Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain:

Pengertian-Masyarakat-Multikultural-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Masyarakat Multikultural

Masyarakat multikultural merupakan suatu masyarakat yang terdiri atas tidak sedikit struktur kebudayaan. Disebabkan banyaknya suku bangsa yang memiliki struktur kebiasaan sendiri, yang bertolak belakang dengan kebiasaan suku bangsa lain. Pada hakikatnya, konsep masyarakat multikultural ialah masyarakat yang mempunyai tidak sedikit suku bangsa dan kebiasaan dengan pelbagai adat istiadat. Dalam kerangka hidup bersama bersebelahan satu sama beda yang sederajat dan saling berinterseksi dalam sebuah tatanan kesatuan sosial politik.


Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian masyarakat multikultural berdasarkan keterangan dari para ahli, terdiri atas:


1. Menurut Clifford Geertz

Masyarakat Multikultural merupakan suatu masyarakat yang terbagi ke dalam subsistem yang lebih tidak cukup dapat berdiri dan setiap dari subsistem itu akan terbelenggu oleh ikatan primordial.


2. Menurut J. Nasikun

Masyarakat Multikultural yaitu di antara sifat majemuk secara struktural yang mempunyai sub kebudayaan yang bisa juga mempunyai sifat deserve dan ditandai oleh kuran yang dalam berkembangnya sistem nilai yang telah disepakati oleh semua anggota masyarakat dan pun suatu sistem nilai dari kesatuan sosial yang sering dapat menimbulkan konflik sosial.


3. Menurut J.S. Furnivall

Masyarakat Multikultural yakni sebuah masyarakat yang terdiri dari dua atau pun lebih unsur yang hidup sendiri-sendiri, tanpa adanya sebuah kontak satu sama beda dalam kehidupan politik.


4. Menurut Parekh

Masyarakat Multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari pelbagai komunitas kebiasaan dengan segala guna dan tidak banyak perbedaan yang terdapat dalam konsep dunia, sistem makna, nilai, format organisasi, sejarah, adat istiadat, dan kelaziman yang ada.


5. Menurut Azyumardi Azra

Masyarakat Multikultural merupakan sebuah anggapan atau pandangan dunia yang selanjutnya dapat diartikan ke dalam sekian banyak kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan kepada fakta keagamaan, pluralitas, serta multikultural yang terdapat di dalam kehidupan masyarakat.


6. Menurut Lawrence Blum

Masyarakat Multikultural yakni di antara apresiasi, pemahaman, serta evaluasi terhadap kebiasaan seseorang, dan penghormatan serta rasa keingintahuan mengenai kebiasaan etnis dari orang lain.


7. Menurut Rifai Harahap

Masyarakat Multikultural yakni satu kesatuan masyarakat yang bersatunya didasari dengan format perbedaan guna hidup bersama. Kehidupan bareng yan direncanakan ini diinginkan dapat menangani akibat gejala sosial, khususnya masalah konflik yan tidak jarang terjadi.


8. Secara Umum

Masyarakat Multikultural merupakan sebuah kata atau istilah yang digunakan dalam mencerminkan pandangan atau anggapan seseorang mengenai sekian banyak kehidupan yang terdapat di bumi, atau kepandaian yang menekankan penerimaan keragaman budaya, serta pelbagai budaya, bergam nilai (multikultural) masyarakat, sistem, budaya, adat istiadat, dan pun politik yang mereka anut.


9. Menurut Wikipedia

Masyarakat Multikulturalisme yaitu sebuah istilah yang digunakan dalam menjelaskan pandangan atau anggapan seseorang tentang ragam kehidupan di dunia, maupun kepandaian kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan untuk adanya keragaman, serta pelbagai macam kebiasaan atau multikultural yang ada di dalam kehidupan masyarakat yang sehubungan dengan nilai-nilai, sistem, budaya, kebiasaan, serta politik yang dipakai oleh mereka.


10. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Masyarakat Multikulturalisme merupakan suatu fenomena terhadap seseorang ataupun sebuah masyarakat yang ditandai dengan kelaziman yang mengenakan lebih dari satu kebudayaan.


11. Menurut Pierre L Van den Berghe

Masyarakat Multikultural yakni

  • Melewati masa segmentasi ke dalam kumpulan subkultur yang bertolak belakang antara satu dengan lainnya.
  • Mempunyai kerangka struktur sosial yang terbagi menjadi lembaga nonkomplementer.
  • Kurang menekankan konsensus diantara anggotanya mengenai sekian banyak nilai dasar.
  • Relatif sering merasakan perseelisihan atau pertentangan antara satu kumpulan dengan kumpulan yang lain.
  • Secara relatif, perkembangan integrasi sosial secara paksaan (pemaksaan) serta yang sehubungan akan saling bergantung dalam bidang ekonomi.
  • Terdapat beberapa besar politik oleh satu kumpulan atas yang kumpulan yang lain.

12. Menurut Suparlan

Masyarakat Multikultural merupakan sebuah ideologi yang mengakui dan memuliakan perbedaan dalam kesetaraan baik pribadi dan budaya.


13. Menurut Kymlicka

Will Kymlicka dalam Multiculturalism and Minority Rights: West and East (2002) sudah mendefinisikan definisi masyarakat multikultural.

Konsep multikultural ialah seperangkat usulan yang relatif memiliki koherensi dengan usulan yang menyusun sebuah mosaik kebudayaan yang terbentuk oleh kompleksitas.

Akibat interseksi dari ras, etnik, ruang belajar sosial, gender, bahasa, agama, orientasi seksual, sampai kemampuan personal.


Demikian Pembahasan Tentang 13 Pengertian Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */