Materi Tajuk Rencana

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Tajuk Rencana? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: ciri, jenis, struktur, cara dan contoh.

Tajuk-Rencana

Pengertian Tajuk Rencana

Tajuk rencana adalah tulisan pada penerbitan sebuah media massa yang menggambarkan pandangan media massa tersebut, tentang sebuah peristiwa penting. Atau tajuk rencana adalah suatu opini dan pun sikap resmi sebuah media sebagai institusi penerbitan terhadap sebuah peristiwa atau permasalahan yang sedang menjadi pembicaraan di masyarakat luas.

Pernyataan kenyataan dan opini ini seringkali diutarakan secara singkat, logis, unik ditinjau dari sisi penulisan dengan destinasi untuk memprovokasi pendapat atau menerjemahkan berita yang menonjol supaya pembaca menjadi memperhatikan seberapa urgen berita tersebut.


Ciri-Ciri Tajuk Rencana

Berikut ini terdapat sejumlah ciri-ciri tajuk rencana, terdiri atas:

  1. Berisi opini redaksi mengenai peristiwa yang sedang hangat dibicarakan.
  2. Berisi pembahasan tentang sebuah masalah yang dimuat.
  3. Biasanya berskala nasional, berita internasional bisa menjadi tajuk rencana, bilamana berita itu memberi akibat kepada nasional.
  4. Tertuang benak subyektif redaksi.

Fungsi Tajuk Rencana

Berikut ini terdapat sejumlah fungsi tajuk rencana, terdiri atas:


  • Menjelaskan berita (explaining the news)

Tajuk rencana menjelaskna berita-berita penting untuk para pembaca. Tajuk rencana bermanfaat sebagai guru, menjelaskan bagaimana sebuah kejadian tertentu berlangsung, serta hal apa yang dianggarkan untuk menghasilkan evolusi dalam kebijkana pemerintah.


  • Menjelaskan latar belakang (filling in background)

Tajuk rencana bisa menggabarkan kejadian itu dengan latar belakang sejarah, yakni menghubungkannya dengan sesuatu yang sudah terjadi sebelumnya. Tajuk rencana dapat mengindikasikan hubungan antara sekian banyak peristiwa yang terpisah: politik, ekonomi, sosial. Kadang-kadang tajuk rencana memuat sebuah pandangan dan menunjukkan keserupaan dengan sejarah, yaitu keserupaan yang bertujuan guna mendidik masyarakat.


  • Meramalkan masa mendatang (forecasting the future)

Suatu tajuk rencana menyajikan analisis yang melalui batas sekian banyak peristiwa kini dengan destinasi meramalkan sesuatu yang bakal terjadi pada masa mendatang.


  • Menyampaikan pertimbangan moral (passing moral jugment)

Berdasarkan keterangan dari tradisi lama, semua penulis tajuk rencana bertugas menjaga kata hati masyarakat. Mereka diinginkan memertahankan isu-isu moral dan menjaga posisi mereka. Jadi, semua penulis tajuk rencana bakal berurusan dengan “pertimbangan nilai”. Mereka berbicara pada semua pembaca mengenai sesuatu yang benar dan salah. Mereka berusaha untuk sesuatu yang benar dan menyerang kebatilan (Rivers, 1994: 23-24).


Materi Pada Tajuk Rencana

Adapun sejumlah materi yang tidak jarang di muat pada tajuk rencana diantaranya sebagai berikut:

  • Materi mengandung informasi
    Memuat pelajaran yang mengemukakan peristiwa yang sedang berkembang dan tidak sedikit di perbincangkan masyarakat secara aktual.
  • Materi yang menjelaskan
    Memberikan keterangan secara mendetail dan jelas terhadap sebuah masalah yang sedang hangat di perbincangkan di masyarakat dan interpensi tertentu.
  • Materi yang argumentatif
    Materi yang mempunyai sifat argumentatif maksudnya dalam penulisannya mengerjakan analisa yang berlandasan alasan-alasan yang didukung data dan juga kenyataan akurat,, serta mengemukakan jawaban-jawaban pertanyaan karena dan akibat.
  • Materi yang membujuk
    Biasanya pelajaran yang mempunyai sifat membujuk guna mengajak sekian banyak kalangan guna merespon peristiwa yang sedang terjadi.
  • Materi yang memuji
    Berisikan pelajaran yang sifatnya menyerahkan suatu penghargaan terhadap sebuah pihak yang dinilai telah sukses melakukan sesuatu atau sebab telah berjasa untuk masyarakat luas.
  • Materi yang menghibur
    Berisikan pelajaran yang sifatnya menyerahkan hiburan untuk para pembaca. Biasanya berisikian humor yang dipakai untuk menyuruh masyarakat menyimak suatu gejala yang sedang berkembang atau diperbincangkan.

Jenis-Jenis Tajuk Rencana

Berikut ini terdapat sejumlah jenis-jenis tajuk rencana, terdiri atas:


1. Tajuk rencana yang mempunyai sifat memberikan informasi semata

Tajuk semacam ini jarang anda jumpai. Kalaupun ada, pada umumnya sebab si pengarang tajuk masih belum mengetahui kepandaian apa yang telah dipungut oleh surat kabarnya.


2. Tajuk rencana yang mempunyai sifat menjelaskan

Jenis tajuk ini hamper serupa dengan interpretasi yang menyerahkan penjelasan untuk suatu peristiwa atau berita.


3. Tajuk rencana yang mempunyai sifat memberikan argumentasi

Tajuk rencana ini mempunyai sifat analitis dan menyerahkan argumentasi kenapa sampai terjadi sesuatu urusan dan apa akibatnya.


4. Tajuk rencana yang mempunyai sifat menjuruskan munculnya aksi

Tajuk rencana semacam ini adalah tajuk yang mendorong munculnya aksi dari masyarakat. Si pengarang tajuk hendak menjuruskan munculnya tindakan secara cepat. Tetapi pembaca surat kabar kini sudah terbiasa dengan keadaan, dan tidak cukup lagi terdorong untuk memungut aksi.


5. Tajuk rencana yang mempunyai sifat jihad

Tajuk rencana semacam ini lazimnya dating berturut-turut, dan dengan sikap yang jelas terhadap sebuah masalah. Tujuannya pun jelas untuk menyelenggarakan perubahan. Contohnya tajuk rencana yang terus menerus mengenai antijui dan lantas menghapuskan judi.


6. Tajuk rencana yang mempunyai sifat membujuk

Jenis tajuk rencana yang mempunyai sifat membujuk ditujukan secara halus untuk masyarakat pembaca untuk memungut tindakan atau menyusun pendapat umum.


7. Tajuk rencana yang mempunyai sifat memuji

Jika terdapat tajuk yang mendorong aksi maka telah wajar andai ada tajuk yang ditujukan guna memuji atau menyerahkan pujian atas sebuah prestasi yang terjadi pada masyarakat.


8. Tajuk rencana yang mempunyai sifat menghibur

Tajuk jenis ini tidak jarang ada dalam sebuah surat kabar yang isinya semata-mata hiburan dan tidak jarang dikaitkan dengan human interest history. Misalnya terdapat tajuk duka sebab meninggalnya gajah tertua di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta (Assegaff, 1983: 65-66).


Struktur Teks Tajuk Rencana

Struktur teks adalah bagian-bagian yang terpisah yang membina suatu tajuk rencana sampai-sampai menjadi teks yang utuh,,berikut ini strukturnya secara umum:


1. Pertanyaan Pendapat

Yang adalah pertanyaan pendapat berisikan topik mengenai gejala atau permsalahan yang bakal dibahas. Bisa juga disebutkan sebagai sudut pandang penulis tentang fenomen atau permsalahan yang sedang berkembang di masyarakat. Pada unsur ini mengacu untuk pertanyaan atau dapat juga mengacu pada suatu teori yang lantas akan diperkuat oleh argumentasi “alasan”.


2. Argumentasi (Alasan)

Merupakan dalil yang bakal memperkuat pendapat/opini yang bakal disampaikan, argumentasi ini bisa berupa fakta-fakta, pertanyaan umum, menurut keterangan dari ahli, pendapat hasil riset dan lain-lain. Pada unsur ini penulis berjuang untuk menyakinkan masyarakat bahwa apa yang ditulisnya tersebut memanglah benar.


3. Reiteration (Pernyataan Ulang Pendapat)

Merupakan unsur akhir pada teks,, berisi pengakuan atau penegasan kembali tentang pendapat yang sudah ditulis agar pembaca semakin yakni mengenai isi teks tersebut,, seringkali ada pun yang disertai dengan saran-saran untuk para pembaca.


Cara Membuat Tajuk Rencana

Syarat judul tajuk rencana sebetulnya sama dengan judul tulisan opini, yakni harus provokatif, singkat dan padat, relevan, fungsional, informal, representative, dan merujuk pada bahasa baku. Berikut ulasannya:


  • Provokatif

Judul mesti dapat membangkitkan minat dan perhatian khalayak terhadap uraian tajuk rencana kita. Tajuk rencana mesti memiliki pesona tinggi mengingat untuk media pers kegunaannya sangat strategis.


  • Singkat dan Padat

Langsung masuk pada pokok kupasan dan dicocokkan dengan kolom yang tersedia.


  • Relevan

Berkaitan dan cocok dengan pokok bahasan. Tidak membias dari topik. Judul yang baik mesti dipungut dari topik. Topik yang baik mesti menggambarkan keseluruhan uraian.


  • Fungsional

Fungsional memiliki makna setiap kata yang ada pada judul tajuk rencana mempunyai sifat mandiri, berdiri sendiri, tidak bergantung pada kata yang lain, serta memiliki makna yang tegas dan jelas.


  • Informal

Hindari pola penulisan judul yang sifatnya kaku, dingin, dan terkesan formal. Usahakan judul yang anda sajikan menarik, atraktif, hidup, segar.


  • Representatif

Judul yang telah kita tetapkan mewakili pokok bahasan. Merujuk pada logika dan kaidah riset ilmiah, judul tajuk rencana yang baik mesti berisi dua variabel: variabel bebas (independent variable) dan variabel terbelenggu (dependent variable).


  • Merujuk pada Bahasa Baku

Judul mesti cocok dengan kaidah bahasa dan dicocokkan dengan porsi dan mempertimbangkan kalangan pembaca.


Contoh Tajuk Rencana

Banyaknya Anak Indonesia Putus Sekolah dalam Waktu Singkat

Cantik, hangat dan sarat semangat tersebut kesan kesatu ketika bertemu dengan Veronica Colondam. Pendiri Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) ini sudah semenjak 1999 bekerja aktif mengerjakan pencegahan pemakaian narkoba pada anak-anak dan remaja. Yayasan ini juga berkembang masing-masing tahunnya dan memiliki sekarang mempunyai tiga program utama yang bukan sekadar pencegahan narkoba.

Yaitu, Healthy Lifestyle Promotion for in-school youth (HELP), House of Learning and Development (HOLD) serta Hands-on Operation for Entrepreneurship (HOPE). Dengan sekian tidak sedikit program, pecinta makanan Jepang ini, masih merasa bila kerja kerasnya dan kesebelasan dari YCAB masih kalah cepat dengan kenyataan di lapangan. Data dari Kementrian Pendidikan Nasional pada 2007 terdapat lebih dari 1,1 juta anak Indonesia putus sekolah.

Ini mengindikasikan makin tidak sedikit anak-anak putus sekolah, maka makin tidak sedikit yang bakal berada di jalanan serta berisiko tinggi menjadi pemakai narkoba. Ibu tiga anak ini juga menceritakan gagasan dan rencana-rencanannya bareng YCAB untuk VIVAnews.

Rencana yang menurutnya masih berupa ‘remahan’ guna terus disempurnakan, demi mengawal anak bangsa. Kita pun mempunyai program employment placement. Paket B dan C, SMP, SMA. Lalu, di tahun terakhir mereka mesti ambil opsi skill namun yang penjurusannya guna langsung bekerja, seperti pengaturan rambut yang kesebelasan pengajarnya dari Rudy Hadisuwarno dan guna hospitality dari Binus (Bina Nusantara), jadi kualitas pendidikannya terjaga.


Demikian Pembahasan Tentang Fungsi Tajuk Rencana: Pengertian, Ciri, Materi, Jenis, Struktur, Cara dan Contoh dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */