Materi Promosi

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Promosi ? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, fungsi, jenis, cara dan bauran.

Promosi

Pengertian Promosi

Promosi berasal dari kata bahasa Inggris promote yang berarti “meningkatkan” atau “mengembangkan”.

Promosi adalah salah satu variabel dari marketing mix yang dipakai oleh sebuah perusahaan guna dapat menyelenggarakan komunikasi dengan pasarnya.

Promosi pun sering disebutkan sebagai “proses berlanjut” sebab dapat menumbulkan rangkaian pekerjaan selanjutnya dari perusahaan.

Promosi merupakan suatu usaha yang dilaksanakan oleh perusahaan untukk menciptakan kesadaran, memberitahuan, merayu dan memprovokasi konsumen untuk mengerjakan pembelian produk yang di tawarkan perusahaan.

Untuk menyelenggarakan promosi, masing-masing lembaga mesti bisa menilai dengan tepat perangkat promosi manakah yang dipergunakan supaya dapat menjangkau keberhasilan dalam penjualan.


Fungsi Promosi

Berikut ini terdapat beberapa fungsi promosi, terdiri atas:


1. Informing (Memberikan Informasi)

Promosi ialah cara perusahaan untuk mengenalkan produk pada semua konsumen.

Dengan adanya promosi ini, semua konsumen bakal mengenal sekian banyak jenis fitur dan pun manfaat yang ada dalam sebuah produk tersebut.


2. Persuading (Membujuk)

Sebuah promosi ini seringkali akan merayu para calon konsumen supaya mau mengupayakan produk barang atau jasa yang ditawarkan.


3. Reminding (Mengingatkan)

Dengan adanya suatu promosi, semua konsumen bakal tetap ingat dengan merk sebuah perusahaan.

Ketika mereka memerlukan suatu barang, tanpa sadar mereka ini akan menilik merk sebuah barang yang bakal diiklankan sebelumnya.

Pada kesudahannya promosi akan paling menguntungkan suatu perusahaan.


4. Adding Value (Menambah Nilai)

Perusahaan akan berjuang mempromosikan barang yang mereka jual supaya terlihat lebih bagus, lebih bergengsi dan lebih unggul dari barang sejenis yang dipasarkan perusahaan lain.

Sebagai contoh, perusahaan akan berjuang menonjolkan nilai tambah yang terdapat pada sebuah produk, mengerjakan inovasi, menyempurnakan kualitas ataupun mengolah pandangan jelek konsumen terhadap produk mereka.


5. Assisting (Mendampingi Upaya-Upaya Lain Dari Perusahaan)

Dengan adanya suatu promosi, unsur penjualan tak butuh lagi bersusah payah lagi guna menghabiskan tidak sedikit waktu guna dapat menjelaskan kelebihan dari sebuah produk yang mereka jual.

Bisa disebutkan bahwa promosi telah tidak sedikit membantu sekian banyak bagian penjualan. Iklan pun dapat menciptakan apa yang disebutkan oleh pihak penjaja terdengar lebih kredibel.


Tujuan Promosi

  • Untuk menyebarkanluaskan informasi sebuah produk untuk calon konsumen yang potensial.
  • Untuk mendapatkan semua konsumen baru dan guna dapat mengawal loyalitas konsumen tersebut.
  • Untuk mendongkrak penjualan serta laba/keuntungan.
  • Untuk memisahkan dan mengunggulkan produknya dikomparasikan dengan produk kompetitor.
  • Untuk suatu branding atau menyusun citra produk di mata semua konsumen cocok dengan yang diinginkan.
  • Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang sebuah produk.

Jenis-Jenis Promosi

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis promosi, terdiri atas:


1. Iklan (Advertensi)

  • Advertensi Cetak
    Contohnya majalah, surat kabar, dan beda sebagainya.
  • Advertensi Elektronika
    Contohnya website, radio, tv, dan masih tidak sedikit lagi.
  • Transit Advertensi
    Contohnya buletin, poster, stiker dan lain-lain.
  • Kiriman Langsung
    Jenis iklan ini dicetak dan dikirim untuk target secara langsung melewati kiriman pos.
  • Advertensi Khusus
    Jenis iklan ini dilaksanakan dengan teknik memberikan hadiah berupa barang yang diiklankan.

2. Personal Selling

Personal Selling ialah penyajian barang secara lisan dan bertatap muka untuk satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan supaya barang yang ditawarkan dapat terjual.

Hal ini lebih ditujukan pada produk yang sifat pembeliannya sekali-kali atau mempunyai nilai per unit yang paling tinggi atau yang didesain dengan keperluan tertentu.

Dengan mengerjakan peragaan diharapkan dapat memberikan kepercayaan untuk calon pembeli.


3. Sales Promotion

  • Sampel (Contoh)
    Contoh produk ini sangat urgen dalam suatu promosi, sebab para pembeli jadi tahu laksana apa format dan guna dari sebuah produk yang ditawarkan.
  • Kupon (Voucher)
    Kupon adalah salah satu jenis potongan atau diskon yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian sebuah produk dengan harga yang lebih murah.
  • Premi
    Premi dengan kata lain suatu barang yang dipasarkan dengan harga yang paling murah.
  • Paket Harga
    Paket harga adalah sekelompok barang yang dipasarkan dengan harga eksklusif (lebih murah daripada harga normalnya).
  • Tawaran Uang Kembali
    Artinya andai ada produk yang sudah dibeli namun harganya tidak cocok atau merasakan kerusakan, maka uang itu akan dibalikkan pada konsumen.
  • Promosi Dagang
    Promosi dagang adalah salah satu jenis penawaran berupa diskon yang berlaku melulu dalam jangka masa-masa tertentu.
  • Undian
    Undian adalah jenis promosi yang dilaksanakan dengan teknik mengajak konsumen untuk mengoleksi label produk sebanyak-banyaknya, supaya kemudian dapat diundi dan mendapat hadiah.
  • Kontes
    Jenis promosi ini seringkali dapat dilaksanakan dengan teknik mengundang tidak sedikit konsumen guna dapat mengerjakan perlombaan.

4. Publicity

Publicity merupakan sebuah upaya pendekatan pada masyarakat supaya jauh lebih dikenal oleh semua masyarakat laksana pada, jumpa pers, publisitas produk, tuntunan kepada masyarakat dan beda sebagainya.


Cara Promosi

  • Promosi melewati reklame atau iklan di media masa laksana surat kabar, majalah, televisi atau pun radio, dll.
  • Promosi melewati brosur, baliho atau spanduk.
  • Promosi melewati pameran atau sponsor kegiatan.
  • Promosi dari mulut ke mulut.
  • Promosi melewati internet dengan memanfaatkan suatu website atau memakai jasa iklan.
  • Promosi melewati perangkat seluler (SMS).

Contoh Promosi

  • Promosi di Restaurant : Beli Makanan A Gratis Minuman Dingin.
  • Promosi Penjualan Retail : Membeli 2 Pasang Kaus Kaki, Gratis 1 Pasang Kaus Kaki.
  • Promosi Provider Telekomunikasi : Nelpon sekitar 10 menit bisa Gratis telpon sekitar 1 jam ke provider yang sama.
  • Promosi Penjualan Property : Beli Rumah Dapat Kulkas dan AC
  • Promosi di Sebuah Department Store : bisa potongan harga 30% untuk sebuah produk tertentu.

Manfaat Promosi

  • Agar tahu produk yang menjadi kemauan dan keperluan konsumen.
  • Agar tahu tingkat keperluan konsumen terhadap produk.
  • Agar tahu teknik mengenalkan dan mengucapkan produk sehinga hingga ke konsumen.
  • Agar tahu harga yang cocok dengan suasana pasar.
  • Agar tahu strategi promos yang tepat terhadap calon konsumen.
  • Agar tahu konsisi kompetisi pasar dan bagaimana menanggulangi hal tersebut.
  • Untuk menciptakan image produk.

Bauran Promosi (Promotional Mix)

Bauran promosi (Promotional Mix) merupakan salah satu kombinasi strategi yang sangat baik dari sekian banyak variabel-variabel periklanan, personal selling, dan perangkat promosi yang lain, yang kesemuanya direncanakan untuk menjangkau tujuan program penjualan.

Bauran promosi adalah salah satu alat-alat yang dipakai dalam promosi ini yang terdiri dari :


1. Periklanan (Advertising)

Periklanan (Advertising) adalah salah satu dari sebuah pekerjaan variasi promosi yang dipakai untuk bisa mengkombinasikan sekian banyak barang atau jasanya dengan semua pembeli dan masyarakat yang ditargetkan.

Periklanan (Advertising) ini pun adalah salah satu perangkat dari variasi promosi yang populer.

Tujuan dari Periklanan (Advertising) yakni dengan memasarkan atau menambah penjualan dengan mengucapkan sebuah informasi mengenai barang atau jasa.


2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan ialah kumpulan alat-alat intensif yang beragam, mayoritas berjangka pendek, dirancang guna mendorong pembelian sebuah produk atau jasa cepat dan atau lebih banyak oleh konsumen atau pedagang.

Kegiatan penjualan yang mempunyai sifat jangka pendek dan tidak dilaksanakan dengan berulang-ulang serta tidak teratur yang ditujukan guna mendorong lebih cepat respon pasar.

Tujuan promosi penjualan yaitu guna dapat menambah penjualan atau untuk dapat meningkatkan jumlah nasabah.

Promosi penjualan dapat dilaksanakan melalui pemberian diskon, kontes, kupon atau sampel produk.


3. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Pemasaran langsung adalah salah satu sistem pemasaran interaktif yang akan memakai satu atau pun lebih media iklan guna dapat menghasilkan sebuah tanggapan dan atau transaksi yang bisa diukur pada sebuah lokasi.

Tujuan pemasaran langsung ini ialah untuk dapat mengkomunikasikan produk atau jasa secara langsung untuk para konsumen yang dirasakan mempunyai potensial yang tinggi.

Kegiatan pemasaran langsung ini pun akan dilakukan dengan keterukuran supaya jelas usaha mana yang akan sukses dan mana usaha yang gagal.


Demikian Pembahasan Tentang Contoh Promosi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Cara, Manfaat dan Bauran dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */