Materi Patriotisme

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Patriotisme? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: menurut para ahli, manfaat, macam contoh.

Patriotisme

Pengertian Patriotisme

Patriotisme ini berasal dari kata “patriot” dan pun “isme” yang memiliki makna sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan, atau pun “heroism” serta “patriotism” dalam bahasa Inggris. Pengorbanan itu dapat berupa harta benda atau pun jiwa dan raga.

Patriotisme adalah suatu sikap yang berani, tidak gampang menyerah, rela berkorban guna bangsa dan negara. Patritisme ialah salah satu sikap bela negara dan nasionalis.

Berdasarkan keterangan dari ensiklopedia Indonesia, Patriotisme ini berasal dari bahasa Yunani yakni Patris yang mempunyai makna yaitu Tanah Air.

Di samping itu, patriotisme ini pun berasal dari kata “patriot” dan “isme” yang memiliki makna sifat kepahlawanan atau jiwa kepahlawanan atau di dalam bahasa inggris “heroism” dan “patriotism” . Pengorbanan itu dapat berupa suatu harta benda ataupun jiwa raga.


Pengertian Patriotisme Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian patriotisme menurut para ahli, terdiri atas:


1. Menurut Staub

Patriotisme adalah suatu kebersangkutanan seseorang dengan kelompoknya baik tentang suku, bangsa, maupun partai politik.


2. Menurut Blank dan Schmidt

Patriotisme ialah sikap cinta, loyal, dan rela berkorban jiwa, raga dan harta bebda dalam masing-masing kehidupan guna mempertahankan kebebasan dan inginkan menerima kritik guna perbaikan kesejahteraan bangsa.


3. Menurut Richard Aldington

Patriotisme adalah sebuah rasa tanggung jawab kolektif yang hidup dan diperlukan pada setiap format kehidupan bersama, pada tingkat lokal maupun internasional.


4. Menurut Budiyono

Patriotisme adalah suatu upaya guna mempertahankan kebebasan dengan sekian banyak cara, tergolong dengan mengorbankan jiwa dan raga.


5. Menurut Stanford Encyclopedia of Philosophy

Patriotisme ialah rasa cinta terhadap bangsa dan negara, rasa bangga menjadi penduduk negara, serta menyimak sisi positif yang dipunyai negaranya.


6. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia

Patriotisme yakni di antara sikap dan motivasi yang paling cinta untuk tanah air sampai-sampai dapat berani berkorban bila dibutuhkan oleh negara.


7. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Patriotisme merupakan sebuah sikap dan motivasi yang sangat menyukai tanah air sampai-sampai berani berkorban bila dibutuhkan oleh sebuah negara.


8. Menurut Ensiklopedia Indonesia

Patriotisme yakni suatu rasa kerinduan dan kesetiaan seseorang pada tanah air dan bangsanya, kekaguman pada adat kebiasaan, kehormatan hati terhadap suatu sejarah dan kebudayaannya, serta sikap pengabdian dalam kesejahteraan bersama.


Manfaat Patriotisme

Sikap patriotisme ini adalah salah satu sifat yang sangat urgen dan mesti dipunyai oleh masing-masing warga negara di Indonesia. Memiliki sifat patriotisme ini bakal membawa guna berupa suatu kemakmuran dan peradaban negara Indonesia.

Karena itulah, terdapat baiknya andai para anak-anak diajarkan mengenai sikap patriotisme semenjak dini. Ajari dan latih mereka supaya mereka mempunyai jiwa patriotisme.

Jika urusan ini dilakukan, pada negara anda akan mempunyai sumber daya insan yang sangat berkualitas dan mampu berlomba dengan negara lain.

Dengan kata lain, generasi penerus kita pun akan dapat membangun dan memajukan negara Indonesia tanpa butuh bergantung dengan bangsa lainnya.


Ciri-Ciri Patriotisme

  • Simpati Terhadap Bangsa : Patriotisme menciptakan seseorang dapat mencintai bangsa dan negaranya tanpa menjadikan negara itu sebagai destinasi yang menguntungkan diri sendiri. Patriotisme membuat solidaritas untuk menjangkau kesejahteraan bangsa.
  • Patriotisme ini dapat melihat kekuatan dan kekurangan bangsa.
  • Dengan modal nilai-nilai dan kebiasaan bangsa, berusaha pada ketika ini untuk menjangkau cita- cita bangsa.
  • Rasa Mempunyai Identitas Diri : Patriotisme ialah sikap inginkan melihat, menerima, serta mengembangkan watak dan jati diri bangsa.
  • Bersifat Terbuka : Patriotisme berarti menyaksikan bangsanya dalam konteks hidup dunia, mau terlibat di dalamnya dan mau belajar dari bangsa- bangsa beda demi peradaban bangsa.

Ciri-Ciri Seorang Patriot

  • Cinta tanah air
  • Tidak kenal menyerah
  • Berjiwa Pembaru
  • Menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan individu dan golongan.

Macam-Macam Patriotisme

Berikut ini terdapat beberapa macam-macam patriotisme, terdiri atas:


1. Patriotisme Buta

Patriotisme buta ini merupakan sebagai di antara keterikatan untuk negara dengan karakteristik yang tidak mempertanyakan segala sesuatu, loyal, serta pun tidak toleran terhadap suatu kritikan.

Patriotisme buta ini pun mempunyai karakteristik menuntut tidak adanya penilaian positif dan pun tidak toleran terhadap sebuah kritikan. Patriotisme buta ini adalahsebuah pemicu mula totaliterisme atau pun chauvinisme.

Sejarah telah mencatat dampak buruk yang dapat didapatkan oleh patriotisme buta, misalnya saja laksana Hitler-Jerman atau pun Mussolini-Italia. Pembantaian orang yang tak berdosa tersebut menjadi urusan yang paling legal atas nama patriotisme.


2. Patriotisme Konstruktif

Patriotisme konstruktif merupakan sebagai suatu keterikatan pada sebuah bangsa dan pun negara dengan karakteristik mendukung adanya sebuah kritik dan pun pertanyaan dari semua anggotanya terhadap sekian banyak kegiatan yang bakal dilakukan, sampai-sampai dapat didapatkan suatu evolusi positif supaya menjangkau kesejahteraan bersama.

Patriotisme konstruktif ini pun menuntut adanya suatu kesetiaan dan pun kecintaan anggota (rakyat) kelompoknya (bangsanya), tanpa meninggalkan sekian banyak nilai-nilai kemanusiaan.

Kritik serta penilaian terhadap sekian banyak kelompok yang disukai justru adalah salah satu format kesetiaannya.

Kritik dan juga penilaian ini bertujuan guna dapat saling menjaga supaya kelompoknya tetap pada jalur yang benar atau pun positif.


Masalah Patriotisme

  • Malas belajar dan memilih guna bolos sekolah, pergi ke warnet, bermain sepak bola, dan beda sebagainya.
  • Tidak menyukai produk dalam negeri, merasa lebih bangga ketika mengunakan barang bermerek dari luar negeri, dan masih tidak sedikit lagi.
  • Melakukan coret-coret di dinding, tembok, atau lingkungan selama yang malah merusak keindahan lingkungan.
  • Melanggar ketentuan sekolah, laksana menyontek ketika ujian semester, tidak mau menggunakan atribut sekolah, dsb.
  • Membuang sampah sembarangan (tidak pada tempatnya), laksana di jalanan, lokasi umum, dll.
  • Tawuran atau mengerjakan perkelahian antar pelajar yang terkadang sampai selesai dengan kericuhan (aksi anarkis).

Contoh Patriotisme

  • Mengikuti upacara hari besar kenegaraan.
  • Mengikuti pekerjaan bakti sosial.
  • Mengikuti pekerjaan seperti pramuka, PMR, dll.
  • Mengikuti apresiasi seni budaya.
  • Menghormati Guru/Orang tua/Orang sekitar.
  • Rajin belajar.
  • Membawa pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mencintai dan memakai produk dalam negeri
  • Tidak merusak lingkungan hidup
  • Ikut serta memelihara kemudahan umum
  • Ikut serta dalam pembangunan bangsa
  • Mentaati ketentuan yang ada
  • Melestarikan kebiasaan bangsa.

Sikap Patriotisme

Berikut ini terdapat beberapa sikap patriotisme, terdiri atas:


1. Sikap Rela Berkorban Mempertahankan Negara

Sikap ini diwujudkan dalam format ketersediaan berusaha untuk menanggulangi ancaman bangsa beda yang bakal menjajah, ancaman dari dalam negeri.

Kegiatan yang bisa merugikan negara dan bencana alam yang bisa menyebabkan kehancuran dan pun kehancauran negara.


2. Sikap Bagi Mengisi Kelangsungan Hidup Negara

Sikap ini diwujudkan dengan ketersediaan bekerja cocok dengan bidangnya, sehingga dapat meningatkan harkat, martabat dan destinasi bangsa.


Tujuan Patriotisme

  • Patriotisme menjamin keinginan dan kekuatan menjaga masyarakat nasional melawan musuh dari luar sehingga mencetuskan semangat rela berkorban. Singkatnya ialah untuk mengawal keutuhan negara dari ancaman musuh.
  • Menghilangkan Ekstremisme (tuntutan berlebihan) dari masing-masing hak dan keharusan warga negara (individu dan kelompok). Artinya bahwa apa yang diperjuangan ialah untuk kepentingan bareng atau kepentingan negara buka semata-mata guna kepentingan pribadi atau kelompok.
  • Menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. Patroitisme bertujuan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rela berkorban guna kepentingan negara. Dengan sikap cinta tanah aair maka suatu negara akan dapat meghadapi ancaman yang bakal memecaahbelah negara.
  • Menciptakan hubungan yang rukun dan harmonis, dan mempererat tali persaudaraan yang utuh. Seperti yang telah dijelaskanbahwa patriotisme adalah rasa cinta tanah air dan rela berkorman. Dengan demkian bakal menghargai masing-masing perbedaan yang terdapat disekitarnya. Sehingga akan terbuat kehidupan yang rukun dan harmonis serta bisa mempererat persaudaraan.

Demikian Pembahasan Tentang Ciri-Ciri Patriotisme: Pengertian Menurut Para Ahli, Manfaat, Macam, Masalah, Contoh, Sikap dan Tujuandari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */