Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u1651093/public_html/patrolihipakad.id/wp-content/plugins/seo-redirection-premium/custom/lib/cf.SR_redirect_manager.class.php on line 100
Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Teks Deskripsi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian menurut para ahli, ciri, jenis dan struktur.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi ialah salah satu jenis alinea yang umum kita jumpai. Pengertian teks deskripsi dapat diterjemahkan sebagai bentuk karya tulis yang mendeskripsikan suatu topik pada pembaca.

Pengertian deskripsi secara umum ialah sebuah teks alinea yang memvisualkan suatu topik spesifik. Yang dideskripsikan pada sebuah teks deskripsi dapat berbentuk orang, lokasi, kejadian, keadaan dan fenomena.

Tujuan teks deskripsi ialah untuk menerima visualisasi dan deskripsi yang lengkap kepada pembacanya agar mereka bisa menangkap apa yang dalam dibicarakan dengan detail. Entah itu dalam aspek bentuk materi, karakter dan rasa.


Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini terdapat beberapa pengertian teks deskripsi menurut para ahli, antara lain:


  • Menurut Tarigan

Menurut pendapat dari Tarigan, teks deskripsi ialah tulisan yang dapat memvisualkan sebuah cerita yang bermaksud untuk mendorong pembaca agar dapat mengartikan, mengharapkan dan menghayati isi topik yang sedang dimufakatkan seperti semangat, berkerja dan lain-lainnya.


  • Menurut Keraf

Menurut pendapat dari Keraf, teks deskripsi ialah bentuk teks yang mencoba menyediakan suatu keadaan ataupun topik diskusi yang membentuk sebuah topik tersebut seolah-olah para pembaca memandang sendiri topik tersebut.


  • Menurut Utorodewo

Menurut pendapat dari Utorodewo, teks deskripsi ialah bentuk alinea yang bermaksud untuk memvisualkan bentuk topik observasi, karakter, mengajak, ragamnya dengan menggantungkan panca indra dalam prosedur analisisnya.


Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri dari teks deskripsi, yakni sebagai berikut:

  1. Memvisualkan suatu topik misalnya materi, lokasi atau keadaan tertentu
  2. Mengikutsertakan panca indera misalnya pandangan, rungu, pengecapan, penciuman dan perabaan
  3. Menyampaikan ciri-ciri materi dan sifat topik misalnya format, bentuk, dimensi dan sifat topik
  4. Mendeskripsikan topik dengan terbuka, perincian dan spesifikasi
  5. Memakai istilah yang penting kata waktak ataupun kejadian

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis dari teks deskripsi, yakni sebagai berikut:


  • Teks Deskripsi Subjektif

Teks deskripsi subjektif ialah teks deskripsi yang dalam visualisasi topiknya menurut atas citra yang dimiliki oleh penulis alinea tersebut.


  • Teks Deskripsi Spatial

Teks deskripsi spatial ialah teks deskripsi dimana topik yang diuraikan hanya berbentuk materi, lokasi, bidang dan lain-lain.


  • Teks Deskripsi Objektif

Teks deskripsi objektif ialah jenis teks deskripsi dimana penguraian tentang topik  divisualisasikan terdapat menurut kejadian topik yang kenyataannya, tidak ada lampiran kesan dari penulis.


Struktur Teks Deskripsi

Berikut ini terdapat beberapa struktur dari teks deskripsi, yakni sebagai berikut:


  • Identifikasi

Identifikasi adalah struktur yang menyimpan penetapan dari identitas individu,materi maupun topik lainnya.


  • Klasifikasi

Klasifikasi ialah faktor pengatur yang berstrukutr dalam suatu ikatan berdasarkan kode etik maupun penunjang yang lebih dahulu telah ditentukan.


  • Bagian Deskripsi

Bagian deskripsi ialah bagian yang menyimpan visulisasi ataupun deksripsi mengenai suatu topik yang diulas.


Contoh Teks Deskripsi

Berikut dibawah ini terdapat beberapa contoh teks deskripsi, antara lain:


1. CONTOH TEKS DESKRIPSI TENTANG SEKOLAH

  1. Sekolahku

Sekolahku mempunyai lingkungan yang sangat bersih dengan halaman parkir dan lapangan upacara yang luas.

Sekolahku mempunyai 3 gedung utama sebagai tempat pembelajaran siswa, yaitu Gedung A, B, dan C.Lokasi sekolahku tepat berada di tengah-tengah sawah, sehingga membuat suasana sekolah tampak segar dan sejuk.

Semua lantai kelas menggunakan keramik.Sekolahku mempunyai aula yang besar yang biasanya digunakan untuk acara-acara seperti wisuda, nikah, olahraga, dan lainnya.

Selain itu, sekolahku mempunyai ruang laboratorium komputer yang cukup banyak.Warna merah dengan kombinasi abu-abu menjadi dominasi warna yang sangat mencolok di sekolahku, masjid dan kantin tidak lupa menambah lengkap keindahan sekolahku.


2. CONTOH TEKS DESKRIPSI TENTANG RUMAH

1. Rumah Ari

Rumah Ari berada di depan rumahku, dimana di halaman rumahnya terdapat pohon rambutan yang membuat suasana terasa segar. Bunga-bunga menghiasi depan rumah Ari.

Dinding rumah Ari berwarna biru dengan pintu dan jendela yang berwarna hitam. Serta lantai keramik yang berwarna putih bersih membuat rumah rani sangat enak dipandang.

Di dalam rumah Ari posisi barang-barang sangat diperhatikan sehingga semua barang tertata rapi. Lantainya bersih serta harum ruangan nya memanjakan hidung.


2. Rumah Rani

Rumah Rani terletak didepan rumahku. Di halaman rumahnya ada pohon mangga yang membuat suasana rumahnya terasa sejuk. Di depan rumahnya ada banyak macam bunga.

Dinding rumah Rani berwarna hijau. Pintu dan jendelanya berwarna merah. Lantai  keramik rumahnya yang berwarana hijau membuat rumahnya tampak sejuk.

Di dalam rumah Rani nbarang-barang tertata rapi. Lantainya bersih dan ruangannya wangi.


3. Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Aku mempunyai kucing bernama Pitung, dia berwarna hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus.

Pitung sering bermain dengan bermain bola, suka memakan ikan dan nasi. Blacky selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan.


4. Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Berada di puncak gunung merupakan momen pas untuk menyaksikan matahari terbit. Begitu pun saat berada di Gunung Prau, matahari terbit bisa dilihat dengan indah. Pemandangan langit pagi, perpindahan bumi dari gelap ke terang. Banyak awan yang menghiasi langit seiring naiknya matahari. Banyak orang yang mengabadikan momen tersebut.

Banyak orang yang memasak makanan, misalnya mie atau menggoreng sosis. Sehingga hal ini mungkin menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.


5. Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda

Satu meja panjang persegi dengan motif bunga mawar dan dominasi warna coklat diletakkan di lingkaran tengah deretan kursi. Meja tersebut berada di atas karpet berwarna merah.

Bagian atas meja terbuat dari kaca sedangkan kakinya terbuat dari kayu. Sehingga membuat meja ini sangat elegan dan modern.


6. Contoh Teks Deskripsi Tentang Tumbuhan

1. Pohon Mangga

Aku mempunyai pohon mangga yang berada di belakang rumah, pohon mangga tersebut mempunyai tinggi sekitar 3 meter dan sudah berbuah banyak.

Sering kali ketika aku ingin memakan mangga, aku tinggal memanjat pohon tersebut dan mengambil buah nya. Pohon mangga tersebut dikelilingi oleh pagar.

Saking tingginya pohon mangga ini sampai daun pohon mangga menutupi atap genteng rumahku.


2. Mawar

Kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Umumnya spesies ini  merupakan  semak yang berduri atau pemanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter.Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.


7. Contoh Teks Deskripsi dalam bahasa Inggris

1. My Cat

My cat named Whitey, he’s white and thick, with very dark eyes. Has a short tail, legs clean and smooth fur.

Whitey liked the ball and is very active. Very spoiled to me especially when Whitey hungry. Whitey wearing red necklace that enhances the beauty.


2. My Friend

His name is Irfan, he is my classmate, he has short body, he is 163 cm, he has straight black hair, oval face, small eyes, sharp nose, thick lips, and white skin. Irfan has thin body, he so smart and helpful.


3. Baturaden

Baturaden is most beatifull place in Purwokerto. The location is 12 km from alun-alun purwokerto. Characteristic in Baturaden that has fresh air and fresh water. It has a lot tourist area, example curug bayan, curug gede, etc.


4. That Girl is Rena

Rena is beautiful and attractive girl in her age. She is still seventeen years old. She is tall enough. She has long black straight hair. Her eyes are so pretty with those eyebrows. Her pointed nose and cute lips are so perfectly in her face. When she smiles, there is dimple in both her cheeks.  She also has taper chin and soft cheek. Her skin face is glow and flawless. She has ladder neck and sexy brow. With her slim body and her tapering nails, it is added the beauty of her. Besides that, she also has good attitude and polite with everyone. Rena is lovely girl.


Demikian Pembahasan Tentang Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Deskripsi dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Tinggalkan komentar

/* */