Materi Amanat

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Amanat? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain:

Amanat

Pengertian Amanat

Amanat merupakan suatu pesan moral atau nasihat yang dikatakan oleh seseorang untuk orang lain, baik secara langsung maupun melewati suatu karya. Secara umum, definisi amanat ialah sebuah kata yang memiliki makna pesan, nasihat atau keterangan.

Tema bertolak belakang dengan amanat, tema bersangkutan dengan makna karya sastra, sedangan makna amanat bersangkutan dengan makna sebuah karya sastra “meaning and significance”.

Artinya suatu karya sastra tersebut mempunyai sifat lugas, obyektif dan pun khusus, sementara untuk suatu makna dapat bersangkutan dengan orang perorangan, konsep seseorang dan pun suatu kondisi dimana penyair bakal mengimajinasikan karyanya.


Pengertian Amanat Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian amanat berdasarkan keterangan dari para ahli, terdiri atas:


1. Menurut Sadikin

Amanat yaitu solusi yang diserahkan oleh pengarang untuk masalah di dalam karya sastra.


2. Menurut Kosasih

Amanat merupakan pesan yang dikatakan pengarang terhadap pembaca melewati tulisan-tulisannya, semoga pembaca mampu menarik benang merah dari apa yang sudah pembaca nikmat.


3. Menurut Rusiana

Amanat yakni fatwa tabiat atau pesan yang ingin dikatakan pengarang pada pembaca. Akhir persoalan ataupun solusi permasalahan yang timbul dalam suatu dongeng sanggup dinamakan amanat.


4. Menurut Siswanti

Amanat yaitu usulan yang mendasarikarya sastra, pesan yang ingin dikatakan pengarang untuk pembaca dan pendengar, di dalam karya sastra modern, amanat ini seringkali tersirat di dalam karya sastra usang pada lazimnya amanat tersurat.


5. Menurut Waluyo

Amanat yakni andai tema mempunyai kaitan dengan arti, maka suatu amanat tersebut mempunyai kaitannya dengan makna. Kemudian andai tema mempunyai sifat yang paling lugas, eksklusif dan objektif, maka amanat tersebut mempunyai sifat kias, umum, dan subjektif.


Ciri-Ciri Amanat

  • Pesan moral dalam sebuah karya seringkali disampaikan pada unsur akhir cerita.
  • Amanat dapat diketahui secara jelas (eksplisit) dalam format seruan, nasehat, peringatan, saran, anjuran, maupun larangan yang bersangkutan dengan tema utama sebuah cerita.
  • Amanat dapat disampaikan secara langsung maupun secara tersirat melewati karakter figur atau penokohan dalam sebuah cerita.
  • Pesan moral yang dikatakan oleh penulis bertujuan supaya pendengar atau pemirsa mau mengerjakan sesuai dengan amanat di dalam cerita.

Macam-Macam Amanat

Berikut ini terdapat macam-macam amanat, terdiri atas:


1. Amanat Tersurat

Amanat Tersurat yaitu di antara pesan moral yang dikatakan secara langsung dan jelas oleh penulis di dalam karyanya sampai-sampai dapat dengan gampang dimengerti oleh audiens melewati kalimat deskriptif andai berupa tulisan.


2. Amanat Tersirat

Amanat Tersirat yakni sebuah pesan moral yang dikatakan secara tersembunyi (implisit) oleh penulis dan hanya dapat dimengerti oleh audiens bila mengekor alur cerita.

Amanat tersirat ini berupa pesan yang dapat diambil dalam cerita, baik secara borongan ataupun pada unsur tertentu.


Cara Menentukan Amanat Sebuah Cerita

Cara menilai amanat dalam kisah cukup mudah, intinya amanat mengandung pesan moral, saran atau anjuran untuk mengerjakan hal baik.

Untuk urusan yang mempunyai sifat positif semua penulis ingin menggunakan suatu kalimat ajakan, sementara untuk urusan yang mempunyai sifat negatif ini bisa mengandung perintah larangan. Untuk sebuah kalimat larangan seringkali menggunakan kata “jangan”.

Amanat kisah tersebar secara bebas, namun bisanya hadir di unsur akhir cerita. Di dalam cerita, amanat juga bermanfaat sebagai penutup.


Contoh Amanat

  • Cerita berjudul “Adiku Sayang Adiku Pintar”. Pesan amanatnya ialah agar anda selalu berjuang untuk memahami format kasih sayang yang diserahkan orang beda pada kita. Kasih sayang dengan memberi tanpa pamrih.
  • Cerita rakyat berjudul “Putri Tangguk”. Pesan amanatnya ialah supaya kita sebagai insan tidak congkak dan pun takabur.
  • Cerita rakyat berjudul “Malin Kundang”. Pesan amanatnya yakni supaya tidak melupakan seluruh jasa-jasa orangtua lagipula mendurhakai orangtua sendiri.
  • Cerita rakyat berjudul “Legenda Batu Menangis”. Pesan amanatnya yakni supaya seorang anak tidak mendurhakai sang ibu sebab pada hukuman Tuhan pun berlaku untuk mereka yang melakukan demikian.
  • Cerita rakyat berjudul “Jaka Tarub & Dewi Nawang”. Pesan amanatnya yaitu supaya seseorang senantiasa berbicara dan juga melakukan jujur sebab kebohongan tentu akan bisa terbongkar.

Demikian Pembahasan Tentang Contoh Amanat: Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Macam dan Cara dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */