Materi Router

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Router? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, cfungsi, cara, beserta jenis-jenisnya.

Router

Pengertian Router

Istilah router pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris, yaitu kata “route” berarti “route” atau “guiding the journey”, yang dilengkapi dengan lampiran “he” yang berarti aktor.

Router adalah perangkat perangkat keras yang digunakan untuk mendistribusikan atau berbagi sinyal. Perangkat router yang tugasnya adalah mendapatkan, memperkuat, dan berbagi sinyal.

Setiap router memiliki fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) yang dapat diatur sehingga alamat IP dapat dibagikan.

Selain itu, router ini memiliki NAT (Network Address Translator), yang dengannya alamat IP atau koneksi Internet dapat dirilis untuk alamat IP lain.


Fungsi Router

Berikut ini terdapat beberapa fungsi routerl, antara lain:

  • Router menghubungkan beberapa jaringan sehingga pengguna dapat mengirim paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Proses koneksi dilakukan dengan mendistribusikan alamat IP ke setiap komputer di jaringan, baik secara statis atau melalui DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol).
  • Fungsi router berikutnya adalah untuk dapat mentransfer berbagai informasi atau data dari satu jaringan ke jaringan lain di mana sistem bekerja seperti jembatan.
  • Fungsi lain dari router adalah untuk menghubungkan jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital Subscriber Line) atau lebih dikenal sebagai router DSL.
  • Teknologi router saat ini lebih canggih dan digunakan tidak hanya melalui koneksi kabel LAN, tetapi juga melalui teknologi nirkabel. Dengan cara ini, router dapat dihubungkan ke semua komputer, laptop dan perangkat lain yang masih dalam jangkauan router.

Cara Kerja Router

Cara kerja router disebut routing, di mana data atau informasi dapat dikirim ke host sesuai dengan rute, terlepas dari apakah itu berasal dari jaringan atau jaringan lain.

Jika data atau informasi ditujukan ke host jaringan lain, router akan berjalan di jaringan itu.

Namun, jika data atau informasi dimaksudkan untuk host di jaringan, router mencegah data atau informasi meninggalkan jaringan.

Cara-Kerja-Router
Penjelasan:

  • Ada 2 jaringan yang terhubung ke 1 router.
  • Jaringan kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0 dan jaringan kanan terhubung ke port 2 router = 192.155.2.0
  • Jika komputer mengirim data dari B ke komputer C, router tidak dapat mengirim data ke jaringan lain. Sebaliknya, ketika komputer E mengirim data ke komputer F dan membagikan pola pada jaringan.
  • Seperti komputer E, yang mengirim data ke komputer B, router segera mengirim data ke komputer B melalui jaringan lain, jaringan 2 ke jaringan 1.

Jenis – Jenis Router

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis routerl, antara lain:


1. Jenis router berdasarkan aplikasi


  • Router aplikasi

Ini adalah aplikasi yang dapat diinstal oleh pengguna pada sistem operasi komputer sehingga sistem operasi komputer dapat berfungsi seperti router.
Beberapa aplikasi termasuk;

  1. Wingate
  2. WinProxy
  3. Menangkan rute
  4. Spygate

  • Router perangkat keras

Yaitu perangkat keras yang memiliki kemampuan router. Dengan fungsi-fungsi ini, perangkat keras ini juga dapat digunakan untuk berbagi alamat IP (alamat IP). Pembagian jaringan internet menjadi suatu wilayah, mis. B. router sebagai titik akses, dan area yang menerima alamat IP dan koneksi Internet disebut sebagai area hot spot.


  • Router PC

Ini adalah komputer dengan spesifikasi tinggi yang telah dimodifikasi untuk bertindak sebagai router.

Beberapa spesifikasi minimum yang harus ada pada komputer adalah:

  • Prosesor Pentium II dengan 10 GB hard drive dan 64 RAM.
  • Ada kartu LAN.
  • Sistem operasi khusus untuk router PC, Mikrotik.

2. Jenis router berdasarkan mekanisme


  • Router statis

Ini adalah router yang dapat melakukan proses routing (pemblokiran) jaringan, di mana prosesnya dilakukan secara manual oleh administrator.


  • Router dinamis

Jika router dapat melakukan proses routing (pemblokiran), router dapat dieksekusi secara otomatis dan dinamis setelah melalui pengaturan administrator jaringan.


  • Router WLAN

Ini adalah router yang dapat bekerja tanpa kabel karena hanya bisa mengandalkan media aerial untuk mengirim paket data.


Demikian Pembahasan Tentang Router: Pengertian, Fungsi, Cara, Beserta Jenis-Jenisnya dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */