan.
  3. Melatih leadership
  4. Mampu menata waktu dengan paling baik
  5. Melatih mental untuk berkata di publik
  6. Membentuk ciri khas seseorang
  7. Mudah dalam memecahkan masalah
  8. Dapat tercapainya suatu tujuan
  9. Ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya

Prinsip – Prinsip Organisasi

Berikut  beberapa prinsip-prinsip dari organisasi yakni:


1. Terdapat Koordinasi

Koordinasi ialah suatu usaha untuk mendapatkan keselarasan gerak, kegiatan dan tugas antara organisasi yang terdapat dalam organisasi.


2. Terdapat Rentangan Pengawasan

Rentangan pemantauan adalah seberapa jauh seorang pemimpin dapat mengawasi semua bawahannya secara cepat dan tepat.


3. Terdapat Tujuan yang Jelas

Tujuan adalah sasaran atau target yang berkeinginan dicapai. Tujuan mesti dirumuskan terlebih dahulu supaya jelas.


4. Terdapat Balas Jasa

Balas jasa adalah imbalan yang diserahkan kepada seseorang atas jeri payah yang sudah disumbangkan.


5. Terdapat Keseimbangan

Prinsip ekuilibrium dalam sebuah organisasi dapat dipisahkan dari sejumlah macam, Contohnya: Keseimbangan antara wewenang & tanggung jawab dan ekuilibrium antara sentralisasi dan desentralisasi kewengan.


6. Terdapat Departementalisasi

Departemensasi adalah proses penggabungan kegiatan ke dalam kumpulan pekerjaan yang sejenis.


7. Terdapat Pendestribusian Pekerjaan

Pendestibusian dalam urusan ini dapat pun disebut sebagai pembagian tugas kerja. Prinsip sebagian kegiatan secara homogen (distrbution of work) ialah mengelompokkan tugas / kegiatan kedalam sejenis yang memiliki hubungan yang erat menjadi satu unit tersendiri.


Teori-Teori Organisasi


  • Teori Organisasi Modern

Teori Organisasi modern ialah suatu teori yang mempunyai sifat terbuka dimana seluruh unsur organisasi bisa mempunyai satu kesatuan yang saling ketergantungan satu sama lain.


  • Teori Organisasi Klasik

Teori Organisasi Klasik ialah suatu teori yang memiliki konsep organisasi mulai dari tahun 1800 (abad 19) yang menafsirkan bahwa organisasi ialah sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan hal lain saat orang bekerja sama.


  • Teori Organisasi Neoklasik

Teori Organisasi Neoklasik ialah suatu teori yang melulu menekankan pada pentingnya aspek psikologis dan sosial, baik sebagai pribadi dan kumpulan dalam lingkungan kerja.


Demikian Pembahasan Tentang Ciri–Ciri Organisasi: Pengertian, Unsur, Jenis, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Teori dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */