Pengertian Yurisprudensi Menurut Para Ahli

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Pengertian Yurisprudensi Menurut Para Ahli? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian yurisprudensi menurut para ahli.

Pengertian-Yurisprudensi-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Yurisprudensi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian yurisprudensi menurut para ahli, terdiri atas:


1. Menurut Muladi

Yurisprudensi merupakan sebuah pedoman aturan eksklusif yang terbentuk dari sekian banyak putusan-putusan pengadilan, terutama Mahkamah Agung atau pun a science of law the forma principles upon which are law are based.
Yurisprudensi ini sanggup ditafsirkan atau didefinisikan sebagai suatu himpunan putusan hakim yang dirasakan sebagai sumber aturan yang sanggup dipakai sebagai sebuah referensi oleh hakim dalam memutus permasalahan yang serupa. A body of a court decision as a judicial precedent can considered by the judge in it’s verdict.
Yurisprudensi merupakan salah satu sumber dari aturan yang disamping undang-undang, traktat, dokrin dan aturan kebiasaan.


2. Menurut Philipus M. Hadjin

Yurisprudensi merupakan sebuah produk kewenangan legislasi dewan perwakilan rakyat dengan huruf yuridis yang bersifat mengherankan umum, sementara dalam suatu Putusan Mahkamah Agung yang berada dalam ranah yudicial decision yang memiliki suatu sifat yang konkrit-individual, maka dalam undang-undang tidak sanggup diserupakan dengan sebuah putusan Mahkamah Agung.


3. Menurut Denny Indrayana

Yurisprudensi ini tidaklah sama dengan undang-undang, baik dari sisi ketentuan sebuah aturan positif maupun dari sisi doktrin


4. Menurut Topo Santoso

Yurisprudensi merupakan tidak sama dengan ketentuan undang-undang, alasannya merupakan yurisprudensi ini memiliki kandungan norma eksklusif yang memiliki suatu sifat individual dalam masalah tertentu, sementara dalam undang-undang sifatnya paling umum. Yurisprudensi ini tidak sama dan tidak setara dengan undang.


5. Menurut Soehino

Suatu keputusan Mahkamah Agung pun sanggup dinamakan dengan Yurisprudensi, dikala sebuah putusan Mahkamah Agung itu terkena sebuah bahan tersebut telah dirunut, dapat dipakai sebagai acun dalam keputusan Mahkamah Agung yang terpapar bahan yang sama yang sangat sedikit 5 (lima) keputuan Mahkamah Agung.


6. Menurut Yan Paramadya Puspa

Yurisprudensi yakni suatu Daftar atau seri keputusan Makhkamah Agung ragam macam vonis sejumlah dari ragam jenis masalah permasalahan yang pun menurut dari pemutusan kepandaian di masing-masing hakim sendiri yang lantas dianut oleh semua hakim lainnya guna dapat menyimpulkan kasus-kasus permasalahan yang nyaris atau sama.

Melalui adanya yurisprudensi sebagi demikian, semua hakim secara tidak individu dalam menyusun bahan sebuah aturan atau yurisprudensi demikian merupakan sumber hukum.


7. Menurut Prof. Subekti

Yurisprudensi sebagai suatu keputusan hakim atau pengadilan yang mempunyai ketetapan hukum dan dibetulkan oleh MA sebagai pengadilan tingkat kasasi, atau dapat juga suatu keputusan MA yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.


8. Menurut Sudikno Mertokusumo

Yurisprudensi yakni suatu pelaksanaan hukum dalam urusan konkrit terjadi tuntutan hak yang dijalankan oleh sebuah badan yang berdiri sendiri dan juga diselenggarakan oleh negara serta bebas dari sekian banyak pengaruh apa dan siapa juga denga teknik memberikan putusan yang mempunyai sifat untuk mengikat dan berwibawa.


9. Menurut Kansil

Yurisprudensi merupakan sebuah keputusan hakim mula-mula yang sering dibuntuti dan dijadikan dasar keputusan oleh hakim lantas mengenai sebuah masalah yang sama.


10. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Yurisprudensi yaitu suatu doktrin hukum melewati pengadilan; himpunan putusan hakim.


11. Menurut A. Ridwan Halim

Yurisprudensi yaitu sebuah putusan hakim atas sebuah perkara yang belum pasti ada pengaturannya dalam undang-undang yang guna selanjutnya menjadi suatu pedoman untuk hakim-hakim lainnya yang mengadili kasus-kasus serupa.


12. Menurut Mahkamah Agung

Yurisprudensi adalah sebuah putusan majelis Hakim Agung di Mahkamah Agung Indonesia yang telah memiliki kekuatan hukum dan tetap mengandung kaidah hukum yang diberlakukan dalam mengecek dan pun memutus perkara dalam ruang lingkup Peradilan Pidana, Perdaya, Tata Usaha Negara, Agama dan Niaga yang dikualifikasi.


13. Menurut Sudargo Gautama

Yurisprudensi ialah suatu doktrin hukum yang dapat disusun dan dijaga pengadilan, dalam hal pemungutan suatu keputusan oleh Mahkamah Agung atas sebuah yang belum jelas pengaturannya, dan yang sudah mempunyi kekuatan hukum tetap, dan dapat dibuntuti oleh hakim bawahan, yang dihimpun secara sistematis.


14. Menurut Wikipedia

Yurisprudensi merupakan suatu gagasan dan kaidah dari hukum.


15. Menurut Undang-Undang

Yurisprudensi adalah salah satu sumber hukum yang terdapat disamping undang-undang, perjanjian, dokrin dan hukum adat.


Demikian Pembahasan Tentang 15 Pengertian Yurisprudensi Menurut Para Ahli dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */