Materi Yoga

Hallo, Selamat Datang di Pendidikanmu.com, sebuah web tentang seputar pendidikan secara lengkap dan akurat. Saat ini admin pendidikanmu mau berbincang-bincang berhubungan dengan materi Yoga? Admin pendidikanmu akan berbincang-bincang secara detail materi ini, antara lain: pengertian, sejarah, tujuan, manfaat, besertaa jenisnya.

Yoga

Pengertian Yoga

Secara etimologis, yoga berasal dari suku kata “yuj”, yang berarti “bersatu” atau “bersatu” dalam bahasa Sansekerta. Apa yang tersusun?

Pertama-tama, harus dipahami bahwa yoga adalah sistem lama yang benar-benar kompleks dan membahas banyak aspek manusia, dari tingkat fisik hingga spiritual. Yoga ini juga bersifat panteistik (kepercayaan bahwa seluruh alam semesta dan isinya adalah mahakuasa).

Yoga adalah penyatuan semua jiwa spiritual dengan jiwa universal atau keterbatasan pikiran yang terus bergerak, atau sistem yang secara sistematis melakukan latihan spiritual untuk mencapai kedamaian batin dan pelatihan fisik untuk mencapai kesehatan fisik dan spiritual, yang disebutnya Jiwan Mukti.


Sejarah Yoga

Ajaran yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali dan sangat populer di kalangan umat Hindu. Kelas yoga adalah salah satu ilmu praktis pengajaran Veda.

Yoga ini berakar pada kata Yuj, yang berarti terkait, yaitu pertemuan pikiran individu (Atman atau Purusa) dengan pikiran universal (Paramatman atau Mahapurusa). Maharsi Patanjali mendefinisikan yoga sebagai Cittavrttinirodha, yang merupakan akhir dari pergerakan pikiran.

Sastra Yogasutra oleh Maharsi Patanjali, yang dibagi menjadi empat bagian dan berisi total 194 sutra.

Bagian pertama disebut Samadhipada, sedangkan bagian kedua disebut Sadhanapada, bagian ketiga adalah Vibhutipada dan bagian terakhir adalah Kailvalyapada.


Tujuan Yoga

Tujuan yoga adalah untuk memperluas kesadaran manusia hingga dapat dibandingkan dengan kesadaran alam semesta.

Itu juga harus dicapai melalui realisasi prinsip-prinsip spiritual dalam tubuh kita, ada prinsip-prinsip fisik dan mental dan sebenarnya ini adalah kepribadian kita yang abadi dan sejati.


Manfaat Yoga

Berikut ini terdapat beberapa manfaat yoga, antara lain:

  • Meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin (hormonal) dalam tubuh.
  • Mempromosikan sirkulasi darah di semua sel tubuh dan otak.
  • Bentuk postur yang lebih kencang dan otot yang lebih fleksibel dan kuat.
  • Tingkatkan kapasitas paru-paru saat bernafas.
  • Hapus racun dari tubuh (detoksifikasi).
  • Meremajakan sel-sel tubuh dan memperlambat penuaan.
  • Membersihkan saraf pusat di tulang belakang.
  • Mengurangi ketegangan fisik, mental dan mental dan memperkuat mereka dalam menghadapi stres.
  • Menawarkan kesempatan untuk bersantai dalam-dalam.
  • Kesadaran akan lingkungan.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berpikir positif.

Jenis – Jenis Yoga

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis yoga, antara lain:


1. Hatha Yoga

Hatha Yoga adalah jenis yoga dengan sistem pelatihan yang menggunakan teknik yang berbeda untuk membentuk asana, disertai dengan teknik pernapasan (pranayama) untuk mencapai keseimbangan antara dua kekuatan yang berbeda dalam tubuh, seperti: B. di tubuh bagian atas dan bagian tubuh bawah. tubuh kiri dan tubuh kanan, pernapasan dan pernapasan, energi positif dan negatif dan sebagainya.


2. Bhakti Yoga

Bhakti Yoga, jenis yoga yang berfokus pada jantung. Jika yoga dapat digunakan dengan sukses, ia dapat mengenali kekuatan orang lain dan menemukan cara untuk menghadapinya. Keberhasilan yoga juga dapat membuat para yogi lebih berbelas kasih dan menerima segala sesuatu di sekitar mereka karena yoga diajarkan untuk mencintai alam dan percaya pada Tuhan.


3. Raja Yoga

Raja Yoga adalah jenis yoga yang berfokus pada teknik meditasi dan kontemplasi. Yoga ini juga akan mengarah pada pengendalian diri dan penghargaan terhadap diri sendiri dan lingkungan. Raja yoga juga merupakan dasar dari yoga sutra.


4. Jnana Yoga

Yoga Jnana adalah jenis yoga yang menggunakan metode untuk mendapatkan kebijaksanaan dan pengetahuan. Teknik yoga ini biasanya mampu menggabungkan kecerdasan dan kebijaksanaan, sehingga kemudian muncul kehidupan yang menerima semua filosofi dan agama.


5. Karma yoga

Karma Yoga adalah jenis yoga yang percaya pada reinkarnasi. Yoga ini juga akan membuatnya tanpa pamrih karena percaya bahwa perilaku saat ini akan mempengaruhi kehidupan di masa depan.


6. Tantra yoga

Tantra yoga adalah jenis yoga yang sedikit berbeda dari yoga lainnya. Beberapa bahkan berpikir yoga itu seperti sihir. Teknik yoga ini juga terdiri dari kebenaran (kebenaran) dan mistikus (mantra). Tujuan dari teknik yoga ini adalah untuk dapat menghargai pelajaran dan pengalaman hidup.


7. Yoga Ananda

Ananda Yoga adalah jenis yoga yang berfokus pada postur tubuh yang lembut untuk mentransfer energi ke otak dan mempersiapkan tubuh untuk meditasi. Ananda Yoga juga berfokus pada penyelarasan tubuh yang tepat dan pernapasan yang terkontrol.


8. Iyengar Yoga

Iyengar Yoga adalah jenis yoga yang lebih suka persiapan gerakan sempurna melalui teknik pelurusan atau pelurusan dengan presisi tinggi untuk mencapai manfaat kesehatan maksimum.


9. Yoga Kundalini

Yoga Kundalini adalah jenis yoga yang menggabungkan gerakan berulang, latihan pernapasan, nyanyian pujian, dan meditasi untuk membangun energi spiritual yang dikatakan berada di pangkal tubuh manusia (atau dasar panggul).


10. Bikram Yoga

Latihan yoga ini dilakukan di ruangan yang dipanaskan pada suhu 36-42 derajat Celcius untuk merangsang tubuh, yang melepaskan racun melalui keringat dan meregangkan tubuh lebih jauh. Masing-masing latihan ini terdiri dari dua teknik pranayama dan 24 jenis asana.


11. Yoga Ashtanga

Yoga Ashtanga adalah nama untuk sistem yoga yang diajarkan oleh Sri K. Pattabhi Jois. Jenis yoga ini membutuhkan kekuatan fisik karena ini tentang sinkronisasi pernapasan dengan seri progresif. Yoga Ashtanga juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, fleksibilitas, daya tahan, cahaya mistis yang kuat dan pikiran yang tenang.


12. Yoga Jivamukti

Yoga Jivamukti dikembangkan pada tahun 1986 oleh Sharon Gannon dan David Life. Metode Yoga Jivamukti mengungkapkan aspek spiritual dan etis dari latihan yoga. Yoga Jivamukti adalah bentuk asana yang kuat yang berfokus pada studi agama, lagu-lagu Sansekerta, vegetarianisme, tanpa kekerasan, meditasi, dan pengabdian kepada Tuhan.


13. Sivananda Yoga

Jenis yoga ini cocok untuk mereka yang ingin berlatih yoga, termasuk latihan fisik dan pengabdian kepada yoga atau yoga yang mengutamakan pengabdian. Setiap latihan juga termasuk pranayamna, asana dan latihan relaksasi.


14. Kripalu Yoga

Kripalu Yoga adalah jenis yoga yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran. Kripalu menekankan kesadaran untuk bernafas, bergerak dan terus terang dan merupakan tanda kebijaksanaan mengenai layanan agensi.


15. Yoga Meditasi

Meditasi yoga adalah jenis yoga yang dilakukan dengan relaksasi, di mana pikiran terbebas dari semua hal yang menarik dan menegangkan serta dapat mengkhawatirkan dalam kehidupan sehari-hari.


16. Yoga prenatal

Yoga prenatal adalah jenis yoga khusus untuk kehamilan dengan teknik dan intensitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan psikologis wanita hamil dan janin dalam kandungan mereka.


17. Viniyoga

Viniyoga adalah yoga yang digunakan sebagai praktik terapi untuk orang yang menderita cedera atau setelah operasi. Viniyoga juga memiliki gerakan lembut yang disesuaikan dengan tipe dan kebutuhan tubuh setiap orang saat mereka tumbuh dan berubah.


18. Yoga Acro

Acro yoga adalah jenis yoga di mana setiap gerakan mengandung elemen akrobatik.


Demikian Pembahasan Tentang Yoga: Pengertian, Sejarah, Tujuan, Manfaat, Beserta Jenisnya dari Pendidikanmu

Semoga Bermanfaat Bagi Para Pembaca :)

Berita Artikel Lainnya:

/* */