Materi Strategi Komunikasi

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Strategi Komunikasi? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, ruang lingkup, teknik dan faktor.

Strategi-Komunikasi

Pengertian Strategi Komunikasi

Strategi komunikasi adalah salah satu rencana untuk mengirimkan pesan melalui kombinasi berbagai elemen komunikasi seperti frekuensi, formalitas, konten dan saluran komunikasi, sehingga pesan yang dikirimkan dapat dengan mudah diterima dan dipahami, dan dapat mengubah sikap atau perilaku sesuai dengan tujuan komunikasi.


Pengertian Strategi Komunikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian strategi komunikasi menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut Effendy

Strategi komunikasi adalah kombinasi dari perencanaan komunikasi dan manajemen komunikasi untuk mencapai suatu tujuan.


2. Menurut Middleton

Strategi komunikasi yang merupakan salah satu kombinasi terbaik dari semua aspek, mulai dari komunikator hingga berita dan penerimaan media hingga pengaruh yang muncul untuk mencapai tujuan komunikasi.


3. Menurut Kulvisaechana

Strategi komunikasi adalah penggunaan kombinasi aspek komunikasi, yang meliputi frekuensi komunikasi, formalitas komunikasi, konten komunikasi dan saluran komunikasi.


4. Menurut Rogers

Strategi komunikasi adalah semua desain yang bertujuan untuk mengubah perilaku manusia dengan mentransfer ide-ide baru dalam skala yang lebih besar.


5. Menurut Anwar Arifin

Strategi komunikasi adalah keputusan kondisional umum tentang tindakan yang harus diambil untuk mencapai tujuan.


Tujuan Strategi Komunikasi

Berikut ini terdapat beberapa tujuan strategi komunikasi, antara lain:

  • Untuk memastikan pemahaman, harus dimungkinkan untuk memastikan bahwa pesan diterima oleh komunikator.
  • Untuk menetapkan penerimaan, i. H. Dapat mempromosikan penerimaan pesan.
  • Tindakan memotivasi adalah salah satu kegiatan yang termotivasi.

Ruang Lingkup Strategi Komunikasi

Berikut ini terdapat beberapa ruang lingkup strategi komunikasi, antara lain:

  • Tujuan yang jelas dan tentukan semua upaya yang bertujuan untuk mencapai pemahaman yang jelas, menentukan dan mencapai tujuan keseluruhan. Tujuan-tujuan ini tidak harus ditetapkan secara tertulis, tetapi yang penting dapat dipahami dan ditentukan.
  • Mempertahankan inisiatif, yaitu inisiatif untuk mempertahankan kebebasan bertindak dan untuk memperkaya keterlibatan. Strategi harus menentukan langkah-langkah dan tindakan acara dan tidak boleh bereaksi terhadap suatu peristiwa.
  • Konsentrasi dengan memusatkan kekuatan besar pada waktu dan tempat yang menentukan.
  • Fleksibilitas adalah strategi yang harus memiliki dimensi untuk fleksibilitas dan kemampuan manuver.
  • Kepemimpinan yang berkomitmen dan terkoordinasi. Strategi harus menyediakan kepemimpinan yang memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk mencapai tujuan utama.
  • Kejujuran, itu adalah strategi, harus mau menggunakan kerahasiaan dan intelijen untuk menyerang lawan di saat-saat yang tidak terduga.
  • Keamanan adalah strategi yang harus mengamankan seluruh organisasi dan semua operasi penting organisasi.

Teknik Strategi Komunikasi

Berikut ini terdapat beberapa teknik strategi komunikasi, antara lain:


1. Redundansi (pengulangan)

Redundansi atau teknik pengulangan adalah salah satu cara untuk mempengaruhi audiens dengan mengulangi pesan kepada audiens. Dengan teknik ini semua banyak keuntungan yang bisa ditarik darinya.

Manfaatnya termasuk bahwa publik lebih memperhatikan pesan karena bertentangan dengan pesan, yang tidak diulang, sehingga menerima lebih banyak perhatian.


2. Menyalurkan

Teknologi penyaluran adalah segalanya untuk memahami dan mempelajari pengaruh kelompok terhadap individu atau audiens.

Agar komunikasi ini berhasil, pertama-tama komunikasi harus memenuhi nilai dan standar kelompok dan masyarakat dan secara bertahap berubah ke arah yang diinginkan.

Namun, jika ini ternyata mustahil, grup perlahan dibubarkan sehingga anggota grup tidak lagi memiliki hubungan dekat.

Akibatnya, pengaruh kelompok akan berkurang dan akhirnya hilang sama sekali. Dalam keadaan seperti itu, pesan-pesan tersebut mudah diterima oleh komunikator.


3. Informasi

Teknologi informasi, yang merupakan bentuk konten berita yang bertujuan untuk mempengaruhi audiens dengan memberikan informasi.

Informasi berarti menyampaikan sesuatu apa adanya, apa adanya, di samping fakta dan data yang benar serta pendapat yang benar.

Teknik informatif ini lebih ditujukan untuk menggunakan semangat publik dan dilakukan dalam bentuk pernyataan dalam bentuk informasi, informasi, berita, dll.


4. Meyakinkan

Teknik meyakinkan yang bisa dipengaruhi oleh persuasi. Dalam hal ini, para penonton menggerakkan pikiran mereka dan terutama perasaan mereka.

Ingatlah bahwa situasi yang rawan terhadap saran ditentukan oleh kemampuan untuk menyarankan atau menyarankan sesuatu kepada komunikan (sugestivitas) dan bahwa mereka dilindungi oleh negara sendiri, mudah diterima (sugestibilitas).


5. Pendidikan

Teknik pendidikan adalah upaya untuk mempengaruhi audiensi pernyataan umum yang dapat diimplementasikan dalam bentuk pesan yang berisi pendapat, fakta dan pengalaman.

Pendidikan berarti memberi gambaran tentang apa sebenarnya masyarakat itu, fakta, pendapat, dan pengalaman yang dapat dipertimbangkan dalam hal kebenaran, niat, organisasi dan perencanaan, dengan tujuan mengubah perilaku manusia ke arah yang diinginkan.


6.  Koersif

Teknik koersif dapat mempengaruhi penonton dengan kekerasan.

Teknik paksa ini biasanya memanifestasikan dirinya dalam bentuk aturan, perintah, dan intimidasi. Untuk implementasi yang lebih lancar, biasanya ada kekuatan yang cukup kuat di belakangnya.


Syarat – Syarat Strategi Komunikasi

Berikut ini terdapat beberapa syarat-syarat strategi komunikasi, antara lain:

  • Pesan harus direncanakan dan disampaikan sedemikian rupa sehingga pesan dapat menarik perhatian tujuan yang dituju.
  • Isi pesan harus menggunakan tanda berdasarkan pada dua indera yang bertemu.
  • Pesan harus dapat membangkitkan kebutuhan pribadi target dan memberikan saran kepada audiens tentang bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Isi pesan harus menyediakan cara untuk mengidentifikasi kebutuhan yang tepat untuk audiens.

Faktor Pendukung Strategi Komunikasi

Berikut ini terdapat beberapa faktor pendukung strategi komunikasi, antara lain:

  • Kenali tujuan komunikasi
  • Faktor situasi dan kondisi
  • Pilihan media komunikasi
  • Pelajari tujuan pesan komunikasi
  • Peran komunikator dalam komunikasi
  • Keluhan dari sumber
  • Kredibilitas sumber

Demikian Pembahasan Tentang Strategi Komunikasi: Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Ruang Lingkup, Teknik, Syarat dan Faktor dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */