Materi Tesis

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Tesis? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian menurut para ahli, ciri dan jenis.

Tesis

Pengertian Tesis

Tesis ini adalah bentuk penulisan akademik yang digunakan sebagai tugas akhir siswa dalam bentuk dokumen tertulis yang dibuat menggunakan metode akademik yang ditujukan untuk gelar universitas tertentu.


Pengertian Tesis Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian tesis menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen dalam esai yang digunakan untuk mendapatkan gelar sarjana.


2. Menurut Wikipedia

Tesis ini adalah salah satu pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karya ilmiah. lulus dari perguruan tinggi.


Ciri – Ciri Tesis

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri tesis, antara lain:

  • Secara umum, presentasi makalah akademik terstruktur sangat sempit dan sering terdiri dari awal atau pendahuluan, inti atau bagian utama dari diskusi dan bagian penutup (yang berisi kesimpulan).
  • Jenis-jenis komponen karya ilmiah bervariasi, tetapi semua karya ilmiah memiliki pengantar, bagian inti, gelar, dan daftar pustaka.
  • Pendirian penulis dalam sebuah karya ilmiah objektif, yang berarti bahwa karya tersebut disampaikan dalam gaya bahasa yang impersonal menggunakan banyak bentuk pasif tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.
  • Secara umum, bahasa yang digunakan adalah bahasa default.
  • Biasanya ada tulisan objektif, yang artinya disampaikan dalam gaya bahasa yang tidak personal.

Tujuan Tesis

Berikut ini terdapat beberapa tujuan tesis, antara lain:

  • Jelaskan atau gambarkan fenomena ilmiah secara komprehensif.
  • Mampu merumuskan hipotesis berdasarkan teori dan membuat jawaban dari hipotesis itu.

Jenis – Jenis Tesis

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis tesis, antara lain:


1. Tesis kuantitatif

Tesis kuantitatif adalah tesis yang dibuat atau diciptakan untuk menetapkan atau membangun berbagai jenis pernyataan hipotetis dan kondisi kerangka kerja. Tesis kuantitatif sering disebut sebagai alasan deduktif hipotetis.


2. Pekerjaan kualitatif

Tesis kualitatif adalah jenis tesis yang dibuat agar tidak membuat berbagai jenis pernyataan atau kondisi kerangka hipotetis.

Jenis pekerjaan ini dimaksudkan sebagai studi non-kuantitatif. Sering disebut sebagai alasan induktif, non-hipotensi.


Karakteristik Tesis

Berikut ini terdapat beberapa karakteristik tesis, antara lain:

  • Sebagai aturan, pekerjaan hanya berfokus pada satu pertanyaan utama, yang terdiri dari disiplin pendidikan. Karya ini biasanya dibuat sesuai dengan jenis program studi yang diselesaikan siswa.
  • Pekerjaan ini umumnya didasarkan pada tes empiris dari posisi teoritis tertentu.
  • Karya ini selalu menggunakan beberapa data primer sebagai data primer dan ditambahkan dengan beberapa data sekunder sebagai data pendukung atau data pembanding.
  • Tesis ini juga harus ditulis dengan kata-kata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika kursus adalah kursus bahasa asing, karya tersebut juga harus ditulis dengan tata bahasa asing yang baik dan benar.

Demikian Pembahasan Tentang Karakteristik Tesis: Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan dan Jenis dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */