TINJAUAN PUSTAKA: Pengertian, Cara Membuat, Contoh

Tinjauan pustaka adalah bagian penting dalam sebuah penelitian yang melibatkan analisis terhadap sumber pustaka yang relevan. Dalam tinjauan pustaka, penulis menyusun, menganalisis, dan mensintesis informasi dari berbagai sumber pustaka untuk membangun landasan teoritis yang kuat dan memperkaya penelitian dengan hasil-hasil sebelumnya.

Pendahuluan

Tinjauan pustaka adalah proses yang terlibat dalam penelitian untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengintegrasikan pengetahuan yang telah ada dalam topik yang sedang diteliti. Dengan melakukan tinjauan pustaka, peneliti dapat memahami konteks penelitian sebelumnya, mengidentifikasi kesenjangan dalam pengetahuan, dan membangun dasar teoritis yang kuat untuk penelitian yang dilakukan.

Langkah-langkah Membuat Tinjauan Pustaka

Untuk membuat tinjauan pustaka yang baik, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti:

1. Menentukan Tujuan Tinjauan Pustaka

Langkah pertama dalam membuat tinjauan pustaka adalah menentukan tujuan dari tinjauan tersebut. Apakah tujuannya untuk memahami perkembangan terbaru dalam bidang penelitian atau untuk mengidentifikasi kesenjangan penelitian yang belum terpenuhi? Dengan menetapkan tujuan yang jelas, penulis dapat fokus pada aspek yang relevan dalam tinjauan pustaka.

2. Mengumpulkan Sumber Pustaka yang Relevan

Setelah menetapkan tujuan, langkah berikutnya adalah mengumpulkan sumber pustaka yang relevan dengan topik penelitian. Sumber-sumber pustaka dapat berupa jurnal ilmiah, buku, artikel, atau publikasi lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Penting untuk memilih sumber-sumber yang terpercaya dan relevan agar tinjauan pustaka memiliki dasar yang kuat.

3. Membaca dan Menganalisis Sumber Pustaka

Setelah mengumpulkan sumber-sumber pustaka, penulis perlu membaca dan menganalisis setiap sumber dengan seksama. Dalam proses ini, penulis harus mencatat informasi penting, seperti konsep-konsep utama, temuan-temuan penting, dan pendekatan yang digunakan oleh peneliti sebelumnya. Menganalisis sumber-sumber pustaka secara kritis akan membantu penulis memahami perbedaan pendekatan dan sudut pandang yang ada dalam topik penelitian.

Lagi Viral:  Contoh Surat Resign

4. Menyusun Tinjauan Pustaka

Setelah melakukan analisis terhadap sumber-sumber pustaka, penulis dapat menyusun tinjauan pustaka. Tinjauan pustaka dapat disusun berdasarkan tema atau topik yang muncul dari analisis sumber-sumber pustaka. Penting untuk mengorganisir tinjauan pustaka dengan baik, menggunakan subjudul dan paragraf yang jelas untuk membantu pembaca memahami informasi yang disajikan.

Contoh Tinjauan Pustaka

Berikut adalah beberapa contoh tinjauan pustaka yang dapat memberikan gambaran tentang aplikasinya dalam berbagai bidang penelitian:

1. Tinjauan Pustaka dalam Penelitian Kesehatan

Dalam penelitian kesehatan, tinjauan pustaka dapat digunakan untuk memahami perkembangan terbaru dalam pengobatan suatu penyakit atau untuk mengidentifikasi metode pengobatan yang paling efektif. Misalnya, dalam tinjauan pustaka tentang pengobatan kanker payudara, peneliti dapat mengumpulkan informasi tentang berbagai pendekatan pengobatan yang telah dilakukan sebelumnya dan menganalisis efektivitas masing-masing pendekatan.

2. Tinjauan Pustaka dalam Penelitian Pendidikan

Dalam penelitian pendidikan, tinjauan pustaka dapat digunakan untuk memahami teori-teori pembelajaran yang relevan atau untuk mengidentifikasi masalah-masalah dalam sistem pendidikan yang belum terpecahkan. Sebagai contoh, dalam tinjauan pustaka tentang metode pengajaran matematika di tingkat sekolah dasar, peneliti dapat menganalisis berbagai metode pengajaran yang telah dilakukan sebelumnya dan mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika.

3. Tinjauan Pustaka dalam Penelitian Teknologi

Dalam penelitian teknologi, tinjauan pustaka dapat digunakan untuk memahami perkembangan terbaru dalam teknologi tertentu atau untuk mengidentifikasi kekurangan-kekurangan dalam teknologi yang ada. Misalnya, dalam tinjauan pustaka tentang keamanan data dalam jaringan komputer, peneliti dapat mengumpulkan informasi tentang berbagai teknik keamanan yang telah digunakan dan menganalisis kelemahan dan kelebihannya.

Keuntungan Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka memiliki beberapa keuntungan yang penting dalam penelitian, antara lain:

  1. Menyediakan Landasan Teoritis yang Kuat
Lagi Viral:  Keunggulan Dari Penggunaan Panel Surya Untuk Menghasilkan Energi Listrik Adalah Sebagai Berikut Kecuali

Dengan melakukan tinjauan pustaka, peneliti dapat membangun landasan teoritis yang kuat untuk penelitian yang dilakukan. Tinjauan pustaka membantu peneliti memahami teori-teori yang relevan dan mengidentifikasi kerangka konseptual yang dapat digunakan dalam penelitian.

  1. Mengidentifikasi Kesenjangan Penelitian

Tinjauan pustaka juga membantu mengidentifikasi kesenjangan dalam penelitian yang belum terpenuhi. Dengan memahami penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, peneliti dapat mengidentifikasi area-area yang belum diteliti secara memadai atau pertanyaan-pertanyaan penelitian yang belum terjawab.

  1. Memperkaya Penelitian dengan Hasil Sebelumnya

Dalam tinjauan pustaka, peneliti dapat memperkaya penelitian dengan hasil-hasil sebelumnya. Melalui analisis sumber-sumber pustaka, peneliti dapat menggali temuan-temuan penting yang relevan dengan penelitian yang sedang dilakukan dan menggunakan informasi tersebut untuk mendukung argumen-argumen dalam penelitian.

Kesimpulan

Tinjauan pustaka adalah proses penting dalam penelitian yang melibatkan analisis terhadap sumber-sumber pustaka yang relevan. Dengan melakukan tinjauan pustaka, peneliti dapat membangun landasan teoritis yang kuat, mengidentifikasi kesenjangan dalam penelitian, dan memperkaya penelitian dengan hasil-hasil sebelumnya. Tinjauan pustaka memberikan wawasan yang berharga dalam penelitian dan membantu peneliti memahami konteks penelitian sebelumnya.

FAQs

  1. Apa perbedaan antara tinjauan pustaka dan daftar pustaka?
    • Tinjauan pustaka adalah analisis terhadap sumber-sumber pustaka yang relevan, sedangkan daftar pustaka adalah daftar yang berisi sumber-sumber pustaka yang dikutip dalam penelitian.
  2. Berapa banyak sumber pustaka yang harus saya gunakan dalam tinjauan pustaka?
    • Jumlah sumber pustaka yang digunakan dalam tinjauan pustaka dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas topik penelitian. Usahakan untuk menggunakan sumber-sumber yang berkualitas dan relevan.
  3. Apakah tinjauan pustaka harus mencakup sumber pustaka terbaru?
    • Idealnya, tinjauan pustaka harus mencakup sumber-sumber pustaka terbaru untuk memastikan penelitian yang dilakukan menggambarkan perkembangan terkini dalam bidang tersebut.
  4. Bagaimana cara menyusun tinjauan pustaka yang koheren?
    • Untuk menyusun tinjauan pustaka yang koheren, pastikan untuk mengorganisir informasi berdasarkan tema atau topik yang relevan, menggunakan subjudul yang jelas, dan menjaga aliran logis dalam penyajian informasi.
  5. Apakah tinjauan pustaka hanya diperlukan dalam penelitian ilmiah?
    • Tinjauan pustaka tidak hanya diperlukan dalam penelitian ilmiah, tetapi juga dapat digunakan dalam penulisan artikel, tugas akademik, atau dalam pengembangan konsep-konsep baru dalam bidang apapun.
/* */