Materi Akuntansi Manajemen

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Akuntansi Manajemen? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, tujuan, fungsi dan contoh.

Akuntansi-Manajemen

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah sistem pemrosesan informasi keuangan yang dimaksudkan sebagai proses pemrosesan informasi untuk memenuhi persyaratan manajemen ketika melakukan fungsi perencanaan, koordinasi dan kontrol organisasi.

Akuntansi manajemen adalah studi pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan. Akuntansi manajemen juga merupakan jenis informasi yang dimaksudkan untuk menggambarkan informasi yang dihasilkan oleh pemrosesan informasi keuangan. Informasi adalah fakta, data pengamatan atau sesuatu yang berkontribusi pada pengetahuan.

Informasi dibutuhkan oleh orang untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan selalu mencakup masa depan, yang mencakup ketidakpastian, dan selalu melibatkan pemilihan ukuran alternatif dari banyak alternatif yang tersedia.


Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli, antara lain:


1. Menurut Mulyadi

Menurut Mulyadi, akuntansi manajemen adalah informasi keuangan yang dihasilkan oleh jenis akuntansi manajemen dan digunakan oleh pengguna internal perusahaan.


2. Menurut Charles T. Homgren

Charles T. Homgren berkomentar bahwa akuntansi manajemen adalah proses mengidentifikasi, mengukur, mengumpulkan, menganalisis, menyiapkan, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi yang membantu setiap manajer mencapai tujuan organisasi.


3. Menurut Hariadi (2002: 3)

Menurut Hariadi, akuntansi manajemen adalah identifikasi, pengukuran, pencatatan, analisis, pencatatan, interpretasi, dan pelaporan peristiwa ekonomi dalam unit bisnis yang dirancang untuk memungkinkan manajemen menjalankan fungsi kontrol perencanaan dan pengambilan keputusan.


4. Menurut Halim dan Supomo

Menurut Halim dan Supomo, akuntansi manajemen adalah kegiatan yang menciptakan informasi keuangan untuk manajemen sebagai dasar untuk pengambilan keputusan ketika melakukan peran manajemen.


Tujuan Akuntansi Manajemen

Berikut ini terdapat beberapa tujuan akuntansi manajemen, antara lain:

  1. Hasilkan informasi keuangan untuk kepentingan manajemen (internal perusahaan) untuk mencapai tujuan perusahaan (Rita Eni Purwanti & Indah Nugraheni). Informasi ini diperlukan oleh manajemen untuk mempertimbangkan pengambilan keputusan manajemen dan untuk melihat / mengevaluasi hasil yang dicapai oleh suatu perusahaan.
  2. Proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi keuangan untuk memungkinkan penilaian dan keputusan yang jelas dan tidak ambigu bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut ketika titik pusat bagi para pihak berada dalam organisasi perusahaan. Misalnya: menghitung biaya produk, menghitung biaya suatu kegiatan, menghitung biaya suatu departemen.
  3. Salah satu bidang akuntansi, yang tujuan utamanya adalah untuk menyajikan laporan sebagai unit bisnis untuk kepentingan pihak internal dalam konteks melaksanakan proses manajemen, yang meliputi perencanaan, organisasi, manajemen dan kontrol.

Fungsi Akuntansi Manajemen Menurut Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Berikut ini terdapat beberapa fungsi akuntansi manajemen menurut ruang lingkup akuntansi manajemen, antara lain:


1. Manajer keuangan

Membutuhkan informasi tentang kegiatan keuangan perusahaan, seperti: B. Pembiayaan modal kerja, biaya dana sama dengan modal kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan, pengembalian investasi, pengembalian investasi, rasio keuangan dan lain-lain.


2. Manajer produksi

Membutuhkan data informasi tentang perincian biaya barang yang dijual atau biaya produksi, seperti B. Total biaya produksi, biaya per unit produk, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead lainnya yang berperan dalam proses produksi.


3. Manajer Pemasaran

Membutuhkan informasi tentang semua komponen biaya terkait ketika menentukan harga penjualan produk, menentukan sistem penjualan kredit atau tunai, biaya komisi penjualan, biaya pemasaran, dan informasi tentang nilai diskon pada produk tertentu untuk meningkatkan volume penjualan.


4. Manajemen puncak

Anda memerlukan informasi ini dalam konteks kebijakan strategis perusahaan, seperti penganggaran, ekspansi bisnis, diversifikasi produk, dan kebijakan investasi lainnya.


Contoh Akuntansi Manajemen

Manajemen tidak hanya membutuhkan informasi tentang jenis investasi yang akan dibuat, juga informasi tentang tingkat pengembalian dan waktu pemutaran. Jika manajemen sudah mengetahui pengembalian investasi yang direncanakan sebesar 20% dan waktu pemutaran 3 tahun, yang pasti bahwa investasi akan dilakukan atau tidak. Terkadang seorang manajer juga membutuhkan informasi tentang manfaat reksa dana sebagai pilihan investasi alternatif.


Demikian Pembahasan Tentang Akuntansi Manajemen: Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi dan Contoh dari Pendidikanmu
Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */