Materi Renang Gaya Kupu-kupu

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Renang Gaya Kupu-kupu ? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, sejarah dan manfaat.

Teknik-Renang-Gaya-Kupu-kupu

Pengertian Renang Gaya Kupu-kupu

Gaya renang kupu-kupu adalah salah satu gaya berenang di mana posisi dada menghadap ke permukaan air. Kemudian kedua lengan ditekan ke bawah dan bergerak ke luar pada saat yang sama sebelum berayun ke depan. Sementara kedua kaki naik dan naik bersamaan dengan gerakan ekor ikan atau sirip lumba-lumba. Untuk menarik udara, udara dihembuskan keluar dari mulut dan hidung dengan kuat sebelum kepala keluar dari air, dan udara dihirup melalui mulut ketika kepala kehabisan air.

Berenang Gaya kupu-kupu juga dikenal sebagai gaya lumba-lumba karena gerakannya mirip dengan lumba-lumba.


Teknik Dasar Renang Gaya Kupu-kupu

Berikut ini terdapat beberapa teknik dasar renang gaya kupu-kupu, antara lain:


1. Postur tubuh

Ketika berenang kita harus ingat bahwa tubuh harus selurus mungkin dengan permukaan air. Dengan jenis renang ini, gerakan vertikal naik dan turun berlangsung sesuai dengan ritme kaki dan lumba-lumba. Dalam renang gaya bebas, tidak ada gerakan ke atas dan ke bawah yang terdeteksi selama berenang gaya dada dan renang gaya punggung, seperti halnya dengan berenang kupu-kupu. Dengan gerakan naik turun berenang dalam gaya kupu-kupu, resistansi depan meningkat, sehingga tidak mungkin untuk membentuk posisi yang rata seperti gaya berenang lainnya. Namun, ia harus menjaga tarikan depan yang dihasilkan dari kupu-kupu ini berenang sekecil mungkin dengan berusaha menjaga posisi tubuh atau badan selurus mungkin.

  • Harap dicatat bahwa ada dua hal yang dapat menghasilkan postur yang dioptimalkan.
    Ketika tiba saatnya untuk bernapas, cobalah naik sedikit ketika mulut Anda keluar dari permukaan air dan memiliki cukup udara untuk bernapas. Ketika cukup udara masuk, kepala bersandar dengan cepat untuk menjaga tubuh tetap ramping.
  • Jika Anda melakukan tendangan dari kedua kaki, yang merupakan serangan lumba-lumba, cobalah untuk tidak terlalu dalam, karena pukulan yang dalam hanya akan menghasilkan tambahan seretan depan. Jika Anda menendang kedua kaki, tekuk kaki Anda pada persendian lutut dan kemudian regangkan kembali. Cobalah untuk tidak terlalu dalam ketika menekuk kedua kaki. Jika terlalu dalam, menendang kaki tidak terlalu efisien dan resistansi depan menjadi hebat, menciptakan tubuh atau tubuh yang tidak ramping.

2. Gerakan kaki

Saat berenang, gerakan gaya kupu-kupu sebenarnya sama dengan gerakan kaki saat berenang gaya bebas. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa gerakan kaki renang gaya bebas digeser bergantian, sementara gerakan kaki kupu-kupu bergerak pada saat yang sama.

Berikut ini adalah urutan gerakan kaki dalam berenang kupu-kupu.

  1. Posisi atau kondisi kaki hingga telapak kaki.
  2. Gerakan kaki ke atas dilakukan dengan kaki ditekuk di sendi lutut. Kaki melengkung tidak besar, jadi hanya sebagian jari kaki yang berada di luar permukaan air.
  3. Mengayuh pedal itu sulit, terutama pada punggung kaki. Untuk melakukan ini, kedua kaki diregangkan sebelum ditekuk.
  4. Tendangan kaki ini masih berjalan, tampak seperti postur kaki lurus dari postur yang bengkok.
  5. Setelah kick down selesai atau selesai. Kemudian kaki digerakkan ke atas dari posisi kaki lurus dan kemudian ditekuk di sendi lutut.

3. Gerakan lengan

Gerakan lengan dalam renang kupu-kupu harus dilakukan secara bersamaan atau bersamaan antara lengan kanan dan kiri.
Gerakan lengan selama berenang kupu-kupu dapat dibagi menjadi dua area, yaitu relaksasi dan gerakan mendayung.


  • Gerakan pemulihan

Gerakan pemulihan lengan adalah gerakan yang dimulai pada akhir gerakan mendayung dan berakhir saat mendayung. Setelah tangan keluar dari permukaan air, tangan dilemparkan ke depan dalam posisi rendah dalam bentuk parabola datar. Buat gerakan itu rileks. Kedua tangan dicelupkan ke dalam air pada titik kecil di luar bahu. Selama gerakan pemulihan ini, lengan dilakukan secara simultan dan simetris antara lengan kanan dan kiri.


  • Gerakan mendayung

Gerakan mendayung selama gaya punggung terdiri dari menarik dan mendorong. Segera setelah tangan Anda masuk ke dalam air, mulailah dengan tangan lurus dan kemudian ubah arah dengan memutar ke dalam. Tekuk lengan bawah pada sudut siku sekitar 135 derajat. Gerakan ke dalam ini masih menjadi bagian dari gerakan kereta. Lengan mengubah arah untuk gerakan selanjutnya, yaitu berputar ke arah luar. Gerakan lengan yang berputar adalah gerakan impuls lengan. Kemudian ketika kita melihat akhir dari gerakan telapak tangan, tekan pada kupu-kupu berenang sambil mengayuh sebagai berikut.

Segera setelah telapak tangan mencapai permukaan air, gerakkan ke dalam, lalu ke dalam dan kemudian ke luar lagi sampai gerakan mendayung selesai. Gerakan di telapak tangan membentuk bentuk lubang kunci. Selama pergerakan telapak tangan, telapak tangan berhenti bergerak, selama gerakan telapak tangan ke arah luar, sedangkan rotasi pada telapak tangan menghadap ke luar menunjuk ke dalam dan ketika gerakan berputar ke luar, telapak tangan berputar dari apa yang semula berada di dalam ke luar. Kecepatan gerakan dimulai dari arah lambat ke arah keras, sehingga denyut nadi harus dieksekusi sekuat mungkin. Jika kita melihat gerakan tangan yang sebenarnya dalam gaya kupu-kupu, itu seperti gerakan lengan dalam gaya bebas, baik gerakan pemulihan atau gerakan mendayung. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa gerakan lengan freestyle berganti-ganti antara lengan kanan dan kiri, tetapi gerakan baju renang gaya kupu-kupu secara simultan dan simetris antara lengan kanan dan kiri.
Urutan gerakan lengan saat berenang dengan gaya kupu-kupu adalah sebagai berikut.

  1. Lengan di ujung dayung untuk mempersiapkan pemulihan Lengan selama pemulihan dengan melemparkan lengan ke sisi permukaan air.
  2. Lengan di ujung pemulihan, di mana kedua tangan di depan kepala di garis bahu masuk ke permukaan air.
  3. Kedua tangan secara patuh memasuki permukaan air.
  4. Kedua lengan mulai menarik ke luar.
  5. Kedua lengan mulai bergerak ke dalam, yang masih dipertimbangkan saat menarik lengan pada sambungan siku.
  6. Kedua lengan mulai dengan tekanan ke dalam.
  7. Kedua lengan di ujung dayung, dengan posisi kedua ibu jari menyentuh paha.

4. Bernafas

Proses bernapas saat berenang dalam gaya kupu-kupu mirip dengan proses bernapas saat berenang dalam gaya payudara, yaitu dengan mengangkat kepala ke depan. Pengangkatan kepala ini dilakukan pada akhir gerakan menarik dan dimulai saat lengan ditekan. Saat bernafas, coba angkat sedikit kepala Anda selama cukup untuk menghirup udara. Inhalasi ini dilakukan dengan inhalasi cepat melalui mulut segera setelah kepala segera diturunkan lagi setelah bernafas cukup, sehingga tahanan depan tidak bertambah. Udara diekstraksi dalam air dan dengan cepat dikeluarkan dari hidung.


5. Koordinasi gerakan

Saat berenang dengan gaya kupu-kupu, harus ada kejang di antara cedera lengan dan kaki. Terutama dalam postur, yang naik dan turun secara vertikal dengan lengan dan bergoyang seperti lumba-lumba yang berenang. Dengan 1 putaran lengan ada 2 putaran kaki, keras dan juga lemah. Pada awal gerakan, kaki pertama ditendang (keras) dan pada saat tekanan lengan kaki kedua ditendang (lemah).


Sejarah Renang Gaya Kupu-Kupu

Berdasarkan keterangan dari sejarah, gaya kupu-kupu dibuat pada tahun 1933 saat Henry Myers, seorang perenang asal Amerika mempraktikkan gaya kupu-kupu ini di kompetisi renang Brooklyn Central YMCA.

Kemunculan gaya ini berawal saat pelatih renang dari Universitas Iowa, Armbruster tengah menganalisis hambatan air yang memprovokasi kecepatan renang pada gaya dada.

Solusi yang ia temukan ialah dengan melayangkan gerakan lengan ke depan saat berenang memakai gaya dada. Saat itu, ia menyinggung gaya itu dengan nama ‘Kupu-Kupu”.

Hal inilah mula mula terciptanya gerakan gaya kupu-kupu ini.

Disisi lain, Richard Rhodes mengklaim bahwa gerakan pada kaki dari gaya kupu-kupu ini ditemukan oleh Volney Wilson. Volney Wilson mengejar gerakan ini sesudah ia mempelajari gerakan pada ikan.

Gerakan kaki ini ia coba kerjakan pada Olimpiade tahun 1938 saat seleksi mula perenang yang mewakili Amerika Serikat. Hasilnya, ia didiskualifikasi.

Lalu, kedua gaya itu akhirnya digabungkan sehingga menghasilkan gaya renang yang mempunyai gerakan yang cepat.

Akhirnya muncullah gaya kupu-kupu yang anda pelajari sekarang.


Manfaat Renang Gaya Kupu-kupu

Berikut empat guna yang ada pada renang gaya kupu kupu ialah sebagai inilah :


  • Melatih Otot Lengan

Manfaat yang ada dengan mengerjakan renang gaya kupu kupu ialah dapat mengajar otot-otot lengan sebab gerakan koordinasi bagaian lengan dan kaki sampai-sampai terdorong dan membantu mengajar otot lengan.


  • Melatih Otot Kaki

Manfaat yang ada dengan mengerjakan renang gaya kupu kupu ialah dapat pun membentuk otot-otot pada unsur kaki sebab gerakan memakai koordinasi kaki yang paling kuat sampai-sampai dan mendorong membantu mengajar otot kaki.


  • Membentuk Postur Tubuh

Manfaat yang ada dalam mengerjakan renang gaya kupu kupu ialah dapat mengajar otot dada serta otot pada unsur bahu sebab pendorong bakal pembentukan postur tubuh yang ideal.


  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang ada lagi mengerjakan renang gaya kupu kupu ialah dapat membantu menghanguskan lemak dan menurunkan berat badan sampai membantu pembentukan otot pada unsur perut


Demikian Pembahasan Tentang Teknik Renang Gaya Kupu-kupu: Pengertian, Sejarah dan Manfaat dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Baca Artikel Lainnya:

/* */